Minggu, 01 Oktober 2023

Modul CP 1 dan 2

 

MODUL / RPP  DASAR-DASAR OTOMOTIF


 

NamaSekolah/TAHUN

SMKN1MUARA UYA / 2023

JenjangSekolah

SMK

Fase/Kelas

E/10

Domain/Topik

ProsesBisnisOtomotif

Kata kunci

BisnisOtomotif

AlokasiWaktu

12

Elemen

Prosesbisnisdibidangotomotif

 

 

 

ProfilPelajarPancasila

Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME : Selalu berdoasebelum dan sesudahpembelajran .

BernalarKritis:Menemukankembalidefinisiprosesbisnisotomotif dari contoh jenis bisnis diindustri sesuai denganpemahamanyangmerekapelajari

Mandiri:Mencarireferensilaindariprosesbisnisotomotif

Kreatif : Menyusun laporan hasil diskusi denganmenghubungkandenganbeberapamateriyangsudahmerekapelajari di kelas.

 

 

SaranaPrasarana

·         Papantulis

·         Kapur/spidol

·         Computer/laptop

·         Jaringaninternet

·         LCDproyektor

 

TargetPesertaDidik

·         Pesertadidikregular/tipikal

·         Hambatanbelajar

·         CerdasIstimewaBerbakatIstimewa

ModaPembelajaran

Luring

ModelPembelajaran

DiscoveryLearning

Bahan Ajar

·         BukuDasar-DasarOtomotif

·         Website

 

 

A.     KomponenInti

Topik

ProsesBisnisBidangOtomotif

 

 

 

 

TujuanPembelajaran

1.      Memahamipengertianbisnis

2.      Memahamipengertianprosesbisnis

3.      MemahamipengelolaanSumberDayaManusiadalamprosesbisnis

4.      Memahamiprosesbisnisbidangotomotif

5.      Memahamialurprosesbisnismanufakturbidangotomotif

6.      Mengenaljenisdanmerkkendaraanotomotif

7.      Mampumengidentifikasipotensibisnisbidangotomotifdilingkungan sekitar

PemahamanBermakna

Siswadapatmemahamiprosesbisnisdibidangotomotif

 

 

PertanyaanPemantik

1.      Apayangkalianketahuitentangbisnis?

2.      Bisnisapayangadadisekitarmu?

3.      Adakahbisnisotomotifdisekitarmu?

4.      Siapasajayangterlibatdalambisnistersebut?

5.      Bagaimanaalurprosesbisnisotomotiftersebut?


B.      UrutanKegiatanPembelajaran

1.      PertemuanKe-1

Kegiatan(Alokasiwaktu)

 

Deskripsikegiatan

Pendahuluan(±15menit)

1.    Gurumemberisalamdansiswamenjawabsalam

2.    Gurumempersilahkansiswauntukberdoasebelummemulaipelajaran.

(BerimandanbertaqwakepadaTuhanYME)

3.    Gurumenyapapesertadidikdanmemeriksakehadiransiswapadajampelajaranhariini.

4.    Gurubertanyakepadasiswadalambentukdiskusimelaluipertanyaanpemantik

Inti(±240menit)

1.              Pesertadidikmendapatkanpemaparansecaraumumtentangpengetahuanprosesbisnisotomotif

2.              Denganmetodetanyajawabgurumemberikanpertanyaandenganmenunjukpesertadidiksecaraacakmengenai:(BernalarKritis)

a.       Pengertianbisnis

b.      Prosesbisnisbidangotomotif

c.       Pengelolaansumberdayamanusiadalamprosesbisnis

3.              Gurumemberikangambaranmateripembelajaransecaraumumtentangprosesbisnisotomotifsecaramenyeluruh.

4.              Pesertadidikmembuatkelompokdiskusiyangterdiridari3-4orang.

5.              Pesertadidikdiberikankesempatanuntukberdiskusitentang:

a.       Pengertianbisnis

b.      Prosesbisnisbidangotomotif

c.       Pengelolaansumberdayamanusiadalamprosesbisnis

Yangbertujuanagarsiswadapatmemahamidanmenemukanreferensilaindarimateritersebutsecaramandiri.(Mandiri)

6.              Peserta didik diminta melaporkan hasil studinya dan kemudian bersama-samadengandibimbingolehgurumendiskusikanhasillaporannyadidepankelas

7.              Untuk Analisis setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusi denganmenghubungkandengan beberapa materi yang sudah mereka pelajari di papantulis.(Kreatif)

8.              PesertadidikdimintauntukmengerjakansoalLatihan

Penutup(±15menit)

1.      Gurumemberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran

2.      Gurumemberikangambarangsingkattentangmateripadapertemuanmendatang

3.      Salahsatupesertadidikmemimpindoauntukmengakhiripelajaran

4.      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam dan siswa menjawabsalam

 

2.      PertemuanKe-2

Kegiatan(Alokasiwaktu)

 

Deskripsikegiatan

Pendahuluan(±15menit)

1.      Gurumemberisalamdansiswamenjawabsalam

2.      Gurumempersilahkansiswauntukberdoasebelummemulaipelajaran.

(Berimandanbertaqwakepada TuhanYME)

3.      Gurumenyapapesertadidikdanmemeriksakehadiransiswapadajampelajaranhariini.

4.      Gurumenanyakanpekerjaanrumah kepadasiswa

5.      Gurumembahaspekerjaanrumahyangtelahdikerjakansiswa


 

6.Gurubertanyakepadasiswadalambentukdiskusimelaluipertanyaanpemantik

Inti(±240menit)

1.              Pesertadidikmendapatkanpemaparansecaraumumtentangpengetahuanprosesbisnisotomotif

2.              Denganmetodetanyajawabgurumemberikanpertanyaandenganmenunjukpesertadidiksecaraacakmengenai:(BernalarKritis)

a.       Prosesbisnisotomotif

b.      Alurprosesmanufakturbidangotomotif

c.       Jenisdanmerkkendaraanotomotif

3.              Gurumemberikangambaranmateripembelajaransecaraumumtentangprosesbisnisotomotifsecaramenyeluruh.

4.              Pesertadidikmembuatkelompokdiskusiyangterdiridari3-4orang.

5.              Pesertadidikdiberikankesempatanuntukberdiskusitentang:

a.       Prosesbisnisotomotif

b.      Alurprosesmanufakturbidangotomotif

c.       Jenisdanmerkkendaraanotomotif

Yangbertujuanagarsiswadapatmemahamidanmenemukanreferensilaindarimateritersebutsecaramandiri.(Mandiri)

6.              Peserta didik diminta melaporkan hasil studinya dan kemudian bersama-samadengandibimbingolehgurumendiskusikanhasillaporannyadidepankelas

7.              Untuk Analisis setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusi denganmenghubungkandenganbeberapamateriyangsudahmerekapelajaridipapantulis.(Kreatif)

8.              PesertadidikdimintauntukmengerjakansoalLatihansebagainilaitugas

Penutup(±15menit)

1.        Gurumemberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran

2.        Gurumemberikangambarangsingkattentangmateripadapertemuanmendatang

3.        Salahsatupesertadidikmemimpindoauntukmengakhiripelajaran

4.        Gurumenutuppelajarandenganmengucapkansalamdansiswamenjawabsalam

 

3.      Pertemuan Ke-3

Kegiatan(Alokasiwaktu)

 

Deskripsikegiatan

Pendahuluan(±15menit)

1.      Gurumemberisalamdansiswamenjawabsalam

2.      Gurumempersilahkansiswauntukberdoasebelummemulaipelajaran.

(Berimandanbertaqwakepada TuhanYME)

3.      Gurumenyapapesertadidikdanmemeriksakehadiransiswapadajampelajaranhariini

4.      Gurumenanyakanpekerjaanrumahkepadasiswa

5.      Gurumembahaspekerjaanrumahyangtelahdikerjakansiswa

6.      Gurubertanyakepadasiswadalambentukdiskusimelaluipertanyaanpemantik

Inti(±240menit)

1.              Pesertadidikmendapatkanpemaparansecaraumumtentangpengetahuanprosesbisnisotomotif

2.              Denganmetodetanya jawabgurumemberikanpertanyaandenganmenunjukpesertadidiksecaraacakmengenai:(BernalarKritis)

a.       Potensibisnisbidangotomotifdilingkungansekitar

3.              Gurumemberikangambaranmateripembelajaransecaraumumtentangprofesidankewirausahaan.

4.              Pesertadidikmembuatkelompokdiskusiyangterdiridari3-4orang.


 

5.              Pesertadidikdiberikankesempatanuntukberdiskusitentang:

a.       Potensibisnisbidangotomotifdilingkungansekitar

Yangbertujuanagarsiswadapatmemahamidanmenemukanreferensilaindarimateritersebutsecaramandiri.(Mandiri)

6.              Pesertadidikdimintamelaporkanhasilstudinyadankemudianbersama-samadengandibimbingolehgurumendiskusikanhasillaporannyadidepankelas

7.              Untuk Analisis setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusi denganmenghubungkandenganbeberapamateriyangsudahmerekapelajaridipapantulis.(Kreatif)

8.              PesertadidikdimintauntukmengerjakansoalLatihanahirelemen

Penutup(±15menit)

1.      Gurumemberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran.

2.      Gurumemberikangambarangsingkattentangmateripadapertemuanmendatang

3.      Salahsatupesertadidikmemimpindoauntukmengakhiripelajaran

4.      Gurumenutuppelajarandenganmengucapkansalamdansiswamenjawabsalam

 

C.     Materi

Terlampir(Lampiran1)

D.     Assesment(Penilaian)

Terlampir(Lampiran2)

E.      Remedial

Terlampir(Lampiran3)


LAMPIRAN

Lampiran1

MateriAjar


 

 

 


     


 

 

 


     


 

 

 


     

 

 

Bisnis merupakan segala sesuatu usaha kegiatan merubah bentuk, sifat dan tampilan daribarang/benda melalui berbagai cara baik fisika atau kimia, sehingga barang/benda tersebutmempunyai nilai lebih sesuai yang dibutuhkan, pada masa saat ini barang/benda yang diolahuntuk bisnis adalah suatu produk yang dapat berwujud nyata (mempunyai bentuk dimensi) atauhanyaberwujudmaya(bentukdigital).Bisnissangateratkaitanyadenganindustriapalagibidangotomotif.

Industriotomotifmerupakanindustriyangbergerakdenganmemanfaatkanteknologitingkattinggi dalam melakukan proses produksi. Sudah banyak hasil industri produksi yang dihasilkan,contohbarangindustriotomotifadalah sepeda, motor,mobil, dan lain-lain.

PengelolaansumberdayamanusiadikenaldenganistilahManagemenSumberDayaManusia (MSDM)adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranansumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapatdigunakansecaramaksimal sehinggatercapaitujuan bersama.

Sumberdayamanusiamemilikikarakter,sifat,sikapyangberbeda-beda,dalampengelolaanyamenggabungkanbeberapailmusepertipsikologi,sosiologidanlainlain.

Proses bisnis dilakukan oleh perusahaan yangakan melibatkan berbagai perusahaan lainya,Perusahaanadalahorganisasiataubadanusahayangmelakukanproduksidimanatenagakerjadalammelakukan kegiatan dengan menggunakan berbagai peralatan, mesin, dan teknologi lainya untukmendapatkansuatuprodukdanjasamelaluiprosesdantahapan-tahapantertentu.Prosesatautahapan-tahapan tersebut dibuat oleh masing-masing satuan kerja yang sering disebut ProsedurOperaasioanalStandar (POS).

Otomotifidentikdengankendaraanbermotornamunsebenarnyapenggunaanmesinotomotiftidakhanyapadakendaraannamunlebihdariitu,penggunaanmesinotomotifdiantaranya digunakan padasepedamotor,mobil

(kendaraanringan),alatangkutan,alatberatdanalat-alatpertanian.

Saatkaliantertarikuntukterjundiduniabisnis,adabanyakpersiapanyangharusdilakukan.Tidak hanya memikirkan hal-hal teknis seperti produk apa yang akan dijual, ada hal lain yanglebihpenting yaknimelakukan identifikasipeluang bisnis.

Tujuan yang terpenting adalah kesuksesan dari sebuah bisnis yang akan dijalankan. Sehingga,saat Anda memutuskan untuk membuka usaha atau bisnis baru, bisnis tersebut bisa berjalan denganbaiktanpakendala dan bisa mendatangkan kesuksesanbagi pemiliknya


Lampiran2

LEMBARKERJAPESERTADIDIKPENUGASANKELOMPOK

 

 

TUGASKELOMPOK

Lakukanpencarianbidangusahadidekatlingkungnkalian,lakukantahapberikutini.

·         Namabidangusaha?

·         Lakukanwawancara denganmenggunakanpertanyaan5W+IH

·         Tentukanalurdari prosesusaha pada bidangtersebut!

 

NamaUsaha                 :

PemilikUsaha              :

JenisUsaha                  :

 

 

 

Pertanyaan

Penjelasan

·         Apausaha yangdibuat?

·         Apayangmemotivasimembuatusahatersebut?

 

·         Kenapamembuatjenisusahatersebut?

 

·         Dimanamemperolehideusahatersebut?

 

·         Kapanmulaiusahatersebut?

 

·         Siapasajayangterlibatprosesmembuat

usahatersebut?

 

·         Bagaimanacarastrategidalammembuat

usahatersebut?

 

·         Bagaimanacarastrategidalammembuat

usahatersebut?

 


 

RUBRIKPENILAIAN

INSTRUMENPENILAIANPROSESDANPRODUK

 

 

 

ASPEK

BELUMKOMPETEN(0-

6)

CUKUPKOMPETEN(6-

7)

KOMPETEN(8-

9)

SANGATKOMPETEN

Proses

Peserta didiktidak

Peserta didik

Peserta didik

Peserta didik

Wawancara

mewawancarai

mewawancarai

mewawancarai

mewawancarai

 

objekobservasi

objekobservasi

objekobservasi

objekobservasi

 

 

tetapitidakserius

denganserius.

denganserius.

 

 

 

Mendapatkan

Mendapatkan

 

 

 

sebagianinformasi

semuainformasi

 

 

 

yangdiinginkan

yangdiinginkan

Proses

Peserta didiktidak

Peserta didik

Peserta didik

Pesertadidik

Presentasi

Mampu

Mampu

mampu

mampu

Hasil

mempresentasikan

mempresentasikan

mempresentasikan

mempresentasikan

Observasi

hasilobservasi

hasilobservasi

hasilobservasi

hasilobservasi

 

 

namun kurang

dengan sikapyang

dengan sikapyang

 

 

dipahamiaudiens

baikdandipahami

baik,dipahami

 

 

 

olehaudiens

olehaudiens, dan

 

 

 

 

mampuberdiskusi

Laporan

Peserta didiktidak

Peserta didik

Peserta didik

Peserta didik

Hasil

menyusun laporan

mampumenyusun

mampumenyusun

mampumenyusun

Observasi

hasilobservasi

laporanhasil

laporanhasil

laporanhasil

 

 

observasinamun

observasisecara

observasisecara

 

 

kuranglengkap

lengkap

lengkapdan

 

 

 

 

memenuhitata

 

 

 

 

tulispenyusunan

 

 

 

 

laoran


ASESMENDIAGNOSTIK

 

 

Jenjang/Kelas

SMK/XOTOMOTIF

MataPelajaran

Dasar-DasarOtomotif

CapaianPembelajaran

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami proses bisnisbidangotomotifsecaramenyeluruhpadaberbagaijenisdanmerkkendaraan,serta pengelolaansumberdayamanusia dengan

memperhatikanpotensidankearifanlokal.

TujuanPembelajaran

1.      Siswamemahamipengertianbisnis

2.      Siswamemahamipengertianprosesbisnis

3.      SiswamemahamipengelolaanSumberDayaManusiadalamprosesbisnis

4.      Siswamemahamiprosesbisnisbidangotomotif

5.      Siswa memahami alur proses bisnis manufaktur bidangotomotif

6.      Siswa mengenaljenisdanmerk kendaraanotomotif

7.      Siswamengidentifikasipotensibisnisbidangotomotifdilingkungansekitar

v  Pertanyaan Assesment diagostik kognitif

1.      Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemui orang yang menjual barang kepada orang lain, hal tersebut merupakan contoh dari kegiatan apa?

2.      Dalam proses penjualan barang, seorang penjual akan mengharapkan ap?

3.      Indonesia memeiliki tambang batu bara, minyak bumi, panas bumi . Ketiga hal tersebut merupakan contoh dari?

4.      Bob Sadino pernah berkata, Lutut/lintuhut merupakan modal yang berharga dalam sebuah usaha, artinya selain modal uang juga diperlukan modal?

5.      Sebutkan beberapa contoh jenis usaha di sekitar anda?

v  Jawaban (kebijaksanaan guru)

v  Analisis assesmen

Jawaban Benar

Nama Siswa

Kelompok

Tindak Lanjut

0-1

 

Belum paham KD Prasyarat

Memberikan pembelajaran remidial untuk semua KD prasyarat

 

 

 

 

2-4

 

Paham sebagian paham KD Prasyarat

Memberikan pembelajaran remidial untuk sebgian KD prasyarat yang belum dikuasai saja

 

 

 

 

 

 

 

 

Benar Semua

 

Paham utuh paham KD Prasyarat

Pembelajaran bisa melanjutkan untuk KD selanjutnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


B.      ASESMENNONKOGNITIF

Informasiyangingindigali

Pertanyaankunciyanginginditanyakan

Aktivitaspesertadidikselamabelajardirumah

1.      Apasajakegiatanmuselamadirumah?

2.      Apakah kamu memiliki waktu untukbelajarketikadirumah?

3.      Adakah hal yang paling menyenangkanbahkan menyedihkan ketika kamu belajardirumah?

4.      Apayangmenjadiharapandanmimpimu

dimasayangakandatang?

Aktivitas peserta didik selama dirumahuntukmendukungminat danbakat

1.      Apa hobimu?

2.      Apakahhobimuberkaitandenganprogramkeahlian yang kamu pilih? (teknikotomotif)

3.      Adakah fasilitas dirumah yang mampumenunjanghobimu?

4.      Apakahkamusenangmerawatsepedamotor/ mobilyangada dirumah?

 

 

Langkah-langkahapasajayangingindilakukan

Alat bantu apa saja yang ingindigunakan

Persiapan

1.    Menyiapkanpanduanpertanyaan

2.    Menyusunpertanyaankunci

GoogleForm

Pelaksaan

1.    Siswamengisitautanyangsudahdibagikanoleh guru

2.    Memberi waktu peserta didik untukmenjawabpertanyaan

3.    Siswamembantusiswalainnyayangmerasakesulitanuntukmemahamipertanyaan

4.    Memberikan penguatan dan umpan balikterhadap siswa yang sudah menjawabpertanyaan

-

Tindak Lanjut

1.      Analisahasiljawabanpesertadidik

2.      Menentukantindaklanjutatautreatmentuntuk membantu siswa, danmengkomunikasikan dengan siswa sertaorangtuabiladiperlukan

3.      Lakukan asesmen diagnostik non kognitifsecara berkala sesuai kebutuhan

-


C.     ASESMENKOGNITIF

WaktuAsesmen      : Akhir kegiatan pembelajaranDurasiAsesmen      : 15 menit

Identifikasimateriyang

akan diujikan

Pertanyaan

Kemungkinanjawaban

Skor(Kategori)

Rencana tidaklanjut

SiswamemahamiProsesBisnisBidangOtomotifSesuaiSumberBacaan

Perusahaan yangmelakukan produsipadabodikendaraan denganmengacuspesifikasi teknisbentuk yang ditentukan olehpemegangmerk.

Perusahaan yangdimaksudadalah

PerusahaanKaroseri

PahamUtuh

Pembelajarandapatdilanjutkan kemateriberikutnya

sesuaiATP

PerusahaanModifikasi

PahamSebagian

Pembelajaran

dengan diberikanpendampingan

PerusahaanPerakitan

TidakPaham

Pembelajarandengan diberikanpendampingan, danguru sering untukmenstimulasidengan memberiumpan balikterhadapmateri

yang di ajar

Industri bidangotomotif dalammemproduksi satuproduk akanmelibatkan banyakperusahaan antaralain PerusahaanPerbengkelan.

Yang dimaksuddengan PerusahaanPerbengkelanadalah….

Perusahaan yangmelakukanproduksidibidang jasasepertiperawatan,perbaikanpada

kendaraan.

PahamUtuh

Pembelajarandapatdilanjutkan kemateri berikutnyasesuaiATP

Melakukanperubahankendaraan daribodi, mesin danbagian lainyasesuai kebutuhanatau keinginanpasar denganketentuan

pemegangmerk.

PahamSebagian

Pembelajarandengan diberikanpendampingan


 

 

Perusahaan yangmelakukanprodusi pada bodikendaraandengan mengacuspesifikasi teknisbentukyang ditentukanoleh

pemegangmerk.

TidakPaham

Pembelajarandengan diberikanpendampingan, danguru sering untukmenstimulasidengan memberiumpan balikterhadapmateri

yang di ajar

 

 

Langkah-langkahapa sajayang dilakukan

Alatbantuyangdigunakan

Persiapandanpelaksanaan

1.      Menyusunjadwalpelaksanaan

2.      Mengidentifikasi materi uji yangmewakili keseluruhan materipembelajaran

3.      Menyusun pertanyaan sederhana sesuaikelasnya

4.      Asesmendiberikanseluruhpesertadidik.

LCDdanproyektor

Tindak lanjut

1.      Melakukanpengolahanhasilasesmendanhitung rata-ratakelas

2.      Bagi peserta didik yang memperolehnilai rata-rata akan mengikutipembelajaranunitberikutnya

3.      Bagi peserta didik yang memperolehnilai dibawah rata-rata akan memperolehpendampingan/bantuandariguru

4.      Bagisiswayangmemperolehnilaidiatas rata-rata akan memperolehpengayaan dariguru.

5.      Ulangi proses asesmen diagnosis inisesuaidengankebutuhandikelas

-

 

D.     ASESMENSUMATIF

No

Soal

RubrikJawaban

Skor

1

Jelaskanperbedaanrevolusiindustry 1.0 dengan 4.0!

Revolusi industri 1.0 dimulai sekitar tahun1784ditandaidengandigunakanyamesinuapuntuk proses pembuatan barangmenggantikantenagamanusiaatauhewan.

SedangkanRevolusiIndustri4.0Teknologimanufaktur sudah menggabungkan antarateknologi otomatisasi dengan teknologipertukaran data secara jarak jauh atau dikenaldenganInternet OfThings(IoT)

dimanakemampuanmesin,peralatan

40


 

 

berbagai perangkat, sensor dan manusiasaling bekerja sama menciptakan sisteminformasiberupasalinanduniafisiknyata

secaravirtual.

 

2

Bagaimana tahapan prosesbisnisdaribarangmentah

menjadibarangjadi!

Perencanaan – Pengembangan – Produksi -Perawatan

10

3

Perusahaan apa saja yangterlibatdalamIndustribidangotomotifdalam

memproduksisatuproduk?

Perusahaan Pemegang Merk, PerusahaanPerakitan,PerusahaanKaroseri,PerusahaanModifikasi,PerusahaanPerbengkelan,

PerusahaanKomponenOtomotif

10

4

Banyak sekali jenis big busyang ada, salah satunya jenisHD (High Deck). Apa yangkamuketahuitentangjenis

bigbustersebut?

Bus dengan lantai tinggi dimana dibawahlantai penumpang digunakan untuk bagasisehinggapenumpangdapatmembawabaranglebihbanyak.Ciri-cirinyalantaipengemudi

lebihrendandarilantaipenumpang

20

5

Sebutkan tujuan / fungsimelakukan identifikasi suatubisnis!

a.       Mencegahkerugianatau kebangkrutanusaha Anda.

b.      Mengetahuipersainganyangterjadidipasar.

c.       Mengetahuiprodukataujasanyajikadibutuhkanolehpasarsetempat.

d.      Mengetahuijikausahanyamemanglayakdijalankan.

e.       Mengetahui minat konsumen akanprodukatau jasayangakanditawarkan.

f.       Mengetahui berapa lama usaha dapatberjalan.

g.      Mengetahuirugilabaketikaberbisnis.

h.      Menetapkan teknik pemasaran yangtepat.

20

Skormaksimal

100

 


Nilai=𝑃𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛𝑠𝑘𝑜𝑟

𝑆𝑘𝑜𝑟𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙


×100


Lampiran3

Remidial

1.      Apapengertianbisnis?

2.      Jelaskanalurprosesbisnismanufakturbidangotomotif

3.      Sebutkanjenis-jenismobildanmotorkemudianberikansatucontohperjenis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar