Minggu, 11 Februari 2024

PROGAM KERJA WAKA SARPRAS 2024 DAN JURNAL WAKA BULAN JANUARI

 

JURNAL KEGIATAN WAKA BIDANG SARPRAS

BULAN JANUARI 2024

TANGGAL

NAMA KEGIATAN

KOORDINASI

KETERANGAN

1/2/2024

pendistribusian sarpras DAK 2023 ke RPS TKRO

toolman

 

1/3/2024

pengajuan proposal bantuan alat praktik Otomotif dan koordinasi bantuan lahan SMK

Aset Kabupaten dan Dinas Perkim

 

1/12/2024

distribusi barang DAK 2023 RPL

rpl

rpl

1/15/2024

pemindahan barang2 gudang

toolman tukang

gudang samping

1/16/2024

penyimpanan alat musik di gudang dari ruang kepala sekolah

Kepala Sekolah

Gudang alat musik

1/18/2024

pengukuran lahan masuk atp

desa muara uya

atp

1/29/2024

Instalasi jalur 3 phase

PLN

workshop TKRO

1/30/2024

Penambahan daya dari 2200ke 5500 ROS RPL

PLN

RPS RPL

 

 

 

 

Mengetahui :

                         Muara uya, 1 Februari 2024

Kepala SMKN 1 Muara Uya

                         Waka Bidang Sarpras,

RITA HERLINA,S.P,MPd

                         Wahid Nurmawan,S.Pd

NIP. 196812272005012007

                         NIP. 198706012014021004

 






PROGRAM KERJA

 

WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG SARANA DAN PRASARANA

 

SMK NEGERI 1 MUARA UYA

 

TAHUN 2024

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Oleh:

 

Wahid Nurmawan,S.Pd

NIP. 19870601 201402 1 004

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

TAHUN 2024

DAFTAR ISI

 

COVER i

DAFTAR ISI ii

KATA PENGANTAR. iii

BAB I PENDAHULUAN.. 1

A. DASAR. 1

B. MAKSUD DAN TUJUAN.. 1

1.  Maksud. 1

2.  Tujuan. 1

C. RUANG LINGKUP DAN SASARAN.. 2

1.  Ruang lingkup. 2

2.  Sasaran. 2

BAB  II PROGRAM  KERJA. 3

A. PROGRAM UMUM.. 3

B. PROGRAM KHUSUS. 3

C. PROGRAM JANGKA PENDEK. 4

1.  Kebersihan dan Keindahan meliputi : 4

2.  Penyediaan dan penambahan sarana dan prasarana. 5

D. PROGRAM JANGKA PANJANG.. 6

E. LAIN-LAIN.. 7

1.  JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN.. 7

2.  PHOTO PELAKSANAAN KEGIATAN.. Error! Bookmark not defined.

BAB III  PENUTUP. Error! Bookmark not defined.

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

الرَّحِيْمِ الرَّحْمَنِ اللهِ بِسْــــــــــــــــــمِ

      

Assalamu’alaikum wr....wb

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT kita panjatkan, bahwasanya sampai saat ini kita senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Tidak lain karena Rahmat, taufik serta hidayah Allah SWT, Mudah-mudahan kita senantiasa dalam lindunganya, Amiin.

 

      Selanjutnya kita ucapkan syukur Alhamdulillah bahwa tahun 2024 telah berakhir dengan selamat dan sukses, tidak lain karena partitsipasi, kerjasama, bantuan dan do’a restu dari semua pihak terutama pihak yang menangani urusan sarana dan prasarana. Begitu pula sampai saat ini dengan bekal, petunjuk saran dan pengarahan bapak kepala SMK Negeri 1 Muara Uya, Saya dapat menyelesaikan program sarana dan prasarana sekalipun sangat sederhana dan masih banyak kekuranganya.

 

Sesuai dengan keterbatasan kemampuan Saya, tentu saja banyak kekurangan dan kelemahanya. Oleh karena itu teguran kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan.

Atas segala bantuan, do’a dan restu para teman sejawat, disampaikan terima kasih.

 

Wassalamualaikum  Wr... Wb...

 

 

 

 


Mengetahui                                                 Tabalong,    Januari 2024

Kepala SMKN 1 Muara uya                             Wakil Sarana Prasarana

                                                                                        

 

 

 

Rita Herlina, S.P, M.Pd                                 Wahid Nurmawan, S.Pd

NIP.19681227 200501 2 007                         NIP.19870601 201402 1 004


BAB I
PENDAHULUAN

 

 

A.  DASAR

 

1.    Surat keputusan kepala SMK Negeri 1 Muara Uya  Nomor :2 Tahun 2024 tanggal 6 Januari 2024 tentang penetapan Wakil Kepala SMKN 1 Muara Uya tahun 2024.

2.    Bahwa dalam memperlancarkan pelaksanaan tugas kepala SMKN 1 Muara Uya ,maka wakil kepala SMK N 1 Muara Uya dipandang perlu menyusun kerja tahunan sebagai pedoman kerja untuk membantu sebagian tugas-tugas kepala SMKN 1 Muara Uya.

3.    Program kerja tahunan SMK Negeri 1 Muara Uya tahun 2024.

4.    Program kerja kepala SMK Negeri 1 Muara Uya tahun 2024.

5.    Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional

 

B.  MAKSUD DAN TUJUAN

1.   Maksud

Sebagai pedoman kerja wakil kepala SMK Negeri 1 Muara Uya urusan sarana dan prasarana dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya selama tahun 2024.

 

2.   Tujuan

a.    Untuk mengetahui rencana dan program kerja yang akan di laksanakan sehingga dapat mencapai tujuan yang optimal.

b.    Agar dapat melaksakan tugas secara rinci, efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugas wakasek urusan sarana dan prasarana.

 

C.  RUANG LINGKUP DAN SASARAN

1.   Ruang lingkup

Adapun ruang lingkup rencana dan program kerja tahunan, selama tahun

pelajaran 2024/2024 Wakil kepala madrasah urusan sarana dan prasarana

adalah :

a.    Program umum.

b.    Program khusus.

c.     Program jangka pendek.

d.    Program jangka panjang.

 

2.   Sasaran

Sasaran dari program tahunan wakil kepala SMK Negeri 1 Muara Uya urusan sarana dan prasarana adalah untuk membantu sebagian tugas-tugas kepala SMK N 1 Muara Uya dalam kelancaran kegiatan proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Muara Uya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  II
PROGRAM  KERJA

 

 

 

Di dalam penyusunan program kerja Wakil kepala SMK Negeri 1 Muara Uya urusan sarana dan prasarana dapat kami kemukakan sebagai berikut:

 

A.  PROGRAM UMUM

1.    Membantu tugas kepala SMKN 1 Muara Uya  di dalam penyelenggaraan kegiatan SMK sehari-harinya terutama menyangkut urusan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.

2.    Menyediakan, mengatur, memelihara sarana dan prasarana SMKN 1 Muara Uya dengan pelaksanaan kegiatan sekolah dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Tentu saja hal ini tidak lepas dari pengawasan.

3.    Mengupayakan kepada seluruh aparat penyelenggara sekolah (guru, staf, maupun siswa) akan pentingnya kesadaran diri untuk ikut memelihara keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah sebagai unsur ketahanan.

4.    Memikirkan, mengusahakan sarana dan prasarana yang belum ada, rusak, diadakan serta mengganti memperbaiki sarana dan prasarana yang telah rusak.

5.    Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana sekolah.

6.    Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah. 

7.    Mengelola dalam pembiyaan alat-alat pengajaran.

8.    Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana sekolah

 

B.  PROGRAM KHUSUS

Program khusus ini dilaksanakan secara rutin yang meliputi :

1.    Pemeliharaan kebersihan dan keindahan sekolah serta lingkungan secara teratur dengan meningkatkan tugas kerja.

2.    Menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan sekolah seperti alat tulis menulis serta kertas dan lain-lain.

3.    Mencatat dan mangawasi penggunaan sarana dan prasarana sekolah secara teratur agar setiap saat dapat diketahui.

4.    Pembinaan kebersihan maupun bagian pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah agar sadar dan mampu meningkatkan partisipasi di dalam menunjang penyelenggaraan sekolah sesuai dengan tugas.

5.    Mengkoordinir kebersihan ruangan kelas, ruang waka/tu, ruang guru dan ruiang kepala sekolah setiap hari.

6.    Mengkoordinir kebersihan halaman sekolah, kebersihan taman, kebersihan kamar kecil serta kebutuhan air kamar kecil setiap hari.

 

C.  PROGRAM JANGKA PENDEK

1.      Kebersihan dan Keindahan meliputi :

a.    Kebersihan dan keindahan di dalam dan di luar ruang dan seluruh ruang yang ada disekolah dengan cara: Meningkatkan pesan kepada tenaga kebersihan, menulis pesan pada running text mengenai budaya kerja 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin )

·       Setiap ruangan dibersihkan pagi hari oleh siswa yang menempat ruangan tersebut sebelum jam 06.30 dan sampai jam 15.00.

·       Ruang guru, ruang kepala sekolah dan ruang TU dibersihkan oleh kebersihan sebelum jam 06.30 setiap harinya.

·       Membersihkan lorong-lorong kelas atau ruangan dan halaman sekitar oleh siswa setiap harinya.

·       Membersihkan halaman depan dan belakang ruang kelas oleh masing-masing siswa yang menempati ruangan tersebut setiap hari.

b.    Kebersihan kamar kecil

·       Diusahakan agar selalu terpelihara kebersihannya dengan penyediaan air yang cukup sehingga tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu pada ruang sekitarnya. Dengan cara ruang kamakecil ini dibersihkan 2 kali dalam satu minggu oleh keberrsihan.

c.     Kebersihan dan keindahan taman Secara rutin kebersihan dan keindahan  taman dilakukan dengan cara:

·       Menjaga kebersihannya taman dihalaman depan dan belakang sekolah

·       Taman yang berada di depan ruangan kelas dijaga kebersihannya oleh siswa yang menempati ruangan tersebut setiap hari.

 

 

 

2.    Penyediaan dan penambahan sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana yang sangat diperlukan untuk kelengkapan sekolah yang diprioritaskan antara lain:

a.   Perlengkapan

1)   Memperbaiki atap yang bocor.

2)   Memperbaiki plafon ruangan dan teras yang rusak

3)   Memperbaiki tegel/ubin ruangan dan teras yang rusak.

4)   Memperbaiki got/saluran air yang tersumbat.

5)   Memasang atau mengganti kran air yang rusak.

6)   Penataan ruangan dan halaman laboraturium.

7)   Penataan dan penggunaan alat dan bahan laboraturium

8)   Memperbaiki/mengganti kaca jendela ruang kelas, dan ruangan yang lainya yang pecah.

9)   Penambahan meja-kursi siswa

 

b.   Peralatan

1)      Pengadaan alat kebersihan dan keindahan kelas.

2)      Pengadaan papan white board untuk ruang kelas dan untuk data  pengelolaan laboraturium.

3)      Pengadaan meja dan kursi siswa /meubler siswa.

4)      Pengadaan meja dan kursi guru /meubler guru.

5)      Pengadaan meja dan kursi pegawai /meubler pegawai.

6)      Pengadaan lemari rak untuk guru.

7)      Pengadaan lemari rak untuk barang inventaris.

8)      Pengadaan buku-buku perpustakaan/buku pelajaran untuk siswa dan pegangan guru.

9)      Pengadaan spidol dan isi ulang untuk guru.

10)  Pengadaan kotak pesan kritik dan saran pada ruangan TU, UKS/Piket, Bimbingan Konselling, Perpustakaan.

 

c.   Pemeliharaan

Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah dengan pencatatan yang teratur serta pengecekan setiap akhir bulan.

1)     Perbaikan lemari mueubler perpustakaan.

2)     Pemeliharaan pintu ruang kelas

3)     Pemeliharaan AC berkala

4)     Perbaikan kursi dan meja siswa

5)     Pemeliharaan kunci pintu kamar mandi siswa

6)     Perbaikan meja dan kursi  siswa dan guru yang rusak secara rutin dan teratur.

7)     Perbaikan meja-kursi kuliah siswa

8)     Penggantian lampu-lampu yang mati

 

D.  PROGRAM JANGKA PANJANG

1.    Memperbaiki jalan masuk sekolah sarana lapangan SMK N 1 Muara Uya

2.    Memperbaiki kramik yang rusak dengan mengganti kramik yang sesuai.

3.    Memperbaiki lubang tiang bola volly

4.    Mengajukan Ruang Praktik Siswa Baru

5.    Pembuatan taman baru pada halaman belakang ruang kelas

6.    Perbaikan WC/kamar mandi siswa, guru dan staff terutama saluran air bersih

7.    Memperbaiki installasi air bersih, khususnya air Tanah  

8.    Membudayakan 10K ( Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kebersihan, Kesehatan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kelestarian, Kedisiplinan, Keteladanan )

9.    Membudayakan kerja 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin )

10. Membudayakan Sikap 5S ( Senyum, Sapa, Salam, Salim, Santun )

E.   LAIN-LAIN

Apabila ada yang termasuk dalam susunan rencana diatas dan hal tersebut ternyata memang perlu/diperlukan, serta anggaran masih memungkinkan, maka hal tersebut dapat dilakukan/dilaksanakan sesuai persetujuan kepala Sekolah.

1.   JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

 

No

Jenis Kegiatan

Pelaksanaan

 

1

 

2

 

3

 

4

 

Program Umum

 

Program Khusus

 

Program Jangka Pendek

 

Program Jangka Panjang

 

Mulai 1 Januari 2024 s.d. 31 Desember 2024

 

Mulai Maret 2024  s.d. 31 Desember 2024

 

Mulai Mei 2024 s.d. 31 Desember 2024

 

Mulai Januari 2024 

 

 


Mengetahui                                                          Tabalong,    Januari 2024

Kepala SMKN 1 Muara uya                                      Wakil Sarana Prasarana

                                                                                  

 

 

 

Rita Herlina, S.P, M.Pd                                          Wahid Nurmawan, S.Pd

NIP.19681227 200501 2 007                                  NIP.19870601 201402 1 004

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar