LEMBAR PENGESAHAN
Setelah membaca, dan memperhatikan paparan dalamBuku
Pedoman Guru Tahun Kerja 2023/2024:
Nama :
Wahid Nurmawan,S.Pd
NIP. :
19870601 201402 1 004
Satuan Kerja :
SMKN 1 Muara Uya
Tugas Utama :
Guru Mata Pelajaran Produktif
Tugas Tambahan :
Wakasek Bag. Sarpras
maka saya menyatakan bahwa buku ini memenuhi kelayakan dan dinyatakan
sah untuk diberlakukan sebagai pedoman kegiatan guru di SMKN 1 Muara
Uya selama 1 Tahun kedepan.
Muara Uya,
Juli 2023
Kepala SMKN 1 Muara Uya
Rita Herlina,S.P,M.Pd
NIP. 196812272005012007
KATA PENGANTAR
Pujisyukuralhamdulillaah,BukuPedomanGuruTahunKerja2023/2024initelahselesai.
Buku Pedoman Guru ini saya tulis untuk memberi pedoman bagi sayadalammenjalankantugasselamasatutahunkerja2023/2024.Apabilaadasituasi dan kondisi yang tak terelakkan tentu saya akan mengambil sikap yangsesuai dengan peraturan yang ada dan berkoordinasi dengan Kepala Sekolahsertamitrasejawat.
Untuk itu saya sampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada KepalaSekolah dan bapak ibu mitra sejawat atas segala budi baik dan kerjasamanyabaikketikamenyusunbukuinimaupaundalammelaksanakantugasselamamasakerja2023/2024 ini.
Juga saya sampaikan ribuan terimakasih kepada siapa pun yang telahberkenanmemberidukungandalampenyelesaian buku ini.
Tiadagadingyangtakretak.Sayamenyadaribahwabukuinibelumsempurna.Olehkarenanya,sayaberharapadasarandankritikyangmembangundemiperbaikanbukuini.
Terimakasih.
Muara Uya, 18 Juli 2023Penulis
DAFTARISI
HALAMANJUDUL................................................................................................................ i
LEMBARPENGESAHAN KEPALASEKOLAH...................................................ii
KATA PENGANTAR..................................................................................iii
BABI PENDAHULUAN....... ....... .................. . 1
C. ManfaatPembuatanRencanaKerjaTahunan Guru..... . 1
D. RingkasanTarget Kerja YangDiharapkan....................................... 2
BABII PEMBAHASANRENCANAKERJAGURU .................. 3
A. RencanaKerjaPengembanganPembelajaranBagiPesertaDidik.. 3
B. Rencanapengembangan profesi bagiguru.................................... 3
C. Penjelasan Ringkasan Target Yang Diharapkan Dalam SatuTahunKerja 4
DAFTARPUSTAKA..... ........... ... ........... ..... .... 16
iv
DAFTARLAMPIRAN
No. |
Keterangan |
Hal. |
1 |
KalenderPendidikanTahunPelajaran2023/2024 |
7 |
2 |
FormatRincianPekanEfektif |
8 |
3 |
FormatPemetaanKompetensi Dasar |
9 |
4 |
FormatProgramTahunan |
9 |
5 |
FormatProgramSemester |
9 |
6 |
FormatSilabusYangDikembangkan |
9 |
7 |
FormatRencanaPelaksanaanPembelajaran |
10 |
8 |
FormatKriteriaKetuntasanMinimal |
11 |
9 |
FormatAgenda-JurnalMengajar |
11 |
10 |
FormatDaftarHadir Siswa |
11 |
11 |
FormatKisi-KisiPenulisanSoal
PadaTesTulis |
11 |
12 |
FormatInstrumenPenilaianTulis |
12 |
13 |
FormatInstrumenNilai
Lisan/Praktik |
12 |
14 |
FormatDaftarNilaiTulisDan Lisan |
13 |
15 |
FormatInstrumenPenilaianTugas,Project,
DanPraktik |
13 |
16 |
FormatRekapitulasiHasilPenilaian |
13 |
17 |
FormatAnalisisHasilPenilaian(Tulis) |
13 |
18 |
FormatMatriksProgram WaliKelas |
14 |
19 |
FormatKegiatanPembinaanAnakWaliKelas |
14 |
20 |
FormatBuku Kunjungan KeRumah
Siswa |
14 |
21 |
FormatLaporanHasilBelajar(PTS) |
15 |
v
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Buku Pedoman Guru adalah salah satu jenis Publikasi Ilmiah (PI) bagi guruyang meiliki angka kredit 1,5. Ini diatur dalam Buku 4 Pedoman KegiatanPengembanganKeprofesianBerkelanjutan(PKB)olehDirjenGTKtahun2019.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)adalah salah satu unsurutamadalamkenaikanpangkatdanpengembangankarirguru,sesuaidenganPeraturanMenteriNegaraPemberdayaanAparaturNegaraDanReformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional DanAngkaKreditnya.
B. Tujuan
Tujuan penulisan Buku Pedoman Guru Tahun Kerja 2023/2024 ini adalahuntuk menetapkan arah dan target kinerja guru dalam satu tahun. Ini sangatpentingdilakukankarenadalamkerjaprofesigurudituntutbisamelaksanakan dan menyelesaikan tugas sesuai aturan yang berlaku dengantepat sasaran,dantepatwaktu.
C. ManfaatPembuatanRencanaKerjaTahunan Guru
Ada beberapa manfaat terkait buku ini, baik itu bagi guru, kepala Sekolah,maupun pengawas.
1. Bagiguru bukuini bermanfaatsebagai:
a.
Pedoman pelaksanaan tugas baik itu
tugas utama, tambahan, maupunproduktifitas;
b. Salah satu karya Publikasi Ilmiah (PI) untuk diajukan dalam usulankenaikanpangkat;
2. BagikepalaSekolahbukuinibermanfaatsebagaiacuanpenilaiankinerjagurumaupunpelaksanaansupervisiperangkatdansupervisimakademik;
3. BagipengawasbukuinibermanfaatsebagaiacuanpenilaiankinerjagurudankepalaSekolah, maupun pelaksanaan supervisidiSekolah.
D. Ringkasan TargetKerjaYangDiharapkan
Secara global target kerja yang diharapkan bisa terlaksanadalam tahunkerja2023/2024iniada5kegiatansebagaimanadalamkegiatantugaspokokjabatan,yaitu:
1. Melaksanakanprosespembelajaran;
2. Melaksanakantugas lainyang relevan denganfungsiSekolah;
3. MelaksanakanPengembanganKeprofesianBerkelanjutan(PKB);
4. Melaksanakankegiatanpenunjang tugasguru;
5. Melaksanakantugastambahandan kreativitas.
BAB II
PEMBAHASANRENCANA KERJAGURU
A. RencanaKerjaPengembangan PembelajaranBagiPesertaDidik
Rencanapengembangan pembelajaraninimencakup 2 unsur,yaitu:
1. TugasUtama(melaksanakanprosespembelajaran),yaitu:
1.1 Melaksanakanpenyusunanprogram pengajaran, meliputi:
Perangkatpembelajaran,meliputi:kalenderpendidikan,rincianpekanefektif,pemetaankompetensidasar,programtahunan,programsemester,silabusyangdikembangkan,rencanapelaksanaanpembelajaran(RPP),kriteriaketuntasanminimal(kkm), jurnal mengajar,daftar hadirsiswa;
1.2 Melaksanakanpenyajianprogram pengajaran;
1.3 Melaksanakan evaluasi belajar, menyiapkan perangak penilaibaiktestulis,lisan,penugasan,proyek,praktikmeliputi:
Kisi-kisi penyusunan soal, naskah soal, kunci jawaban, pedomanpenilaian, rekapitulasihasilpenilaian;
1.4 Membuat analisis hasil evaluasi; meliputi: hasil penilaian; analisishasilpenilaian;
1.5 Menyusundan melaksanakanprogramperbaikandanperbaikan.
2. Tugas tambahan (melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsisekolah):
2.1 Wakasek bid. Sarana dan Prasarana
B. RencanaPengembanganProfesiBagi Guru
Rencanapengembaganprofesi bagiguruini yaitu:
1. Melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yangmencakupkegiatan:
1.1 Melaksanakan kegiatan pengembangan diri: MGMP, seminar,workshop, diklat,;
1.2 Melaksanakan publikasi ilmiah: penyusunan buku pedoman guru,bahanajar,modul;
1.3 Melaksanakankaryainovatif;buku
2. Melaksanakankegiatanpenunjangtugasguru:
2.1 Menjaditimpenilaikinerjaguru;
2.2 Menjaditutor.
3. Melaksanakantugastambahan dankreativitas.
C. Penjelasan Ringkasan Target Yang Diharapkan Dalam Satu TahunKerja
Penjelasan tentang nama kegiatan dan target penyelesaian di jabarkandalam matrikberikut:
No. |
Kegiatan |
TargetpenyelesaianJuli2020sampaiJuni2021dibulan.. |
Keterangan |
|||||||||||
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|||
A |
RencanaKerjaPengembanganPembelajaranBagiPesertaDidik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
TugasUtama(melaksanakanprosespembelajaran),meliputi: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 MelaksanakanPenyusunanProgramPengajaran |
ü |
ü |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 MelaksanakanPenyajianProgramPengajaran |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Sesuaijadwal |
|
1.3 MelaksanakanEvaluasiBelajar |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
SesuaiPromes |
|
1.4 MembuatAnalisisHasilEvaluasi |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
SesuaiPromes |
|
1.5 MenyusundanmelaksanakanProgramPerbaikan |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
SesuaiPromes |
2 |
Tugastambahan(melaksanakantugaslainyangrelevandenganfungsisekolah): |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Wakasek bid. Sarana dan prasarana |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Sesuaiprogram |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B |
RencanaPengembanganProfesiBagiGuru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
MelaksanakanPengembanganKeprofesianBerkelanjutan(PKB) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 MelaksanakanKegiatanPengembanganDiri |
|
|
|
|
ü |
|
|
|
|
|
|
|
Perkegiatan |
|
1.2 MelaksanakanPublikasiIlmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 MelaksanakanKaryaInovatif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
MelaksanakanKegiatanPenunjangTugasGuru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 MenjadiTimPenilaiKinerjaGuru |
|
|
|
ü |
|
|
|
|
|
|
|
|
SesuaiSuratTugasDanJadwal |
|
2.2 MenjadiTutor |
|
|
|
|
|
|
ü |
|
|
|
|
|
PerKegiatan |
3 |
MelaksanakanTugasTambahanDanKreatifitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 TugasTambahan |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Insidental |
|
3.2 Kreativitas |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Insidental |
BAB IIIPENUTUP
Persiapanitusangatpentingdalamsegalabentukkegiatanagarbisaberjalanterarahdansesuaikeinginan.BukuPedomaninijugamerupakanpersiapangurudalammelaksanakantugasnyaselama kurunwaktu1tahun.
Denganmengacupadabuku4PedomanPengembanganKeprofesianBerkelanjutan dan Angka Kreditnya, diharapkan guru bisa menjalani karirnyasecara terarah.
Semogamanfaat bukuini bukanhanyauntuk penulis,tetapijugauntuk khalayakdansiapa pun yangmembutuhkan.
1.
KalenderPendidikanTahunPelajaran2023/2024
2. FormatRincianPekanEfektif
Mata Pelajaran : PemeliharaanMesinKendaraanRingan
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 MuaraUya
Kelas/Semester : XI
/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2023/2024
PERHITUNGAN
MINGGU/JAM EFEKTIF
A.
PERHITUNGAN
JAM EFEKTIF
I. Jumlah
Minggu : II. Jumlah Minggu Tidak Efektif :
No |
Bulan |
Jml.
Minggu |
|
Bulan |
Kegiatan |
Jml.
Minggu |
1 |
Juli |
2 |
|
Juli |
Kegiatan
Awal Masuk Sekolah |
1 |
2 |
Agustus |
4 |
|
September |
PTS |
1 |
3 |
Sepetember |
5 |
|
Desember |
UlanganAkhir Semester |
1 |
4 |
Oktober |
4 |
|
Desember |
Bagirapot |
1 |
5 |
November |
5 |
|
Desember |
Libur
Semester |
1 |
6 |
Desember |
|
|
|
|
|
Jumlah |
20 |
|
Jumlah |
5 |
III. Banyaknya
Minggu Efektif :
26 – 6 = 20 Minggu
IV Banyaknya
Jam Pelajaran :
20 Minggu x 8 Jam Pelajaran = 160 Jam Pelajaran
B.
DISTRIBUSI
ALOKASI WAKTU
No |
Materi
Pokok / Kompetensi Dasar |
Alokasi
Waktu |
1 |
3.1.
Menerapkan cara perawatan sistem utama Engine
dan mekanisme katup |
32 JP |
2 |
3.2. Menerapkan cara perawatan
sistem pelumasan |
16 JP |
3 |
3.3. Menerapkan cara perawatan
sistem pendinginan |
16 JP |
4 |
3.4. Menerapkan cara perawatan
sistem bahan bakar bensin
konvensional/karburator |
32 JP |
5 |
3.5. Menerapkan cara perawatan
sistem bahan bakar bensin injeksi (Electronic
Fuel Injection/EFI) |
32 JP |
Jumlah
Jam Cadangan |
0 JP |
Banyaknya Jam Pelajaran :20 Minggu x 8 Jam Pelajaran = 160 Jam Pelajaran
Jumlah Jam Cadangan : 0 Jam Pelajaran
Jumlah Jam Pelajaran Efektif : 160 Jam Pelajaran - 0 Jam Pelajaran
: 160 Jam Pelajaran
Tabalong,
Juli 2023
Guru
Mata Pelajaran,
Wahid
Nurmawan,S.Pd
NIP.
19870601 201402 1 004
ANALISIS
ALOKASI WAKTU
Mata Pelajaran : Dasar Otomotif
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 MuaraUya
Kelas/Semester : X
/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2023/2024
PERHITUNGAN
MINGGU/JAM EFEKTIF
C.
PERHITUNGAN
JAM EFEKTIF
I. Jumlah
Minggu : II. Jumlah Minggu Tidak Efektif :
No |
Bulan |
Jml.
Minggu |
|
Bulan |
Kegiatan |
Jml.
Minggu |
1 |
Juli |
2 |
|
Juli |
Kegiatan
Awal Masuk Sekolah |
1 |
2 |
Agustus |
4 |
|
September |
PTS |
1 |
3 |
Sepetember |
5 |
|
Desember |
UlanganAkhir Semester |
1 |
4 |
Oktober |
4 |
|
Desember |
Bagirapot |
1 |
5 |
November |
5 |
|
Desember |
Libur
Semester |
1 |
6 |
Desember |
|
|
|
|
|
Jumlah |
20 |
|
Jumlah |
5 |
III. Banyaknya
Minggu Efektif :
26 – 6 = 20 Minggu
IV Banyaknya
Jam Pelajaran :
20 Minggu x 12 Jam
Pelajaran = 240 Jam
Pelajaran
D.
DISTRIBUSI
ALOKASI WAKTU
No |
Materi
Pokok / Kompetensi Dasar |
Alokasi
Waktu |
1 |
Prosesbisnisbidangotomotifsecaramenyeluruh |
24 JP |
2 |
Perkembanganteknologiotomotif
dan dunia kerja sertaisu-isuglobal |
48 JP |
3 |
Profesidankewirausahaan(job-profiledantechnopreneurship), sertapeluangusahadibidangotomotif. |
48 JP |
4 |
KeselamatandanKesehatanKerjasertaLingkunganHidup(K3LH)danbudayakerjaindustri |
48 JP |
5 |
Teknikdasarpemeliharaandanperbaikanyangterkaitdenganseluruhprosesbidangotomotif. |
48 JP |
Jumlah
Jam Cadangan |
24 JP |
Banyaknya Jam Pelajaran :20 Minggu x 12 Jam Pelajaran = 240 Jam Pelajaran
Jumlah Jam Cadangan : 0 Jam Pelajaran
Jumlah Jam Pelajaran Efektif : 240 Jam Pelajaran - 24 Jam Pelajaran
:216
Jam Pelajaran
Tabalong,
Juli 2023
Guru
Mata Pelajaran,
Wahid
Nurmawan,S.Pd
NIP.
19870601 201402 1 004
3. FormatProgramTahunan
1.
NamaSekolah :……
2.
Mapel :…
3.
Kelas/Semester :…
4.
TahunPelajaran :…
No. |
Bab |
KD/Judul/Materi/Kegiatan |
AlokasiWaktu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. FormatProgramSemester
1.
NamaSekolah :……
2.
Mapel :…
3.
Kelas/Semester :…
4.
TahunPelajaran :…
No |
KD/Judul/Materi/Kegiatan |
Materi |
AlokasiWaktu |
BulanPelaksanaan |
||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. FormatSilabusYangDikembangkan
1.
NamaSekolah :……
2.
Mapel :…
3.
Kelas/Semester :…
4.
TahunPelajaran :…
5.
KompetensiInti :KI-1:……..
KI-2:……..
KI-3:……..
KI-4:……..
No. |
Kompetensidasar |
MateriPokok |
KegiatanPembelajaran |
TeknikPenilaian |
SumberBelajar |
AlokasiWaktu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. FormatRencanaPelaksanaanPembelajaran
I.. |
KompetensiInti |
|
II. |
KompetensiDassar |
|
III. |
TujuanPembelajaran Melaluiserangkaiankegiatanpembelajaran,siswadapat:1. |
|
IV. |
2. Pendekatan/Teknik/Metode 1.
Pendekatan: 2.
Teknik : 3.
Metode : |
|
V. |
Media/Sumber 1. Media: 2. Alat/Bahan: 3. SumberBelajar: |
|
VI. |
KegiatanPembelajaran |
|
|
1.
KegiatanPendahuluan a.
Orientasi: b.
Apersepsi: c.
Motivasi: |
|
|
2.
KegiantanInti a. .. b. .. c. .. |
|
|
3.
KegiatanPenutup a.
… b. .. |
|
V. |
Penilaian |
|
8. FormatKriteriaKetuntasan Minimal
1.
NamaSekolah :……
2.
Mapel :…
3.
Kelas/Semester :…
4.
TahunPelajaran :…
No. |
KompetensiDasar |
KriteriaPenentuanKKM |
KKM |
||
Kompleksitas |
Dayadukung |
IntakeSiswa |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. FormatAgenda-JurnalMengajar
1.
NamaSekolah :..
2.
NamaGuru :..
3.
Mapelyangdiampu :..
4.
Kelas :..
No. |
Hari,Tanggal |
Kelas |
Kegiatan/MateriYangDirencanakan |
Hasil |
SiswaTidakHadir |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10. FormatDaftar HadirSiswa
1.
NamaSekolah :..
2.
NamaGuru :..
3.
Mapelyangdiampu :..
4.
Kelas :..
Nomor |
NamaSiswa |
L/P |
HariDanTanggalTatapMuka |
Jumlah |
|||||||||||||||||
Absen |
Induk |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
I |
A |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11. Format Kisi-KisiPenulisanSoalPadaTesTulis:
1.
NamaSekolah :..
2.
MataPelajaran :..
3.
Kelas/Semester :..
4.
KurikulumYangDigunakan:..
5.
NomorKD :..
6.
KKM :..
7.
Gurumapel :..
No. |
KompetensiInti |
KompetensiDasar |
Materi |
Indikator |
UraianSoal |
KunciJawaban |
BentukSoal |
No.Soal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. FormatInstrumenPenilaianTulis:NaskahSoal
1. NamaSekolah |
:.. |
2. MataPelajaran |
:.. |
3. Kelas/Semester |
:.. |
4. NomorKD |
:.. |
5. KKM |
:.. |
6. Gurumapel |
:.. |
7. NamaSiswa |
:.. |
8. NomorAbsen |
:.. |
9. Hari/Tanggal |
:.. |
13. Format InstrumenNilai Lisan/Praktik
1.
NamaSekolah :..
2.
MataPelajaran :..
3.
Kelas/Semester :..
4.
KurikulumYangDigunakan:..
5.
NomorKD :..
6.
KKM :..
7.
Gurumapel :..
Nomor |
Namasiswa |
L/P |
NilaiPadaAspek |
TotalNilai |
|||
Abs |
Induk |
Kelancaran |
Koherensi |
Vovab |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
14. Format DaftarNilai TulisDanLisan
1.
NamaSekolah :..
2.
MataPelajaran :..
3.
Kelas/Semester :..
4.
KurikulumYangDigunakan:..
5.
NomorKD :..
6.
KKM :..
7.
Gurumapel :..
Nomor |
NamaSiswa |
L/P |
Nilai |
KriteriaKetuntasan |
|
Absen |
Induk |
||||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
15. FormatInstrumenPenilaianTugas, Project, DanPraktik
1.
NamaSekolah :..
2.
MataPelajaran :..
3.
Kelas/Semester :..
4.
KurikulumYangDigunakan:..
5.
NomorKD :..
6.
KKM :..
7.
Gurumapel :..
Nomor |
Namasiswa |
L/P |
NilaiPadaAspek |
TotalNilai |
|||
Abs |
Induk |
|
|
|
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
16. Format Rekapitulasi HasilPenilaian
1.
NamaSekolah :..
2.
MataPelajaran :..
3.
Kelas/Semester :..
4.
KurikulumYangDigunakan:..
5.
KKM :..
6.
Gurumapel :..
Nomor |
Namasiswa |
L/P |
KD1.1 |
KD2.1 |
KD3.1 |
KD4.1 |
|||||||||
Abs |
Induk |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17. FormatAnalisisHasilPenilaian(Tulis)
1.
NamaSekolah :..
2.
MataPelajaran :..
3.
Kelas/Semester :..
4.
KurikulumYangDigunakan:..
5.
KKM :..
6.
Gurumapel :..
7.
TanggalPenilaian :..
Nomor |
NamaSiswa |
L/P |
PilihanGanda |
Essay |
TotalNilai |
KelompokAtas/Tengah/bawah |
Ranking |
||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||||||
Abs |
Induk |
SkorMaksimal |
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
SkorPerolehan |
|||||||||||||||||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Rata-RataKelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Nilaitertinggi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
NilaiTerendah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Standardeviasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18. Format Matriks ProgramWaliKelas
1.
NamaSekolah :..
2.
Kelas :..
3.
JumlahSiswa :..
4.
JumlahSiswaLaki-laki :..
5.
JumlahSiswaPerempuan:..
6.
KetuaKelas :..
No. |
Kegiatan |
TargetpenyelesaianJuli2020sampaiJuni2021dibulan.. |
Keterangan |
|||||||||||
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Harian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mingguan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bulanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Insidental |
19. FormatKegiatanPembinaanAnakWaliKelas
1.
NamaSekolah :..
2.
Kelas :..
3.
JumlahSiswa :..
4.
JumlahSiswaLaki-laki :..
5.
JumlahSiswaPerempuan:..
6.
KetuaKelas :..
No. |
Hari,Tanggal |
MateriPembinaan |
JumlahSiswaHadir |
JumlahSiswaTidakHadir |
KeteranganTidakHadiri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20. Format Buku Kunjungan Ke RumahSiswa
No. |
Hari,Tanggal |
SiswaYangDikunjungi |
YangMenemui |
HasilKunjungan |
TandaTanganPenerimaKunjungan |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
21.
Format Laporan HasilBelajar(PTS)
1. Buku4Revisi2019:PedomanKegiatanPengembanganKeprofesianBerkelanjutanDanAngkaKreditnya;PembinaanDanPengembanganProfesiGuru;
2. Buku5Revisi2019:PedomanPenilaianKegiatanPengembanganKeprofesianBerkelanjurtan; PembinaanDanPengembanganProfesiGuru;
3. https://www.jontarnababan.com/2019/03/contoh-buku-pedoman-guru-tp-20192020.html?m=1
4. https://rifulhamidah.com/article/2020/6/mudahnya-menyusun-buku-pedoman-guru-untuk-kenaikan-pangkat-278725?rid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar