Senin, 23 Oktober 2023

AKSI NYATA KURUKULUM MERDEKA TOPIK 1

 

KEGIATAN PENYEBARAN PEMAHAMAN MENGAPA PERLU ADANYA PERUBAHAN KURIKULUM DARI KURIKULUM 2013-REV KE KURIKULUM MERDEKA

Oleh: Wahid Nurmawan,S.Pd

 

A.    Sasaran

Sasaran dari kegiatan ini adalah peserta didik kelas X TKRO 1 SMKN 1 Muara Uya. Sasaran dari kegiatan ini dipilih peserta didik kelas X TKRO 1 SMKN 1 Muara Uya  karena untuk sasaran Guru dan Kepala Sekolah sudah banyak dilaksanakan oleh teman sejawat yang memang sedang melaksanakan kegiatan di aplikasi Merdeka Mengajar sehingga saya memilih peserta didik sebagai sasaran dari kegiatan ini. Alasan lainnya adalah pada waktu mengajar ada peserta didik yang menyeletuk masalah kurikulum yang selalu berubah sambil ng kurikulum merdeka sehingga perlu di jadikan sasaran dari kegiatan penyebaran pemahaman tentang kurikulum yang berubah dari Kurikulum 2013-Rev Ke Kurikulum Merdeka.

 

B.    Dasar Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini dilaksankan sebagai salah satu tahapan dalam kegiatan Pelatihan Kurikulum Merdeka pada aplikasi Merdeka Mengajar untuk memenuhi Pelatihan Kurikulum Merdeka pada aplikasi Merdeka Mengajar.

C.    Materi Perubahan Kurikulum dari Kurikulum 2013-Rev Ke Kurikulum Merdeka

1.     Makna Kurikulum Dalam Pendidikan

a.      Makna Kurikulum

Istilah kurikulum yang dikatakan sebagai rencana pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dari masa ke masa mengalami pembaharuan yang progress. Kurikulum mengalami istilah pembaharuan dikarenakan sifat dari kurikulum itu sendiri dinamis, yaitu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Jika penulis lihat dari istilah yang ada, maka kurikulum mengalami kemajuan yang pesat. Perhatikan ketika sebelum tahun 1968, awalnya masyarakat di Indonesia tidak mengenal istilah kurikulum yang dikatakan sebagai rencana pengajaran, kemudianmasyarakat sudah mengenal istilah kurikulum, sebelum nya hanya dikenal dengan istilah rencana pengajaran, kemudian dilanjutkan pada pengertian bahwasanya kurikulum hanya untuk mendapatkan ijazah saja, lanjut lagi pada pengertian kurikulum yang hanya memfokuskan pada aspek keilmuan, kurikulum menghasilkan tujuan pendidikan dan sampai detikini istilah kurikulum memuat makna yang lebih luas terkait pengertian, metode ajar, batas ajar, alokasi, tujuan hingga pencapaian target baik di dalam sampai di luar sekolah.(Sumber: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol 15 No. 1 (Mei 2020) E-ISSN : 2686-2387 P-ISSN : 1907-8285)

 

b.     Perubahan Kurikulum

Perubahan kurikulum sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan tetap relevan dengan tuntutan zaman. Kurikulum harus mengikuti kodrat alam dan kodrat zaman, serta memperhatikan keberagaman dan inklusivitas dalam proses belajar mengajar. Kurikulum Merdeka menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kekurangan kurikulum sebelumnya dan memenuhi kebutuhan zaman yang semakin kompleks.(Sumber : https://www.sman4muarojambi.sch.id/blog/mengapa-kurikulum-perlu-berubah/#:~:text=Dalam%20kesimpulannya%2C%20perubahan%20kurikulum%20sangat,inklusivitas%20dalam%20proses%20belajar%20mengajar.)

 

c.      Adaptasi kurikulum

Kurikulum harus mampu beradaptasi dengan keadaan Sekolah dan lingkungan yang berbeda-beda serta kondisi warga Sekolah yang berbeda-beda. Kurikulum tiap Sekolah bisa berbeda-beda sehingga sekolah bisa memuat kurikulum dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

 

2.     Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka

Pembelajaran pada kurikulum merdeka  berpijak pada Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang telah disusun oleh masing-masing Sekolah dan juga Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dapat dirubah sesuai dengan keadaan zaman.

 

D.    Dokumentasi

1.     Materi (dalam bentuk Power Point)

 

 

 

2.     Foto-Foto Kegiatan

 

 

3.     Lembar Kerja Peserta Didik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar