KEGIATAN
PENYEBARAN PEMAHAMAN MENGAPA PERLU ADANYA PERUBAHAN KURIKULUM DARI KURIKULUM
2013-REV KE KURIKULUM MERDEKA
Oleh:
Wahid Nurmawan,S.Pd
A.
Sasaran
Sasaran
dari kegiatan ini adalah peserta didik kelas X TKRO 1 SMKN 1 Muara Uya. Sasaran
dari kegiatan ini dipilih peserta didik kelas X TKRO 1 SMKN 1 Muara Uya karena untuk sasaran Guru dan Kepala Sekolah
sudah banyak dilaksanakan oleh teman sejawat yang memang sedang melaksanakan
kegiatan di aplikasi Merdeka Mengajar sehingga saya memilih peserta didik
sebagai sasaran dari kegiatan ini. Alasan lainnya adalah pada waktu mengajar
ada peserta didik yang menyeletuk masalah kurikulum yang selalu berubah sambil
ng kurikulum merdeka sehingga perlu di jadikan sasaran dari kegiatan penyebaran
pemahaman tentang kurikulum yang berubah dari Kurikulum 2013-Rev Ke Kurikulum
Merdeka.
B.
Dasar Pelaksanaan
Kegiatan
Kegiatan
ini dilaksankan sebagai salah satu tahapan dalam kegiatan Pelatihan Kurikulum
Merdeka pada aplikasi Merdeka Mengajar untuk memenuhi Pelatihan Kurikulum
Merdeka pada aplikasi Merdeka Mengajar.
C.
Materi Perubahan
Kurikulum dari Kurikulum 2013-Rev Ke Kurikulum Merdeka
1. Makna
Kurikulum Dalam Pendidikan
a. Makna
Kurikulum
Istilah kurikulum yang dikatakan
sebagai rencana pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dari masa ke masa
mengalami pembaharuan yang progress. Kurikulum mengalami istilah pembaharuan
dikarenakan sifat dari kurikulum itu sendiri dinamis, yaitu mengikuti
perkembangan zaman dan teknologi. Jika penulis lihat dari istilah yang ada,
maka kurikulum mengalami kemajuan yang pesat. Perhatikan ketika sebelum tahun
1968, awalnya masyarakat di Indonesia tidak mengenal istilah kurikulum yang
dikatakan sebagai rencana pengajaran, kemudianmasyarakat sudah mengenal istilah
kurikulum, sebelum nya hanya dikenal dengan istilah rencana pengajaran,
kemudian dilanjutkan pada pengertian bahwasanya kurikulum hanya untuk
mendapatkan ijazah saja, lanjut lagi pada pengertian kurikulum yang hanya
memfokuskan pada aspek keilmuan, kurikulum menghasilkan tujuan pendidikan dan
sampai detikini istilah kurikulum memuat makna yang lebih luas terkait
pengertian, metode ajar, batas ajar, alokasi, tujuan hingga pencapaian target
baik di dalam sampai di luar sekolah.(Sumber: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol 15 No. 1 (Mei 2020) E-ISSN : 2686-2387 P-ISSN : 1907-8285)
b. Perubahan
Kurikulum
Perubahan kurikulum sangat penting dilakukan untuk memastikan
bahwa pendidikan yang diberikan tetap relevan dengan tuntutan zaman. Kurikulum
harus mengikuti kodrat alam dan kodrat zaman, serta memperhatikan keberagaman
dan inklusivitas dalam proses belajar mengajar. Kurikulum Merdeka menjadi
solusi yang tepat untuk mengatasi kekurangan kurikulum sebelumnya dan memenuhi
kebutuhan zaman yang semakin kompleks.(Sumber : https://www.sman4muarojambi.sch.id/blog/mengapa-kurikulum-perlu-berubah/#:~:text=Dalam%20kesimpulannya%2C%20perubahan%20kurikulum%20sangat,inklusivitas%20dalam%20proses%20belajar%20mengajar.)
c. Adaptasi
kurikulum
Kurikulum harus mampu beradaptasi
dengan keadaan Sekolah dan lingkungan yang berbeda-beda serta kondisi warga
Sekolah yang berbeda-beda. Kurikulum tiap Sekolah bisa berbeda-beda sehingga
sekolah bisa memuat kurikulum dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
(KOSP).
2. Pembelajaran
Versi Kurikulum Merdeka
Pembelajaran pada kurikulum
merdeka berpijak pada Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang telah disusun oleh masing-masing
Sekolah dan juga Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dapat dirubah
sesuai dengan keadaan zaman.
D.
Dokumentasi
1. Materi
(dalam bentuk Power Point)
2. Foto-Foto
Kegiatan
3. Lembar
Kerja Peserta Didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar