Rabu, 22 Februari 2023

RPP X TKRO mapel TDO Rangkaian listrik sederhana

 

 

 

 

 RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

 

 

Nama Sekolah               :      SMKN 1 MUARA UYA

Bidang Keahlian            :      Teknologi dan Rekayasa

Program Keahlian         :      Teknik Otomotif

Kompetensi Keahlian   :      Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C2)

Mata Pelajaran               :      Teknologi Dasar Otomotif

Kelas / Semester           :      X / II

Tahun Pelajaran            :      2022/2023

Jam Pelajaran                :      8 JP (@ 45 Menit)

 

A.     KompetensiInti

KI-3 (Pengetahuan) : 

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI-4 (Keterampilan) :     

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KompetensiDasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.11   Memahami rangkaian kelistrikan sederhana

 

4.11   Membuat rangkaian listrik sederhana

3.11.1. Menjelaskan pengertian Rangkaian Kelistrikan

3.11.2. Mengidentifikasi     bentuk rangkaian kelistrikan

3.11.3  Mengukur beban pemakaian listrik

 

4.11.1  Merancang rangkaian listrik sederhana.

4.11.2  Menerapkan K3 dalam membuat  rangkaian listrik sederhana.

 

 

C.     Tujuan  Pembelajaran

·      Melalui langkah pembelajaran model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik peserta didik memahami rangkaian kelistrikan sederhana.  mengajukan pertanyaan, mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menganalisa data, menyusun simpulan untuk dapat mencapai kompetensi pengetahuan (memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi),

 

·      Melalui langkah pembelajaran model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik peserta didik membuat rangkaian listrik sederhana, mengajukan pertanyaan, mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menganalisa data, menyusun simpulan untuk dapat mencapai kompetensi keterampilan (mengamati, mencoba, menyaji, dan menalar), dan sikap (jujur, santun, dan tanggungjawab).

 

D.     Materi Pembelajaran

Materi Faktual

dapat diamati dengan indera atau alat

·   Sirkuit kelistrikan (electrical circuit)

·   Komponen kelistrikan

·   Sumber listrik

·   Saklar,

·   Elemen listrik pasif,

·   Beban kelistrikan

Materi Konseptual

Gabungan antar fakta-fakta yang saling berhubungan

·   Rangkaian kelistrikan sederhana

Materi Prinsip

Generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang saling terkait

·   Pengertian Rangkaian Kelistrikan

·   Bentuk rangkaian kelistrikan

Materi Prosedural

Sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip

·   Merancang rangkaian listrik sederhana.

·   Menerapkan K3 dalam membuat  rangkaian listrik sederhana.

 

E.     Pendekatan, Strategi dan Metode

·       Pendekatan     : Saintifik

·       Metode            : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan

·       Model              : Problem Based Learning

 

 

F.     Alat dan  Media Pembelajaran

·       Vidio Pembelajaran.

·       Slide Powerpoint.

·       LCD  Proyektor.

 

G.     SumberBelajar

·       Hand Out

·       Internet

 

H.     Kegiatan Pembelajaran

Tahap

pemebelajaran

Sintaks

Model Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Langkah Saintifik

PPK

Waktu

M

1

M

2

M

3

M

4

M

5

Pendahuluan

 

 

·      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran

 

 

 

 

 

Religiositas

 

 

 

 

·      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

 

 

 

 

 

Disiplin

·      Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

 

 

 

 

ü   

 

·      Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

 

 

 

 

ü   

Rasa ingin tahu

 

 

·      Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

 

 

 

 

ü   

 

·      Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan  Materi sebelumnya,

 

 

 

 

ü   

Literasi

·      Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.

 

 

 

 

ü   

 

Inti

Stimulus

·      Guru menampilkan tayangan tentang Rangkaian kelistrikan sederhana

 

ü   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang Rangkaian kelistrikan sederhana

 

 

 

 

 

 

Identifikasi masalah

·      Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang  Rangkaian kelistrikan sederhana

 

 

 

 

 

·      Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang Rangkaian kelistrikan sederhana

 

 

 

 

 

Pengumpulan data

·      Guru meminta siswa mengali informasi tentang Rangkaian kelistrikan sederhana   

 

 

 

 

 

·      Siswa menggali informasi tentang tentang Rangkaian kelistrikan sederhana   

 

 

 

 

ü   

 

Pembuktian

·      Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang Rangkaian kelistrikan sederhana   

 

 

 

 

ü   

·      Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.

 

 

 

 

ü   

Menarik kesimpulan

·      Siswa menyajikan dalam bentuk hasil diskusi kelompok tentang Rangkaian kelistrikan sederhana   

 

 

 

 

ü   

·      Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai Rangkaian kelistrikan sederhana   

 

 

 

 

ü   

 

·      Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru

 

 

 

 

ü   

 

 

 

 

 

·      Siswa menyimpulkan materi tentang Rangkaian kelistrikan sederhana   

 

 

 

 

ü   

Penutup

 

·      Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.

 

 

 

 

 

 

·      Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.

 

 

 

 

 

Tanggung jawab

 

·      Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.

 

 

 

 

 

Disiplin

·      Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.

 

 

 

 

 

Religiositas

 

 

 

 

I.       Penilaian Pembelajaran

·      Penilaian Skala Sikap

·           Teknik penilaian         :      Observasi : sikap religiius dan sikap sosial

·           Bentuk penilaian         :      lembar pengamatan

·           Instrumen penilaian    :      jurnal (terlampir)

 

·      Pengetahuan

·           Jenis/Teknik tes         :      tertulis, lisan,dan Penugasan

·           Bentuk tes                  :      uraian

·           Instrumen Penilaian   :      (terlampir)

 

·      Keterampilan

Teknik/Bentuk Penilaian : 

·           Praktik/Performence

·           Fortofolio

·           Instrumen Penilaian   :      (terlampir)

 

Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya.

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM REMIDI

 

Sekolah                             :      ……………………………………………..

Kelas/Semester                 :      ……………………………………………..

Mata Pelajaran                  :      ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke            :      ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian   :      ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian     :      ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian      :      ……………………………………………..

(KD / Indikator)                  :      ……………………………………………..

KKM                                  :      ……………………………………………..

 

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :

1.      Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.

2.      Mencari informasi secara online tentang materi

3.      Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang materi

4.      Mengamati langsung tentang materi yang ada di lingkungan sekitar.

 

                                                                                            Muara Uya, 12 Februari 2023

 

Mengetahui

Kepala SMKN 1 Muara Uya                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Rita Herlina, S.P, M.Pd                                                   Wahid Nurmawan, S.Pd

NIP. 196812272005012007                                              NIP. 198706012014021004

 

Catatan Kepala Sekolah

........................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................

 

 

 

Lampiran

Materi Pembelajaran

 

Pengertian Rangkaian Kelistrikan

 

Rangkaian kelistrikan atau juga dapat disebut dengan sirkuit kelistrikan (electrical circuit) merupakan sambungan dari beberapa komponen kelistrikan, dari sumber listrik, saklar, elemen listrik pasif, beban kelistrikan yang semua komponen tersebut dihubungkan dengan komponen penghantar kelistrikan.

 

Sumber kelistrikan dapat berasal dari baterai atau generator listrik, sedangkan kelistrikan pasif contohnya adalah transistor, kapasitor, induktor dan lain sebagainya, sedangkan beban kelistrikan contohnya lampu, klakson, audio, motor kipas, motor starter dan lain sebagainya, sedangkan komponen penghantar kelistrikan dapat berupa kabel dan rangka (frame) kendaraan yang digunakan untuk massa (penghubung negatif baterai).

 

Ketika semua komponen kelistrikan tersebut dirangkai menjadi satu sehingga arus listrik dapat mengalir dari positif baterai menuju kembali ke negatif baterai maka rangkaian tersebut disebut dengan rangkaian kelistrikan atau sirkuit kelistrikan.

 

Untuk lebih jelasnya tentang rangkaian kelistrikan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

 

Pada gambar di atas listrik dari baterai positif akan mengalir melalui kabel menuju ke fuse (sekering) menuju ke saklar (switch) menuju ke lampu dan kembali lagi menuju ke negatif baterai.

 

Bentuk rangkaian kelistrikan

Rangkaian kelistrikan dapat dibedakan menjadi tiga bentuk atau tiga macam rangkaian yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel dan rangkaian gabungan atau campuran (seri-paralel).

 

1.   Rangkaian seri

Pada rangkaian kelistrikan seri, rangkaian kelistrikan tersebut disusun secara berurutan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana rangkaian listrik secara seri dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

 

 

Pada gambar di atas ketiga lampu disusun secara seri terhadap sumber tegangan listrik yaitu baterai.

 

2.   Rangkaian paralel

Pada rangkaian kelistrikan paralel, rangkaian kelistrikan tersebut disusun secara bercabang atau sejajar. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana rangkaian listrik secara paralel dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

 

Pada gambar di atas ketiga lampu disusun secara paralel terhadap sumber tegangan listrik yaitu baterai.

 

3.   Rangkaian gabungan

Pada rangkaian kelistrikan gabungan atau campuran, di dalam rangkaian kelistrikan tersebut menggabungkan antara kedua rangkaian listrik seri dan paralel. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana rangkaian listrik gabungan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

 

Pada gambar di atas, lampu 2 dan 3 disusun secara seri. Sedangkan lampu 1 dengan lampu 2 dan 3 disusun secara seri.

 

 

Referensi :

https://www.teknik-otomotif.com/2018/09/pengertian-rangkaian-kelistrikan.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.  INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

 

Kisi Kisi Soal Uraian

Nama Sekolah                    :    SMKN 1 Muara Uya

Bidang Keahlian                :    Teknologi dan Rekayasa

Program Keahlian              :    Teknik Otomotif

Kompetensi Keahlian        :    Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C2)

Mata Pelajaran                   :    Teknologi Dasar Otomotif

Kelas / Semester                :    X / II

 

KD

Kompetensi Dasar

Bahan/

Kelas Semester

Konten/ Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

3.11

Memahami rangkaian kelistrikan sederhana

X / 2

·     Pengertian Rangkaian Kelistrikan

C1 (Pengetahuan)

·     Menjelaskan pengertian Rangkaian Kelistrikan

Uraian

1, 10

·     Bentuk rangkaian kelistrikan

C1

(Pengetahuan)

·     Mengidentifi-kasi     bentuk rangkaian kelistrikan

Uraian

2,3,4,5,6

·     Perhitungan beban listrik

C5

( Penilaian )

·     Mengukur beban pemakaian listrik

Uraian

7,8,9

 

 

Soal Uraian :

1.      Rangkaian kelistrikan pada umumnya dibedakan menjadi tiga yaitu .... Sebutkan..?

2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian seri..?

3.      Sebutkan sifat-sifat  rangkaian seri..?

4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian paralel..?

5.      Sebutkan sifat-sifat  rangkaian paralel...?

6.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian gabungan dan gambarkan rangkaianya..?

7.      Terdapat sebuah rangkaian seri dimana beban (tahanan) disusun secara seri seperti gambar dibawah. Apabila tegangan sumber 9 volt dan tahanan masing-masing beban adalah R1= 2 ohm, R2= 3 ohm, R3= 4 ohm. Tentukan tegangan, arus, dan tahanan total dari rangkaian tersebut!

 

 

8.      Apabila terdapat sebuah rangkaian secara paralel dimana sumber 9 volt dan R1= 2 ohm, R2= 3 ohm, R3= 4 ohm. Tentukan tegangan, arus, dan tahanan total dari rangkaian tersebut!

 

9.      Apabila terdapat sebuah rangkaian yang disusun secara campuran dengan sumber 9 volt dan R1= 2 ohm, R2= 3 ohm, R3= 4 ohm. Tentukan tegangan, arus, dan tahanan total dari rangkaian tersebut!  

 

10.   Sebutkan macam macam sumber kelistrikan dan beban kelistrikan yang ada pada kendaraan...?

 

Pedoman Penskoran Soal Uraian :

NO SOAL

KUNCI JAWABAN

SKOR

1.

Jawab:

Rangkaian kelistrikan pada umumnya dibedakan menjadi tiga yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran atau kombinasi.

 

 

SKOR MAKSIMUM

5

2.

Jawab:

Rangkaian seri merupakan rangkaian kelistrikan dimana komponen atau beban disusun secara berurutan. Pada rangkaian kelistrikan secara seri hanya terdapat satu jalur yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik, sehingga apabila terdapat satu komponen yang rusak dapat mempengaruhi komponen yang lainnya.

 

 

 

SKOR MAKSIMUM

5

3.

Jawab:

Sifat-Sifat Rangkaian Seri

§  Arus yang mengalir pada tiap-tiap komponen pada rangkaian adalah sama besar (Itotal=I1=I2=I3=dan seterusnya)

§  Tegangan merupakan penjumlahan antara tegangan pada tiap-tiap komponen pada rangkaian kelistrikan tersebut (Vtot= V1+V2+V3+ dan seterusnya)

§  Tahanan total merupakan penjumlahan tahanan pada tiap-tiap komponen pada rangkaian kelistrikan tersebut (Rtot=R1+R2+R3+ dan seterusnya)

 

SKOR MAKSIMUM

5

4.

Jawab:

Rangkaian paralel merupakan rangkaian kelistrikan dimana komponen atau beban disusun secara paralel atau bercabang. Pada rangkaian ini kelistrikan terdapat beberapa jalur sehingga apabila terjadi kerusakan pada satu komponen tidak akan mempengaruhi komponen lainnya.

 

SKOR MAKSIMUM

5

5.

Jawab

Sifat-Sifat Rangkaian Paralel

§  Besar arus yang mengalir tiap komponen berbeda tergantung besarnya tahanan yang dilalui. Arus total merupakan penjumlahan arus yang mengalir pada tiap-tiap cabang. (Itot=I1+I2+I3+ dan seterusnya)

§  Tegangan yang mengalir pada tiap-tiap cabang sama seperti tegangan sumber (Vtot=V1=V2=V3= dan sterusnya)

§  Tahanan total merupakan jumlah kebalikan dari semua tahanan pada masing-masing cabang (1/Rtot=1/R1+1/R2+1/R3+1/R seterusnya)

 

SKOR MAKSIMUM

15

6

Jawab :

Rangkaian Gabungan Atau Campuran

Rangkaian gabungan atau campuran merupakan rangkaian kelistrikan yang merupakan susunan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Sifat- sifat rangkain campuran merupakan gabungan dari kedua sifat baik dari rangkaian seri dan rangkaian paralel.

 

SKOR MAKSIMUM

15

7

Jawab :

Jawabannya sebagai berikut:

§  Tahanan total pada rangkaian seri yaitu Rtot=R1+R2+R3 maka Rtot= 2+3+4= 9 Ohm

§  Arus total pada rangkaian seri yaitu Itotal=I1=I2=I3=dan seterusnya maka I= V/Rtot = 9 Volt/9 Ohm= 1 Ampere

§  Tegangan total pada rangkaian seri yaitu Vtot=V1+V2+V3+dan seterusnya maka tegangan totalnya yaitu V1=1x2=2, V2=1x3=3, V3=1x4=4 maka tegangan total yaitu 9 Volt

 

SKOR MAKSIMUM

15

8

Jawab :

Jawaban sebagai berikut :

§  Tegangan total pada rangkaian paralel yaitu Vtot=V1=V2=V3= dan seterusnya maka tegangan totalnya yaitu 9 Volt.

§  Arus total pada rangkaian paralel yaitu Itot=I1+I2+I3+ dan seterusnya maka arus totalnya sebagai berikut: I1=9/2=4.5, I2=9/3=3, I3=9/4 , maka Itotal = 9/2 + 9/3 + 9/4= 54/12+36/12+27/12=9.75A.

§  Tahanan total pada rangkaian paralel yaitu  1/Rtot=1/R1+1/R2+1/R3+1/R seterusnya maka Rtotal sebagai berikut: 1/2+1/3+1/4= 6/12+4/12+3/12= 13/12 untuk mendapatkan Rtotal merupakan kebalikan dari penjumlah tahanan pada setiap komponen maka 12/13= 0.9 Ohm

 

SKOR MAKSIMUM

15

9

Jawab :

Jawaban sebagai berikut:

§  Rtotal= 2 + (1/3+1/4=7/12 dibalik maka 12/7=1.7) maka Rtot=2+1.7=3.7 Ohm.

§  I total= 9/3.7= 2.4 Ampere (I total pada rangkaian seri = I1=I2, maka kita anggap Itotal pada rangkaian paralel = I total pada rangkaian seri)

§  Vtotal= 9 Volt (Tegangan pada rangkaian seri apabila dijumlah akan sama dengan rangkaian pada tegangan paralel)

 

SKOR MAKSIMUM

15

10

Jawab :

Sumber kelistrikan bisa didapatkan dari generator, atau baterai. Kelistrikan pasif merupakan berbagai komponen seperti resistor, transistor, dan komponen lain sebagainya. Beban kelistrikan yang ada pada kendaraan seperti lampu, klakson, ac, audio, motor starter, dan berbagai beban lainnya. Dalam menghubungkan berbagai komponen tersebut memerlukan penghantar yaitu kabel atau bodi kendaraan.

 

SKOR MAKSIMUM

5

TOTAL SKOR MAKSIMUM

100

 

 

Kisi Kisi Soal Pilihan Ganda

 

Jenjang Sekolah         : SMK

Mata Pelajaran            : Teknologi Dasar Otomotif

Kurikulum                    : 2013

Kelas                           : X

Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

 

KD

Kompetensi Dasar

Bahan/

Kelas Semester

Konten/ Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

3.11

Memahami rangkaian kelistrikan sederhana

X / 2

·     Pengertian Rangkaian Kelistrikan

C1 (Pengetahuan)

·     Menjelaskan pengertian Rangkaian Kelistrikan

Uraian

1,2,3,4,5

·     Bentuk rangkaian kelistrikan

C1

(Pengetahuan)

·     Mengidentifi-kasi     bentuk rangkaian kelistrikan

Uraian

6,7,8

·     Perhitungan beban listrik

C5

( Penilaian )

·     Mengukur beban pemakaian listrik

Uraian

9,10

 

Soal Pilihan Ganda :

Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang paling tepat !

 

1.    Arus listrik dapat mengalir pada sebuah rangkaian kelistrikan jika ...

a.    Adanya beda potensial

b.    Adanya rangkaian tertutup

c.     Adanya pergerakkan proton-proton

d.    Adanya pergerakkan neutron-neutron

e.    Adanya pergerakkan atom-atom

 

2.    Satuan dari hambatan listrik adalah ...

a.    Voltage

b.    Ampere

c.    Ohm

d.    Watt

e.    Joule

 

3.    Satuan dari tegangan listrik adalah ...

a.    Ampere

b.    Voltage

c.     Watt

d.    Ohm

e.    Joule

 

4.    Satuan dari arus listrik adalah ...

a.    Ampere

b.    Ohm

c.     Watt

d.    Voltage

e.    Joule

 

5.    Satuan dari daya listrik adalah ...

a.    Joule

b.    Watt

c.     Ampere

d.    Voltage

e.    Ohm

 

6.    Pada kendaraan, prinsip kerja elektromagnet digunakan pada komponen ...

a.    Transistor

b.    Resistor

c.     Karburator

d.    Relay

e.    Kopling

 

7.    Resistor pada sebuah rangkaian kelistrikan digunakan sebagai ...

a.    Sumber arus listrik

b.    Sumber tegangan listrik

c.     Sebagai daya listrik

d.    Sebagai hambatan listrik

e.    Untuk mengukur tahanan listrik

 

8.    Baterai pada rangkaian kelistrikan digunakan sebagai ...

a.    Sebagai daya listrik

b.    Sebagai hambatan listrik

c.     Sebagai sumber arus listrik

d.    Untuk mengukur arus listrik

e.    Untuk menghasilkan arus listrik

 

9.    Kondensor dengan kapasitas 1 nf sama dengan ...

a.    10 pf

b.    100 pf

c.    1.000 pf

d.    10.000 pf

e.    1000.000 pf

 

10.  Rumus yang benar untuk menghitung daya listrik yaitu ...

a.    P = V x R

b.    P = I x R

c.    P = V2 / R

d.    P = V2 x R

e.    P = I2 / R

 

Pedoman Penskoran Soal Pilihan Ganda :

NO SOAL

KUNCI JAWABAN

SKOR

Benar

Salah

1

Jawaban : B

1

0

2

Jawaban : C

1

0

3

Jawaban : B

1

0

4

Jawaban : A

1

0

5

Jawaban : B

1

0

6

Jawaban : D

1

0

7

Jawaban : B

1

0

8

Jawaban : A

1

0

9

Jawaban : C

1

0

10

Jawaban : C

1

0

TOTAL SKOR MAKSIMUM

10

0

 

B.  INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Nama Sekolah                    :     SMKN 1 Muara Uya

Bidang Keahlian                :    Teknologi dan Rekayasa

Program Keahlian              :    Teknik Otomotif

Kompetensi Keahlian        :    Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C2)

Mata Pelajaran                   :    Teknologi Dasar Otomotif

Kelas / Semester                :    X / II

 

KD

Kompetensi Dasar

Bahan /

Kelas Semester

Konten/ Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

4.11

Membuat rangkaian listrik sederhana

X / 2

Merancang rangkaian listrik sederhana.

Memanipulasi (P2)

Siswa diminta merancang rangkaian listrik sederhana.

Praktek

1

 

 

No

Komponen/Sub Komponen Penilaian

Indikator

Skor

1

Persiapan Kerja

a. Penggunaan alat dan bahan

Penggunaan alat dan bahan sesuai prosedur

91 - 100

Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai prosedur

80 - 90

Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur

70 - 79

b. Ketersediaan alat dan bahan

Ketersediaan alat dan bahan lengkap

91 - 100

Ketersediaan alat dan bahan cukup lengkap

80 - 90

Ketersediaan alat dan bahan kurang lengkap

70 - 79

2

Proses dan Hasil Kerja

 

a.    Kemampuan memahami rangkaian kelistrikan sederhana

Memahami rangkaian kelistrikan sederhana  tinggi

91 - 100

Memahami rangkaian kelistrikan sederhana  cukup

80 - 90

Memahami rangkaian kelistrikan sederhana  kurang

70 - 79

b.    Kemampuan membuat rangkaian listrik sederhana

Mmembuat rangkaian listrik sederhana tinggi

91 - 100

Mmembuat rangkaian listrik sederhana cukup

80 - 90

Mmembuat rangkaian listrik sederhana kurang

70 - 79

c.     Kemampuan mendapatkan informasi

Kemampuan mendapatkan informasi lengkap

91 - 100

Kemampuan mendapatkan informasi cukup lengkap

80 - 90

Kemampuan mendapatkan informasi kurang lengkap

70 - 79

d.    Kemampuan dalam bekerja

Kemampuan dalam  bekerja tepat

91 - 100

Kemampuan dalam  bekerja cukup tepat

80 - 90

Kemampuan dalam  bekerja kurang tepat

70 - 79

e.    Laporan

Hasil Laporan disusun rapih

91 - 100

Hasil Laporan disusun cukup  rapih

80 - 90

Hasil Laporan disusun kurang  rapih

70 - 79

3

Sikap kerja

 

a. Keterampilan  dalam bekerja

Bekerja dengan  terampil

91 -100

Bekerja dengan  cukup terampil

80 - 90

Bekerja dengan  kurang  terampil

70 - 79

b. Kedisiplinan dalam bekerja

Bekerja dengan  disiplin

91 - 100

Bekerja dengan  cukup disiplin

80 - 90

Bekerja dengan  kurang disiplin

70 - 79

c. Tanggung jawab  dalam  bekerja

Bertanggung jawab

91 - 100

Cukup bertanggung jawab

80 - 90

Kurang bertanggung jawab

70 - 79

d.  Konsentrasi dalam  bekerja

Bekerja dengan konsentrasi

91 - 100

Bekerja dengan  cukup konsentrasi

80 - 90

Bekerja dengan  kurang konsentrasi

70 - 79

4

Waktu

 

 Penyelesaian pekerjaan

Selesai sebelum  waktu berakhir

91 - 100

Selesai tepat waktu

80 - 90

Selesai setelah waktu  berakhir

70 - 79

 

 

Pengolahan Nilai Keterampilan :

 

 

Nilai Praktik (NP)

 

Persiapan

Proses dan Hasil Kerja

Sikap Kerja

Waktu

∑ NK

 

1

2

3

5

6

Skor Perolehan

 

 

 

 

 

Skor  Maksimal

 

 

 

 

Bobot

10%

60%

20%

10%

NK

 

 

 

 

 

Keterangan:

·      Skor Perolehan merupakan penjumlahan skor per komponen penilaian

·      Skor Maksimal merupakan skor maksimal per komponen penilaian

·      Bobot diisi dengan persentase setiap komponen. Besarnya persentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik kompetensi keahlian. Total bobot untuk komponen penilaian adalah 100

·      NK = Nilai Komponen merupakan perkalian dari skor perolehan dengan bobot dibagi skor maksimal

 

·      NP = Nilai Praktik merupakan penjumlahan dari NK

 

                                                                                            Muara Uya, 12 Februari 2023

 

Mengetahui

Kepala SMKN 1 Muara Uya                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Rita Herlina, S.P, M.Pd                                                   Wahid Nurmawan, S.Pd

NIP. 196812272005012007                                              NIP. 198706012014021004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar