Nama Sekolah : SMKN 1 MUARA
UYA
Bidang Keahlian : Teknologi
dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif (C2)
Mata Pelajaran : Teknologi
Dasar Otomotif
Kelas / Semester : X
/ II
Tahun Pelajaran : 2022/2023
Jam Pelajaran : 8 JP (@ 45 Menit)
A. KompetensiInti
KI-3 (Pengetahuan) :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan
Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional |
KI-4 (Keterampilan) : |
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung |
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KompetensiDasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.11 Memahami rangkaian kelistrikan sederhana 4.11 Membuat rangkaian listrik sederhana |
3.11.1. Menjelaskan pengertian Rangkaian Kelistrikan 3.11.2. Mengidentifikasi bentuk rangkaian kelistrikan 3.11.3 Mengukur beban pemakaian listrik 4.11.1 Merancang rangkaian listrik sederhana. 4.11.2 Menerapkan K3 dalam membuat rangkaian listrik sederhana. |
C. Tujuan Pembelajaran
·
Melalui
langkah pembelajaran model Discovery Learning dengan
pendekatan saintifik peserta didik memahami rangkaian
kelistrikan sederhana. mengajukan pertanyaan,
mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menganalisa data, menyusun
simpulan untuk dapat mencapai kompetensi
pengetahuan (memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi),
·
Melalui
langkah pembelajaran model Discovery Learning dengan
pendekatan saintifik peserta didik membuat rangkaian
listrik sederhana, mengajukan
pertanyaan, mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menganalisa data,
menyusun simpulan untuk dapat mencapai kompetensi keterampilan (mengamati, mencoba, menyaji, dan menalar), dan sikap
(jujur, santun, dan tanggungjawab).
D. Materi Pembelajaran
Materi Faktual dapat diamati dengan indera atau alat |
·
Sirkuit kelistrikan
(electrical circuit) ·
Komponen kelistrikan ·
Sumber listrik ·
Saklar, ·
Elemen listrik pasif, ·
Beban kelistrikan |
Materi Konseptual Gabungan antar fakta-fakta yang saling
berhubungan |
·
Rangkaian kelistrikan
sederhana |
Materi Prinsip Generalisasi hubungan antar konsep-konsep
yang saling terkait |
·
Pengertian Rangkaian
Kelistrikan · Bentuk rangkaian kelistrikan |
Materi Prosedural Sederetan langkah yang sistematis dalam
menerapkan prinsip |
·
Merancang rangkaian
listrik sederhana. ·
Menerapkan K3 dalam
membuat rangkaian listrik sederhana. |
E. Pendekatan, Strategi dan Metode
· Pendekatan :
Saintifik
· Metode :
Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
· Model :
Problem Based Learning
F. Alat dan Media Pembelajaran
· Vidio Pembelajaran.
· Slide Powerpoint.
· LCD Proyektor.
G. SumberBelajar
· Hand Out
· Internet
H. Kegiatan
Pembelajaran
Tahap pemebelajaran |
Sintaks Model
Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Langkah
Saintifik |
PPK |
Waktu |
||||
M 1 |
M 2 |
M 3 |
M 4 |
M 5 |
|||||
Pendahuluan |
|
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
|
|
|
|
|
Religiositas |
|
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
|
|
|
|
Disiplin |
|||
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. |
|
|
|
|
ü |
|
|||
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari. |
|
|
|
|
ü |
Rasa ingin
tahu |
|||
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung |
|
|
|
|
ü |
|
|||
·
Mengaitkan
materi pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan Materi sebelumnya, |
|
|
|
|
ü |
Literasi |
|||
·
Guru
menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar. |
|
|
|
|
ü |
|
|||
Inti |
Stimulus |
·
Guru
menampilkan tayangan tentang Rangkaian kelistrikan sederhana |
ü |
|
|
|
|
|
|
·
Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang Rangkaian
kelistrikan sederhana |
|
|
|
|
|
||||
Identifikasi masalah |
·
Guru
menanyakan maksud dari tayangan tentang
Rangkaian kelistrikan sederhana |
|
|
|
|
|
|||
·
Siswa
secara berkelompok mendiskusikan tentang Rangkaian kelistrikan sederhana |
|
|
|
|
|
||||
Pengumpulan
data |
·
Guru meminta siswa mengali informasi tentang Rangkaian
kelistrikan sederhana |
|
|
|
|
|
|||
·
Siswa
menggali informasi tentang tentang Rangkaian kelistrikan sederhana |
|
|
|
|
ü |
||||
|
Pembuktian |
·
Guru
memberikan
beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang Rangkaian kelistrikan sederhana |
|
|
|
|
ü |
||
·
Siswa
menjawab
dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok. |
|
|
|
|
ü |
||||
Menarik
kesimpulan |
·
Siswa
menyajikan dalam bentuk hasil diskusi kelompok tentang Rangkaian kelistrikan
sederhana |
|
|
|
|
ü |
|||
·
Siswa
lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai Rangkaian kelistrikan
sederhana |
|
|
|
|
ü |
||||
|
·
Siswa
menerima tanggapan dari siswa lain dan guru |
|
|
|
|
ü |
|
||
·
Siswa menyimpulkan materi tentang Rangkaian
kelistrikan sederhana |
|
|
|
|
ü |
||||
Penutup |
|
·
Guru
menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas |
|
|
|
|
|
|
|
·
Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes
tertulis. |
|
|
|
|
|
|
|||
·
Guru
memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya. |
|
|
|
|
|
Tanggung jawab |
|||
·
Siswa
melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan. |
|
|
|
|
|
Disiplin |
|||
·
Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai
pembelajaran. |
|
|
|
|
|
Religiositas |
I. Penilaian Pembelajaran
· Penilaian Skala Sikap
·
Teknik penilaian :
Observasi : sikap religiius dan sikap
sosial
·
Bentuk penilaian :
lembar pengamatan
·
Instrumen penilaian :
jurnal (terlampir)
·
Pengetahuan
·
Jenis/Teknik tes :
tertulis, lisan,dan Penugasan
·
Bentuk tes :
uraian
·
Instrumen Penilaian : (terlampir)
·
Keterampilan
Teknik/Bentuk
Penilaian :
·
Praktik/Performence
·
Fortofolio
·
Instrumen
Penilaian : (terlampir)
Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya.
PROGRAM
REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1. Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.
2. Mencari informasi secara online tentang materi
3. Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
materi
4. Mengamati langsung tentang materi yang ada di lingkungan
sekitar.
Muara Uya, 12 Februari 2023
Mengetahui
Kepala
SMKN 1 Muara Uya Guru
Mata Pelajaran
Rita Herlina, S.P, M.Pd Wahid Nurmawan, S.Pd
NIP. 196812272005012007 NIP. 198706012014021004
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Lampiran
Materi
Pembelajaran
Pengertian Rangkaian Kelistrikan
Rangkaian
kelistrikan atau juga dapat disebut dengan sirkuit kelistrikan (electrical
circuit) merupakan sambungan dari beberapa komponen kelistrikan, dari sumber
listrik, saklar, elemen listrik pasif, beban kelistrikan yang semua komponen
tersebut dihubungkan dengan komponen penghantar kelistrikan.
Sumber
kelistrikan dapat berasal dari baterai atau generator listrik, sedangkan
kelistrikan pasif contohnya adalah transistor, kapasitor, induktor dan lain
sebagainya, sedangkan beban kelistrikan contohnya lampu, klakson, audio, motor
kipas, motor starter dan lain sebagainya, sedangkan komponen penghantar
kelistrikan dapat berupa kabel dan rangka (frame) kendaraan yang digunakan
untuk massa (penghubung negatif baterai).
Ketika
semua komponen kelistrikan tersebut dirangkai menjadi satu sehingga arus
listrik dapat mengalir dari positif baterai menuju kembali ke negatif baterai
maka rangkaian tersebut disebut dengan rangkaian kelistrikan atau sirkuit
kelistrikan.
Untuk
lebih jelasnya tentang rangkaian kelistrikan dapat dilihat pada gambar di bawah
ini :
Pada
gambar di atas listrik dari baterai positif akan mengalir melalui kabel menuju
ke fuse (sekering) menuju ke saklar (switch) menuju ke lampu dan kembali lagi
menuju ke negatif baterai.
Bentuk rangkaian kelistrikan
Rangkaian
kelistrikan dapat dibedakan menjadi tiga bentuk atau tiga macam rangkaian yaitu
rangkaian seri, rangkaian paralel dan rangkaian gabungan atau campuran
(seri-paralel).
1. Rangkaian
seri
Pada rangkaian kelistrikan seri,
rangkaian kelistrikan tersebut disusun secara berurutan. Untuk lebih jelasnya
tentang bagaimana rangkaian listrik secara seri dapat dilihat pada gambar di
bawah ini :
Pada gambar di atas ketiga lampu
disusun secara seri terhadap sumber tegangan listrik yaitu baterai.
2. Rangkaian
paralel
Pada rangkaian kelistrikan
paralel, rangkaian kelistrikan tersebut disusun secara bercabang atau sejajar.
Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana rangkaian listrik secara paralel dapat
dilihat pada gambar di bawah ini :
Pada gambar di atas ketiga lampu
disusun secara paralel terhadap sumber tegangan listrik yaitu baterai.
3. Rangkaian
gabungan
Pada rangkaian kelistrikan
gabungan atau campuran, di dalam rangkaian kelistrikan tersebut menggabungkan
antara kedua rangkaian listrik seri dan paralel. Untuk lebih jelasnya tentang
bagaimana rangkaian listrik gabungan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Pada gambar di atas, lampu 2 dan
3 disusun secara seri. Sedangkan lampu 1 dengan lampu 2 dan 3 disusun secara
seri.
Referensi :
https://www.teknik-otomotif.com/2018/09/pengertian-rangkaian-kelistrikan.html
A. INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Kisi
Kisi Soal Uraian
Nama Sekolah : SMKN 1 Muara
Uya
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif (C2)
Mata Pelajaran : Teknologi Dasar Otomotif
Kelas / Semester : X / II
KD |
Kompetensi
Dasar |
Bahan/ Kelas
Semester |
Konten/
Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Bentuk
Soal |
No
Soal |
3.11 |
Memahami rangkaian kelistrikan
sederhana |
X / 2 |
·
Pengertian
Rangkaian Kelistrikan |
C1 (Pengetahuan) |
·
Menjelaskan
pengertian Rangkaian Kelistrikan |
Uraian |
1, 10 |
·
Bentuk
rangkaian kelistrikan |
C1 (Pengetahuan) |
·
Mengidentifi-kasi bentuk rangkaian kelistrikan |
Uraian |
2,3,4,5,6 |
|||
·
Perhitungan
beban listrik |
C5 ( Penilaian ) |
·
Mengukur
beban pemakaian listrik |
Uraian |
7,8,9 |
Soal Uraian :
1.
Rangkaian kelistrikan pada umumnya dibedakan menjadi
tiga yaitu .... Sebutkan..?
2.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian seri..?
3.
Sebutkan sifat-sifat rangkaian seri..?
4.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian
paralel..?
5.
Sebutkan sifat-sifat rangkaian paralel...?
6.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian gabungan
dan gambarkan rangkaianya..?
7.
Terdapat sebuah rangkaian seri dimana beban
(tahanan) disusun secara seri seperti gambar dibawah. Apabila tegangan sumber 9
volt dan tahanan masing-masing beban adalah R1= 2 ohm, R2= 3 ohm, R3= 4 ohm.
Tentukan tegangan, arus, dan tahanan total dari rangkaian tersebut!
8.
Apabila terdapat sebuah rangkaian secara paralel
dimana sumber 9 volt dan R1= 2 ohm, R2= 3 ohm, R3= 4 ohm. Tentukan tegangan,
arus, dan tahanan total dari rangkaian tersebut!
9.
Apabila terdapat sebuah rangkaian yang disusun
secara campuran dengan sumber 9 volt dan R1= 2 ohm, R2= 3 ohm, R3= 4 ohm.
Tentukan tegangan, arus, dan tahanan total dari rangkaian tersebut!
10.
Sebutkan macam macam sumber kelistrikan dan beban
kelistrikan yang ada pada kendaraan...?
Pedoman Penskoran Soal Uraian :
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
SKOR |
1. |
Jawab: Rangkaian
kelistrikan pada umumnya dibedakan menjadi tiga yaitu rangkaian seri,
rangkaian paralel, dan rangkaian campuran atau kombinasi. |
|
SKOR
MAKSIMUM |
5 |
|
2. |
Jawab: Rangkaian
seri merupakan rangkaian kelistrikan dimana komponen atau beban disusun
secara berurutan. Pada rangkaian kelistrikan secara seri hanya terdapat satu
jalur yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik, sehingga apabila
terdapat satu komponen yang rusak dapat mempengaruhi komponen yang lainnya. |
|
SKOR
MAKSIMUM |
5 |
|
3. |
Jawab: Sifat-Sifat
Rangkaian Seri § Arus
yang mengalir pada tiap-tiap komponen pada rangkaian adalah sama besar
(Itotal=I1=I2=I3=dan seterusnya) § Tegangan
merupakan penjumlahan antara tegangan pada tiap-tiap komponen pada rangkaian
kelistrikan tersebut (Vtot= V1+V2+V3+ dan seterusnya) § Tahanan
total merupakan penjumlahan tahanan pada tiap-tiap komponen pada rangkaian
kelistrikan tersebut (Rtot=R1+R2+R3+ dan seterusnya) |
|
SKOR
MAKSIMUM |
5 |
|
4. |
Jawab: Rangkaian
paralel merupakan rangkaian kelistrikan dimana komponen atau beban disusun
secara paralel atau bercabang. Pada rangkaian ini kelistrikan terdapat
beberapa jalur sehingga apabila terjadi kerusakan pada satu komponen tidak
akan mempengaruhi komponen lainnya. |
|
SKOR
MAKSIMUM |
5 |
|
5. |
Jawab Sifat-Sifat
Rangkaian Paralel § Besar
arus yang mengalir tiap komponen berbeda tergantung besarnya tahanan yang
dilalui. Arus total merupakan penjumlahan arus yang mengalir pada tiap-tiap
cabang. (Itot=I1+I2+I3+ dan seterusnya) § Tegangan
yang mengalir pada tiap-tiap cabang sama seperti tegangan sumber
(Vtot=V1=V2=V3= dan sterusnya) § Tahanan
total merupakan jumlah kebalikan dari semua tahanan pada masing-masing cabang
(1/Rtot=1/R1+1/R2+1/R3+1/R seterusnya) |
|
SKOR
MAKSIMUM |
15 |
|
6 |
Jawab : Rangkaian
Gabungan Atau Campuran Rangkaian
gabungan atau campuran merupakan rangkaian kelistrikan yang merupakan susunan
dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Sifat- sifat rangkain campuran
merupakan gabungan dari kedua sifat baik dari rangkaian seri dan rangkaian
paralel. |
|
SKOR
MAKSIMUM |
15 |
|
7 |
Jawab : Jawabannya
sebagai berikut: § Tahanan
total pada rangkaian seri yaitu Rtot=R1+R2+R3 maka Rtot= 2+3+4= 9 Ohm § Arus
total pada rangkaian seri yaitu Itotal=I1=I2=I3=dan seterusnya maka I= V/Rtot
= 9 Volt/9 Ohm= 1 Ampere § Tegangan
total pada rangkaian seri yaitu Vtot=V1+V2+V3+dan seterusnya maka tegangan
totalnya yaitu V1=1x2=2, V2=1x3=3, V3=1x4=4 maka tegangan total yaitu 9 Volt |
|
SKOR
MAKSIMUM |
15 |
|
8 |
Jawab : Jawaban
sebagai berikut : § Tegangan
total pada rangkaian paralel yaitu Vtot=V1=V2=V3= dan seterusnya maka
tegangan totalnya yaitu 9 Volt. § Arus
total pada rangkaian paralel yaitu Itot=I1+I2+I3+ dan seterusnya maka arus
totalnya sebagai berikut: I1=9/2=4.5, I2=9/3=3, I3=9/4 , maka Itotal = 9/2 +
9/3 + 9/4= 54/12+36/12+27/12=9.75A. § Tahanan
total pada rangkaian paralel yaitu 1/Rtot=1/R1+1/R2+1/R3+1/R
seterusnya maka Rtotal sebagai berikut: 1/2+1/3+1/4= 6/12+4/12+3/12= 13/12
untuk mendapatkan Rtotal merupakan kebalikan dari penjumlah tahanan pada
setiap komponen maka 12/13= 0.9 Ohm |
|
SKOR
MAKSIMUM |
15 |
|
9 |
Jawab : Jawaban
sebagai berikut: § Rtotal=
2 + (1/3+1/4=7/12 dibalik maka 12/7=1.7) maka Rtot=2+1.7=3.7 Ohm. § I
total= 9/3.7= 2.4 Ampere (I total pada rangkaian seri = I1=I2, maka kita
anggap Itotal pada rangkaian paralel = I total pada rangkaian seri) § Vtotal=
9 Volt (Tegangan pada rangkaian seri apabila dijumlah akan sama dengan
rangkaian pada tegangan paralel) |
|
SKOR
MAKSIMUM |
15 |
|
10 |
Jawab : Sumber
kelistrikan bisa didapatkan dari generator, atau baterai. Kelistrikan pasif
merupakan berbagai komponen seperti resistor, transistor, dan komponen lain
sebagainya. Beban kelistrikan yang ada pada kendaraan seperti lampu, klakson,
ac, audio, motor starter, dan berbagai beban lainnya. Dalam menghubungkan
berbagai komponen tersebut memerlukan penghantar yaitu kabel atau bodi
kendaraan. |
|
SKOR
MAKSIMUM |
5 |
|
TOTAL
SKOR MAKSIMUM |
100 |
Kisi
Kisi Soal Pilihan Ganda
Jenjang Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Teknologi Dasar Otomotif
Kurikulum :
2013
Kelas :
X
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
KD |
Kompetensi
Dasar |
Bahan/ Kelas
Semester |
Konten/
Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Bentuk
Soal |
No
Soal |
3.11 |
Memahami rangkaian kelistrikan
sederhana |
X / 2 |
·
Pengertian
Rangkaian Kelistrikan |
C1 (Pengetahuan) |
·
Menjelaskan
pengertian Rangkaian Kelistrikan |
Uraian |
1,2,3,4,5 |
·
Bentuk
rangkaian kelistrikan |
C1 (Pengetahuan) |
·
Mengidentifi-kasi bentuk rangkaian kelistrikan |
Uraian |
6,7,8 |
|||
·
Perhitungan
beban listrik |
C5 ( Penilaian ) |
·
Mengukur
beban pemakaian listrik |
Uraian |
9,10 |
Soal Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d,
atau e di depan jawaban yang paling tepat !
1. Arus listrik dapat mengalir pada sebuah rangkaian kelistrikan jika ...
a.
Adanya
beda potensial
b.
Adanya rangkaian tertutup
c.
Adanya
pergerakkan proton-proton
d.
Adanya
pergerakkan neutron-neutron
e.
Adanya
pergerakkan atom-atom
2. Satuan dari hambatan listrik adalah ...
a.
Voltage
b.
Ampere
c.
Ohm
d.
Watt
e.
Joule
3. Satuan dari tegangan listrik adalah ...
a.
Ampere
b.
Voltage
c.
Watt
d.
Ohm
e.
Joule
4. Satuan dari arus listrik adalah ...
a.
Ampere
b.
Ohm
c.
Watt
d.
Voltage
e.
Joule
5. Satuan dari daya listrik adalah ...
a.
Joule
b.
Watt
c.
Ampere
d.
Voltage
e.
Ohm
6. Pada kendaraan, prinsip kerja elektromagnet digunakan pada komponen ...
a.
Transistor
b.
Resistor
c.
Karburator
d.
Relay
e.
Kopling
7. Resistor pada sebuah rangkaian kelistrikan digunakan sebagai ...
a.
Sumber
arus listrik
b.
Sumber tegangan listrik
c.
Sebagai
daya listrik
d.
Sebagai
hambatan listrik
e.
Untuk
mengukur tahanan listrik
8. Baterai pada rangkaian kelistrikan digunakan sebagai ...
a.
Sebagai daya listrik
b.
Sebagai
hambatan listrik
c.
Sebagai
sumber arus listrik
d.
Untuk
mengukur arus listrik
e.
Untuk
menghasilkan arus listrik
9. Kondensor dengan kapasitas 1 nf sama dengan ...
a.
10
pf
b.
100
pf
c.
1.000 pf
d.
10.000
pf
e.
1000.000
pf
10. Rumus yang benar untuk menghitung daya listrik yaitu ...
a.
P
= V x R
b.
P
= I x R
c.
P = V2 / R
d.
P
= V2 x R
e.
P
= I2 / R
Pedoman Penskoran Soal Pilihan Ganda :
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
SKOR |
|
Benar |
Salah |
||
1 |
Jawaban : B |
1 |
0 |
2 |
Jawaban : C |
1 |
0 |
3 |
Jawaban : B |
1 |
0 |
4 |
Jawaban : A |
1 |
0 |
5 |
Jawaban : B |
1 |
0 |
6 |
Jawaban : D |
1 |
0 |
7 |
Jawaban : B |
1 |
0 |
8 |
Jawaban : A |
1 |
0 |
9 |
Jawaban : C |
1 |
0 |
10 |
Jawaban : C |
1 |
0 |
TOTAL SKOR
MAKSIMUM |
10 |
0 |
B. INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Sekolah : SMKN 1 Muara Uya
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif (C2)
Mata Pelajaran : Teknologi Dasar Otomotif
Kelas / Semester : X / II
KD |
Kompetensi
Dasar |
Bahan
/ Kelas
Semester |
Konten/
Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Bentuk
Soal |
No
Soal |
4.11 |
Membuat rangkaian listrik
sederhana |
X / 2 |
Merancang rangkaian listrik sederhana. |
Memanipulasi
(P2) |
Siswa diminta merancang rangkaian listrik sederhana. |
Praktek |
1 |
No |
Komponen/Sub
Komponen Penilaian |
Indikator |
Skor |
1 |
Persiapan Kerja |
||
a. Penggunaan alat dan bahan |
Penggunaan alat dan bahan sesuai
prosedur |
91 - 100 |
|
Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai
prosedur |
80 - 90 |
||
Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur |
70 - 79 |
||
b. Ketersediaan alat dan bahan |
Ketersediaan alat dan bahan lengkap |
91 - 100 |
|
Ketersediaan alat dan bahan cukup
lengkap |
80 - 90 |
||
Ketersediaan alat dan bahan kurang
lengkap |
70 - 79 |
||
2 |
Proses dan Hasil Kerja |
|
|
a.
Kemampuan memahami
rangkaian kelistrikan sederhana |
Memahami rangkaian kelistrikan sederhana
tinggi |
91 - 100 |
|
Memahami rangkaian kelistrikan sederhana
cukup |
80 - 90 |
||
Memahami rangkaian kelistrikan sederhana
kurang |
70 - 79 |
||
b.
Kemampuan membuat rangkaian
listrik sederhana |
Mmembuat rangkaian listrik sederhana tinggi |
91 - 100 |
|
Mmembuat rangkaian listrik sederhana cukup |
80 - 90 |
||
Mmembuat rangkaian listrik sederhana kurang |
70 - 79 |
||
c. Kemampuan mendapatkan
informasi |
Kemampuan mendapatkan informasi lengkap |
91 - 100 |
|
Kemampuan mendapatkan informasi cukup
lengkap |
80 - 90 |
||
Kemampuan mendapatkan informasi kurang
lengkap |
70 - 79 |
||
d. Kemampuan dalam
bekerja |
Kemampuan dalam bekerja tepat |
91 - 100 |
|
Kemampuan dalam bekerja cukup tepat |
80 - 90 |
||
Kemampuan dalam bekerja kurang tepat |
70 - 79 |
||
e. Laporan |
Hasil Laporan disusun rapih |
91 - 100 |
|
Hasil Laporan disusun cukup rapih |
80 - 90 |
||
Hasil Laporan disusun kurang rapih |
70 - 79 |
||
3 |
Sikap kerja |
|
|
a. Keterampilan dalam bekerja |
Bekerja dengan terampil |
91 -100 |
|
Bekerja dengan cukup terampil |
80 - 90 |
||
Bekerja dengan kurang
terampil |
70 - 79 |
||
b. Kedisiplinan dalam bekerja |
Bekerja dengan disiplin |
91 - 100 |
|
Bekerja dengan cukup disiplin |
80 - 90 |
||
Bekerja dengan kurang disiplin |
70 - 79 |
||
c. Tanggung jawab dalam
bekerja |
Bertanggung jawab |
91 - 100 |
|
Cukup bertanggung jawab |
80 - 90 |
||
Kurang bertanggung jawab |
70 - 79 |
||
d. Konsentrasi dalam bekerja |
Bekerja dengan konsentrasi |
91 - 100 |
|
Bekerja dengan cukup konsentrasi |
80 - 90 |
||
Bekerja dengan kurang konsentrasi |
70 - 79 |
||
4 |
Waktu |
|
|
Penyelesaian pekerjaan |
Selesai sebelum waktu berakhir |
91 - 100 |
|
Selesai tepat waktu |
80 - 90 |
||
Selesai setelah waktu berakhir |
70 - 79 |
Pengolahan Nilai Keterampilan :
|
Nilai Praktik (NP) |
||||
|
Persiapan |
Proses dan Hasil Kerja |
Sikap Kerja |
Waktu |
∑ NK |
|
1 |
2 |
3 |
5 |
6 |
Skor
Perolehan |
|
|
|
|
|
Skor Maksimal |
|
|
|
|
|
Bobot |
10% |
60% |
20% |
10% |
|
NK |
|
|
|
|
Keterangan:
·
Skor Perolehan merupakan penjumlahan skor per
komponen penilaian
·
Skor Maksimal merupakan skor maksimal per
komponen penilaian
·
Bobot diisi dengan persentase setiap
komponen. Besarnya persentase dari setiap komponen ditetapkan secara
proposional sesuai karakteristik kompetensi keahlian. Total bobot untuk
komponen penilaian adalah 100
·
NK = Nilai Komponen merupakan perkalian dari skor
perolehan dengan bobot dibagi skor maksimal
·
NP = Nilai Praktik merupakan penjumlahan dari NK
Muara
Uya, 12 Februari 2023
Mengetahui
Kepala
SMKN 1 Muara Uya Guru
Mata Pelajaran
Rita Herlina, S.P, M.Pd Wahid Nurmawan, S.Pd
NIP. 196812272005012007 NIP. 198706012014021004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar