MODUL /
RPP DASAR-DASAR OTOMOTIF
NamaSekolah/TAHUN |
SMKN1MUARA UYA / 2023 |
JenjangSekolah |
SMK |
Fase/Kelas |
E/10 |
Domain/Topik |
ProsesBisnisOtomotif |
Kata kunci |
BisnisOtomotif |
AlokasiWaktu |
12 |
Elemen |
Prosesbisnisdibidangotomotif |
ProfilPelajarPancasila |
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
YME : Selalu berdoasebelum dan sesudahpembelajran . BernalarKritis:Menemukankembalidefinisiprosesbisnisotomotif
dari contoh jenis bisnis diindustri sesuai denganpemahamanyangmerekapelajari Mandiri:Mencarireferensilaindariprosesbisnisotomotif Kreatif : Menyusun laporan hasil diskusi
denganmenghubungkandenganbeberapamateriyangsudahmerekapelajari di kelas. |
SaranaPrasarana |
·
Papantulis ·
Kapur/spidol ·
Computer/laptop ·
Jaringaninternet ·
LCDproyektor |
TargetPesertaDidik |
·
Pesertadidikregular/tipikal ·
Hambatanbelajar ·
CerdasIstimewaBerbakatIstimewa |
ModaPembelajaran |
Luring |
ModelPembelajaran |
DiscoveryLearning |
Bahan Ajar |
·
BukuDasar-DasarOtomotif ·
Website |
A. KomponenInti
Topik |
ProsesBisnisBidangOtomotif |
TujuanPembelajaran |
1.
Memahamipengertianbisnis 2. Memahamipengertianprosesbisnis 3. MemahamipengelolaanSumberDayaManusiadalamprosesbisnis 4. Memahamiprosesbisnisbidangotomotif 5. Memahamialurprosesbisnismanufakturbidangotomotif 6. Mengenaljenisdanmerkkendaraanotomotif 7. Mampumengidentifikasipotensibisnisbidangotomotifdilingkungan
sekitar |
PemahamanBermakna |
Siswadapatmemahamiprosesbisnisdibidangotomotif |
PertanyaanPemantik |
1.
Apayangkalianketahuitentangbisnis? 2. Bisnisapayangadadisekitarmu? 3. Adakahbisnisotomotifdisekitarmu? 4. Siapasajayangterlibatdalambisnistersebut? 5.
Bagaimanaalurprosesbisnisotomotiftersebut? |
B. UrutanKegiatanPembelajaran
1. PertemuanKe-1
Kegiatan(Alokasiwaktu) |
Deskripsikegiatan |
Pendahuluan(±15menit) |
1.
Gurumemberisalamdansiswamenjawabsalam 2. Gurumempersilahkansiswauntukberdoasebelummemulaipelajaran. (BerimandanbertaqwakepadaTuhanYME) 3. Gurumenyapapesertadidikdanmemeriksakehadiransiswapadajampelajaranhariini. 4. Gurubertanyakepadasiswadalambentukdiskusimelaluipertanyaanpemantik |
Inti(±240menit) |
1.
Pesertadidikmendapatkanpemaparansecaraumumtentangpengetahuanprosesbisnisotomotif 2.
Denganmetodetanyajawabgurumemberikanpertanyaandenganmenunjukpesertadidiksecaraacakmengenai:(BernalarKritis) a.
Pengertianbisnis b.
Prosesbisnisbidangotomotif c.
Pengelolaansumberdayamanusiadalamprosesbisnis 3.
Gurumemberikangambaranmateripembelajaransecaraumumtentangprosesbisnisotomotifsecaramenyeluruh. 4.
Pesertadidikmembuatkelompokdiskusiyangterdiridari3-4orang. 5.
Pesertadidikdiberikankesempatanuntukberdiskusitentang: a.
Pengertianbisnis b. Prosesbisnisbidangotomotif c.
Pengelolaansumberdayamanusiadalamprosesbisnis Yangbertujuanagarsiswadapatmemahamidanmenemukanreferensilaindarimateritersebutsecaramandiri.(Mandiri) 6.
Peserta didik diminta melaporkan hasil studinya dan kemudian bersama-samadengandibimbingolehgurumendiskusikanhasillaporannyadidepankelas 7.
Untuk Analisis setiap kelompok menyusun laporan
hasil diskusi denganmenghubungkandengan
beberapa materi yang sudah mereka
pelajari di papantulis.(Kreatif) 8.
PesertadidikdimintauntukmengerjakansoalLatihan |
Penutup(±15menit) |
1.
Gurumemberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran 2. Gurumemberikangambarangsingkattentangmateripadapertemuanmendatang 3. Salahsatupesertadidikmemimpindoauntukmengakhiripelajaran 4. Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam dan siswa menjawabsalam |
2. PertemuanKe-2
Kegiatan(Alokasiwaktu) |
Deskripsikegiatan |
Pendahuluan(±15menit) |
1. Gurumemberisalamdansiswamenjawabsalam 2. Gurumempersilahkansiswauntukberdoasebelummemulaipelajaran. (Berimandanbertaqwakepada TuhanYME) 3. Gurumenyapapesertadidikdanmemeriksakehadiransiswapadajampelajaranhariini. 4. Gurumenanyakanpekerjaanrumah
kepadasiswa 5.
Gurumembahaspekerjaanrumahyangtelahdikerjakansiswa |
|
6.Gurubertanyakepadasiswadalambentukdiskusimelaluipertanyaanpemantik |
Inti(±240menit) |
1.
Pesertadidikmendapatkanpemaparansecaraumumtentangpengetahuanprosesbisnisotomotif 2.
Denganmetodetanyajawabgurumemberikanpertanyaandenganmenunjukpesertadidiksecaraacakmengenai:(BernalarKritis) a.
Prosesbisnisotomotif b.
Alurprosesmanufakturbidangotomotif c.
Jenisdanmerkkendaraanotomotif 3.
Gurumemberikangambaranmateripembelajaransecaraumumtentangprosesbisnisotomotifsecaramenyeluruh. 4.
Pesertadidikmembuatkelompokdiskusiyangterdiridari3-4orang. 5.
Pesertadidikdiberikankesempatanuntukberdiskusitentang: a.
Prosesbisnisotomotif b.
Alurprosesmanufakturbidangotomotif c.
Jenisdanmerkkendaraanotomotif Yangbertujuanagarsiswadapatmemahamidanmenemukanreferensilaindarimateritersebutsecaramandiri.(Mandiri) 6.
Peserta didik diminta
melaporkan hasil studinya dan kemudian bersama-samadengandibimbingolehgurumendiskusikanhasillaporannyadidepankelas 7.
Untuk Analisis setiap kelompok
menyusun laporan hasil diskusi denganmenghubungkandenganbeberapamateriyangsudahmerekapelajaridipapantulis.(Kreatif) 8.
PesertadidikdimintauntukmengerjakansoalLatihansebagainilaitugas |
Penutup(±15menit) |
1.
Gurumemberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran 2.
Gurumemberikangambarangsingkattentangmateripadapertemuanmendatang 3.
Salahsatupesertadidikmemimpindoauntukmengakhiripelajaran 4.
Gurumenutuppelajarandenganmengucapkansalamdansiswamenjawabsalam |
3. Pertemuan Ke-3
Kegiatan(Alokasiwaktu) |
Deskripsikegiatan |
Pendahuluan(±15menit) |
1.
Gurumemberisalamdansiswamenjawabsalam 2. Gurumempersilahkansiswauntukberdoasebelummemulaipelajaran. (Berimandanbertaqwakepada TuhanYME) 3. Gurumenyapapesertadidikdanmemeriksakehadiransiswapadajampelajaranhariini 4. Gurumenanyakanpekerjaanrumahkepadasiswa 5. Gurumembahaspekerjaanrumahyangtelahdikerjakansiswa 6. Gurubertanyakepadasiswadalambentukdiskusimelaluipertanyaanpemantik |
Inti(±240menit) |
1.
Pesertadidikmendapatkanpemaparansecaraumumtentangpengetahuanprosesbisnisotomotif 2.
Denganmetodetanya jawabgurumemberikanpertanyaandenganmenunjukpesertadidiksecaraacakmengenai:(BernalarKritis) a.
Potensibisnisbidangotomotifdilingkungansekitar 3.
Gurumemberikangambaranmateripembelajaransecaraumumtentangprofesidankewirausahaan. 4.
Pesertadidikmembuatkelompokdiskusiyangterdiridari3-4orang. |
|
5.
Pesertadidikdiberikankesempatanuntukberdiskusitentang: a.
Potensibisnisbidangotomotifdilingkungansekitar Yangbertujuanagarsiswadapatmemahamidanmenemukanreferensilaindarimateritersebutsecaramandiri.(Mandiri) 6.
Pesertadidikdimintamelaporkanhasilstudinyadankemudianbersama-samadengandibimbingolehgurumendiskusikanhasillaporannyadidepankelas 7.
Untuk Analisis setiap
kelompok menyusun laporan hasil diskusi denganmenghubungkandenganbeberapamateriyangsudahmerekapelajaridipapantulis.(Kreatif) 8.
PesertadidikdimintauntukmengerjakansoalLatihanahirelemen |
Penutup(±15menit) |
1.
Gurumemberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran. 2. Gurumemberikangambarangsingkattentangmateripadapertemuanmendatang 3. Salahsatupesertadidikmemimpindoauntukmengakhiripelajaran 4. Gurumenutuppelajarandenganmengucapkansalamdansiswamenjawabsalam |
C. Materi
Terlampir(Lampiran1)
D. Assesment(Penilaian)
Terlampir(Lampiran2)
E. Remedial
Terlampir(Lampiran3)
LAMPIRAN
Lampiran1
MateriAjar
Bisnis merupakan segala sesuatu usaha kegiatan merubah bentuk, sifat dan tampilan daribarang/benda melalui berbagai cara baik fisika atau kimia, sehingga barang/benda tersebutmempunyai nilai lebih sesuai yang dibutuhkan, pada masa saat ini barang/benda yang diolahuntuk bisnis adalah suatu produk yang dapat berwujud nyata (mempunyai bentuk dimensi) atauhanyaberwujudmaya(bentukdigital).Bisnissangateratkaitanyadenganindustriapalagibidangotomotif.
Industriotomotifmerupakanindustriyangbergerakdenganmemanfaatkanteknologitingkattinggi dalam melakukan proses produksi. Sudah banyak hasil industri produksi yang dihasilkan,contohbarangindustriotomotifadalah sepeda, motor,mobil, dan lain-lain.
PengelolaansumberdayamanusiadikenaldenganistilahManagemenSumberDayaManusia (MSDM)adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranansumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapatdigunakansecaramaksimal sehinggatercapaitujuan bersama.
Sumberdayamanusiamemilikikarakter,sifat,sikapyangberbeda-beda,dalampengelolaanyamenggabungkanbeberapailmusepertipsikologi,sosiologidanlainlain.
Proses bisnis dilakukan oleh perusahaan yangakan melibatkan berbagai perusahaan lainya,Perusahaanadalahorganisasiataubadanusahayangmelakukanproduksidimanatenagakerjadalammelakukan kegiatan dengan menggunakan berbagai peralatan, mesin, dan teknologi lainya untukmendapatkansuatuprodukdanjasamelaluiprosesdantahapan-tahapantertentu.Prosesatautahapan-tahapan tersebut dibuat oleh masing-masing satuan kerja yang sering disebut ProsedurOperaasioanalStandar (POS).
Otomotifidentikdengankendaraanbermotornamunsebenarnyapenggunaanmesinotomotiftidakhanyapadakendaraannamunlebihdariitu,penggunaanmesinotomotifdiantaranya digunakan padasepedamotor,mobil
(kendaraanringan),alatangkutan,alatberatdanalat-alatpertanian.
Saatkaliantertarikuntukterjundiduniabisnis,adabanyakpersiapanyangharusdilakukan.Tidak hanya memikirkan hal-hal teknis seperti produk apa yang akan dijual, ada hal lain yanglebihpenting yaknimelakukan identifikasipeluang bisnis.
Tujuan yang terpenting adalah kesuksesan dari sebuah bisnis yang akan dijalankan. Sehingga,saat Anda memutuskan untuk membuka usaha atau bisnis baru, bisnis tersebut bisa berjalan denganbaiktanpakendala dan bisa mendatangkan kesuksesanbagi pemiliknya
Lampiran2
LEMBARKERJAPESERTADIDIKPENUGASANKELOMPOK
TUGASKELOMPOK
Lakukanpencarianbidangusahadidekatlingkungnkalian,lakukantahapberikutini.
·
Namabidangusaha?
·
Lakukanwawancara denganmenggunakanpertanyaan5W+IH
·
Tentukanalurdari prosesusaha pada bidangtersebut!
NamaUsaha :
PemilikUsaha :
JenisUsaha :
Pertanyaan |
Penjelasan |
·
Apausaha yangdibuat? ·
Apayangmemotivasimembuatusahatersebut? |
|
·
Kenapamembuatjenisusahatersebut? |
|
·
Dimanamemperolehideusahatersebut? |
|
·
Kapanmulaiusahatersebut? |
|
·
Siapasajayangterlibatprosesmembuat usahatersebut? |
|
·
Bagaimanacarastrategidalammembuat usahatersebut? |
|
·
Bagaimanacarastrategidalammembuat usahatersebut? |
|
RUBRIKPENILAIAN
INSTRUMENPENILAIANPROSESDANPRODUK
ASPEK |
BELUMKOMPETEN(0- 6) |
CUKUPKOMPETEN(6- 7) |
KOMPETEN(8- 9) |
SANGATKOMPETEN |
Proses |
Peserta didiktidak |
Peserta didik |
Peserta didik |
Peserta didik |
Wawancara |
mewawancarai |
mewawancarai |
mewawancarai |
mewawancarai |
|
objekobservasi |
objekobservasi |
objekobservasi |
objekobservasi |
|
|
tetapitidakserius |
denganserius. |
denganserius. |
|
|
|
Mendapatkan |
Mendapatkan |
|
|
|
sebagianinformasi |
semuainformasi |
|
|
|
yangdiinginkan |
yangdiinginkan |
Proses |
Peserta didiktidak |
Peserta didik |
Peserta didik |
Pesertadidik |
Presentasi |
Mampu |
Mampu |
mampu |
mampu |
Hasil |
mempresentasikan |
mempresentasikan |
mempresentasikan |
mempresentasikan |
Observasi |
hasilobservasi |
hasilobservasi |
hasilobservasi |
hasilobservasi |
|
|
namun kurang |
dengan sikapyang |
dengan sikapyang |
|
|
dipahamiaudiens |
baikdandipahami |
baik,dipahami |
|
|
|
olehaudiens |
olehaudiens, dan |
|
|
|
|
mampuberdiskusi |
Laporan |
Peserta didiktidak |
Peserta didik |
Peserta didik |
Peserta didik |
Hasil |
menyusun laporan |
mampumenyusun |
mampumenyusun |
mampumenyusun |
Observasi |
hasilobservasi |
laporanhasil |
laporanhasil |
laporanhasil |
|
|
observasinamun |
observasisecara |
observasisecara |
|
|
kuranglengkap |
lengkap |
lengkapdan |
|
|
|
|
memenuhitata |
|
|
|
|
tulispenyusunan |
|
|
|
|
laoran |
ASESMENDIAGNOSTIK
Jenjang/Kelas |
SMK/XOTOMOTIF |
MataPelajaran |
Dasar-DasarOtomotif |
CapaianPembelajaran |
Pada
akhir fase E peserta didik mampu memahami proses
bisnisbidangotomotifsecaramenyeluruhpadaberbagaijenisdanmerkkendaraan,serta pengelolaansumberdayamanusia
dengan memperhatikanpotensidankearifanlokal. |
TujuanPembelajaran |
1. Siswamemahamipengertianbisnis 2. Siswamemahamipengertianprosesbisnis 3. SiswamemahamipengelolaanSumberDayaManusiadalamprosesbisnis 4.
Siswamemahamiprosesbisnisbidangotomotif 5. Siswa
memahami alur proses bisnis manufaktur bidangotomotif 6.
Siswa mengenaljenisdanmerk kendaraanotomotif 7.
Siswamengidentifikasipotensibisnisbidangotomotifdilingkungansekitar |
v
Pertanyaan Assesment diagostik kognitif
1. Dalam
kehidupan sehari-hari kita sering menemui orang yang menjual barang kepada orang
lain, hal tersebut merupakan contoh dari kegiatan apa?
2. Dalam
proses penjualan barang, seorang penjual akan mengharapkan ap?
3. Indonesia
memeiliki tambang batu bara, minyak bumi, panas bumi . Ketiga hal tersebut
merupakan contoh dari?
4. Bob
Sadino pernah berkata, Lutut/lintuhut merupakan modal yang berharga dalam
sebuah usaha, artinya selain modal uang juga diperlukan modal?
5. Sebutkan
beberapa contoh jenis usaha di sekitar anda?
v
Jawaban (kebijaksanaan guru)
v
Analisis assesmen
Jawaban Benar |
Nama Siswa |
Kelompok |
Tindak Lanjut |
0-1 |
|
Belum paham KD Prasyarat |
Memberikan pembelajaran
remidial untuk semua KD prasyarat |
|
|
|
|
2-4 |
|
Paham sebagian paham KD
Prasyarat |
Memberikan pembelajaran
remidial untuk sebgian KD prasyarat yang belum dikuasai saja |
|
|
|
|
|
|
|
|
Benar Semua |
|
Paham utuh paham KD Prasyarat |
Pembelajaran bisa melanjutkan
untuk KD selanjutnya |
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
ASESMENNONKOGNITIF
Informasiyangingindigali |
Pertanyaankunciyanginginditanyakan |
Aktivitaspesertadidikselamabelajardirumah |
1.
Apasajakegiatanmuselamadirumah? 2. Apakah
kamu memiliki waktu untukbelajarketikadirumah? 3. Adakah
hal yang paling menyenangkanbahkan menyedihkan ketika kamu belajardirumah? 4. Apayangmenjadiharapandanmimpimu dimasayangakandatang? |
Aktivitas
peserta didik selama dirumahuntukmendukungminat danbakat |
1.
Apa hobimu? 2. Apakahhobimuberkaitandenganprogramkeahlian
yang kamu pilih? (teknikotomotif) 3. Adakah
fasilitas dirumah yang mampumenunjanghobimu? 4. Apakahkamusenangmerawatsepedamotor/
mobilyangada dirumah? |
C. ASESMENKOGNITIF
WaktuAsesmen : Akhir kegiatan pembelajaranDurasiAsesmen : 15 menit
Identifikasimateriyang akan diujikan |
Pertanyaan |
Kemungkinanjawaban |
Skor(Kategori) |
Rencana tidaklanjut |
SiswamemahamiProsesBisnisBidangOtomotifSesuaiSumberBacaan |
Perusahaan
yangmelakukan produsipadabodikendaraan denganmengacuspesifikasi teknisbentuk
yang ditentukan olehpemegangmerk. Perusahaan
yangdimaksudadalah |
PerusahaanKaroseri |
PahamUtuh |
Pembelajarandapatdilanjutkan
kemateriberikutnya sesuaiATP |
PerusahaanModifikasi |
PahamSebagian |
Pembelajaran dengan
diberikanpendampingan |
||
PerusahaanPerakitan |
TidakPaham |
Pembelajarandengan
diberikanpendampingan, danguru sering untukmenstimulasidengan memberiumpan
balikterhadapmateri yang di ajar |
||
Industri
bidangotomotif dalammemproduksi satuproduk akanmelibatkan banyakperusahaan
antaralain PerusahaanPerbengkelan. Yang
dimaksuddengan PerusahaanPerbengkelanadalah…. |
Perusahaan
yangmelakukanproduksidibidang jasasepertiperawatan,perbaikanpada kendaraan. |
PahamUtuh |
Pembelajarandapatdilanjutkan
kemateri berikutnyasesuaiATP |
|
Melakukanperubahankendaraan
daribodi, mesin danbagian lainyasesuai kebutuhanatau keinginanpasar
denganketentuan pemegangmerk. |
PahamSebagian |
Pembelajarandengan
diberikanpendampingan |
|
|
Perusahaan
yangmelakukanprodusi pada bodikendaraandengan mengacuspesifikasi teknisbentukyang
ditentukanoleh pemegangmerk. |
TidakPaham |
Pembelajarandengan
diberikanpendampingan, danguru sering untukmenstimulasidengan memberiumpan
balikterhadapmateri yang di ajar |
Langkah-langkahapa
sajayang dilakukan |
Alatbantuyangdigunakan |
Persiapandanpelaksanaan 1. Menyusunjadwalpelaksanaan 2. Mengidentifikasi
materi uji yangmewakili keseluruhan materipembelajaran 3. Menyusun
pertanyaan sederhana sesuaikelasnya 4. Asesmendiberikanseluruhpesertadidik. |
LCDdanproyektor |
Tindak lanjut 1. Melakukanpengolahanhasilasesmendanhitung
rata-ratakelas 2. Bagi peserta didik
yang memperolehnilai rata-rata akan mengikutipembelajaranunitberikutnya 3. Bagi peserta didik
yang memperolehnilai dibawah rata-rata akan
memperolehpendampingan/bantuandariguru 4. Bagisiswayangmemperolehnilaidiatas
rata-rata akan memperolehpengayaan dariguru. 5. Ulangi proses
asesmen diagnosis inisesuaidengankebutuhandikelas |
- |
D. ASESMENSUMATIF
No |
Soal |
RubrikJawaban |
Skor |
1 |
Jelaskanperbedaanrevolusiindustry
1.0 dengan 4.0! |
Revolusi
industri 1.0 dimulai sekitar tahun1784ditandaidengandigunakanyamesinuapuntuk
proses pembuatan barangmenggantikantenagamanusiaatauhewan. SedangkanRevolusiIndustri4.0Teknologimanufaktur
sudah menggabungkan antarateknologi otomatisasi dengan teknologipertukaran
data secara jarak jauh atau dikenaldenganInternet OfThings(IoT) dimanakemampuanmesin,peralatan |
40 |
|
|
berbagai
perangkat, sensor dan manusiasaling bekerja sama menciptakan
sisteminformasiberupasalinanduniafisiknyata secaravirtual. |
|
2 |
Bagaimana
tahapan prosesbisnisdaribarangmentah menjadibarangjadi! |
Perencanaan
– Pengembangan – Produksi -Perawatan |
10 |
3 |
Perusahaan
apa saja yangterlibatdalamIndustribidangotomotifdalam memproduksisatuproduk? |
Perusahaan
Pemegang Merk, PerusahaanPerakitan,PerusahaanKaroseri,PerusahaanModifikasi,PerusahaanPerbengkelan, PerusahaanKomponenOtomotif |
10 |
4 |
Banyak
sekali jenis big busyang ada, salah satunya jenisHD (High Deck). Apa
yangkamuketahuitentangjenis bigbustersebut? |
Bus
dengan lantai tinggi dimana dibawahlantai penumpang digunakan untuk
bagasisehinggapenumpangdapatmembawabaranglebihbanyak.Ciri-cirinyalantaipengemudi lebihrendandarilantaipenumpang |
20 |
5 |
Sebutkan
tujuan / fungsimelakukan identifikasi suatubisnis! |
a. Mencegahkerugianatau
kebangkrutanusaha Anda. b. Mengetahuipersainganyangterjadidipasar. c. Mengetahuiprodukataujasanyajikadibutuhkanolehpasarsetempat. d. Mengetahuijikausahanyamemanglayakdijalankan. e. Mengetahui
minat konsumen akanprodukatau jasayangakanditawarkan. f. Mengetahui
berapa lama usaha dapatberjalan. g. Mengetahuirugilabaketikaberbisnis. h. Menetapkan teknik
pemasaran yangtepat. |
20 |
Skormaksimal |
100 |
Nilai=𝑃𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛𝑠𝑘𝑜𝑟
𝑆𝑘𝑜𝑟𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙
×100
Lampiran3
Remidial
1.
Apapengertianbisnis?
2.
Jelaskanalurprosesbisnismanufakturbidangotomotif
3.
Sebutkanjenis-jenismobildanmotorkemudianberikansatucontohperjenis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar