Minggu, 02 Oktober 2022

RPP bulan September XI TBSM

 

(RPP)

 

Nama Sekolah                    :  SMKN 1 Muara Uya

Kelas/Semester                   : XI / 1

Alokasi Waktu                   : 16 X 45 Menit

Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa

Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif

Kompetensi Keahlian        :  Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

Kompetensi Dasar             :  Merawat Berkala Sistem Utama Engine dan Mekanisme Katup 

 

Indikator Pencapaian Kompetensi* :

§  Memahami prosedur pembongkaran komponen kepala silinder dengan berbagai jenis/type sepeda motor

§  Pembongkaran komponen kepala selinder dengan benar sesuai dengan SOP

§  Mengidentikasi komponen kepala selinder

§  Mengidentifikasi jenis-jenis motor bakar

 

I.             Tujuan Pembelajaran

§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat Membongkar komponen kepala silinder

§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat Merawat komponen kepala silinder

 

II.          Tujuan Pembelajaran

Kognitif

§  Siswa dapat Memahami prosedur pembongkaran komponen kepala silinder dengan berbagai jenis/type sepeda motor

Afektif

§  Siswa dapat Mengidentikasi komponen kepala selinder

§  Siswa dapat Mengidentifikasi jenis-jenis motor bakar

Psikomotor

§  Siswa dapat Pembongkaran komponen kepala selinder dengan benar sesuai dengan SOP

 

Nilai Karakter Pelajar Pancasila       :

  Kreatif, bernalar kritis dan madiri..

 

 

III.       Materi Pokok

§  Nama, fungsi dan bagian kepala selinder.

§  Prinsip dan cara kerja motor bakar

§  Jenis-jenis motor bakar

 

IV.       Metode Pembelajaran

§  Teori

§  Tanya jawab

§  Observasi

§  Praktek

V.          Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Pra KBM

§  Guru memberi salam dan berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran

§  Apersepsi Siswa menyiapkan peralatan penunjang materi

§  Motivasi tentang Membongkar komponen kepala silinder.

 

Kegiatan Inti

KBM Inti Kognitif

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

§  Memahami nama, fungsi dan cara kerja  komponen utama engine. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Memahami prinsip dan cara kerja motor bakar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Memahami jenis-jenis motor bakar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Mempelajari prosedur pembongkaran kepala selinder dengan cara berkelompok sesuai prosedur.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

KBM Inti Psikomotor

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi :

§  Memahami cara menggunkan peralatan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Melakukan pekerjaan pembongkaran kepala selinder sesuai SOP. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Mendiskusikan tentang Melaksanakan overhaul kepala silinder. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Siswa mempraktekkan cara membongkar komponen kepala silinder. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

 

Kegiatan Akhir KBM

§  Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali konstruksi kepala silinder. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali teknik overhaul kepala silinder. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

§  Guru mengakhiri pelajaran dan memberi tugas kepada para siswa untuk membuat laporan kerja.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Disiplin, Mandiri, Menghargai prestasi, Gemar membaca & Tanggung jawab.)

 

VI.       Alat dan Sumber Belajar

§  Modul

§  Unit kendaraan

§  Peralatan perbaikan kepala selinder

 

 

 

 

 

VII.    Penilaian

Indikator Pencapaian

Penilaian

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

§  Memahami prosedur pembongkaran komponen kepala silinder dengan berbagai jenis/type sepeda motor

§  Pembongkaran komponen kepala selinder dengan benar sesuai dengan SOP

§  Mengidentikasi komponen kepala selinder

§  Mengidentifikasi jenis-jenis motor bakar

Tes Tertulis

soal-soal tertulis

§  Jelaskan Memahami prosedur pembongkaran komponen kepala silinder dengan berbagai jenis/type sepeda motor

§  Jelaskan Pembongkaran komponen kepala selinder dengan benar sesuai dengan SOP

§  Jelaskan Mengidentikasi komponen kepala selinder

§  Jelaskan Mengidentifikasi jenis-jenis motor bakar

 

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 1 Muara Uya

 

 

 

Rita Herlina, S.P, M.Pd

NIP. 19681227 200501 2 007

 

Muara Uya,   September 2022

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Wahid Nurmawan, S.pd

NIP. 19870601 201402 1 004

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar