LAPORAN TAHUNAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MAPEL PRODUKTIF OTOMOTIF
TAHUN
PELAJARAN
2022/2023
Di susun oleh:
Wahid Nurmawan,S.Pd
PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK
NEGERI 1 MUARA
UYA
Alamat :
Jalan Bangkar
Rt.08 Kecamatan Muara Kabupaten Tabalong 71573
Email : smkn1muarauya@gmail.com
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan Kehadlirat
Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat-Nya sehingga kami dapat menyusun
Laporan Pembelajaran Mapel Produktif Otomotif tahun pelajaran 2022/2023 SMK Negeri 1 Muara Uya. Laporan Pembelajaran ini merupakan salah satu bagian dari tanggung
jawab guru sebagai pendidik dan pembimbing siswa di sekolah.
Laporan
Pembelajaran ini disusun sebagai pedoman atau pegangan guru untuk
mengelola kelas secara baik dan terarah guna meningkatkan dan menunjang keberhasilan
siswa dalam menempuh pendidikan di
sekolah. Guru sebagai orang tua siswa di sekolah yang diberi tugas untuk memberikan pengetahuan, memberikan pendidikan, mengawasi,
membimbing, memotivasi dan mengarahkan dan menyelesaikan
masalah siswa agar selalu memiliki tanggung jawab untuk belajar.dengan adanya Laporan pembelajaran ini
diharapkan siswa/i dapat meningkatkan hasil dan prestasi belajarnya di SMKN 1 Muara Uya.
Laporan
Pembejaran ini dapat tersusun dengan
berkat bantuan dan atensi dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini
saya mengucapkan terima kasih kepada:
1. Kepala sekolah SMK Negeri 1 Muara Uya;
2. Ibu pembantu kepala sekolah bidang kurikulum;
3. Bapak pembantu kepala sekolah bidang kesiswaan;
4. Guru-guru dan staf tata usaha ;
5. Siswa dan siswi SMKN 1 Muara uya tahun
pelajaran 2022/2023
Saya menyadari dan berharap dengan tersusunnya
Laporan ini peningkatan hasil belajar
khususnya bagi siswa/i dan umumnya di SMK Negeri 1 Muara Uya. Mudah-mudahan dengan tersusunnya Laporan
pembelajaran ini dapat menjadi pedoman, Refleksi dan perbaikan (evaluasi) bagi diri saya sendiri
dan guru-guru di SMK Negeri 1 Muara Uya untuk pembelajaran selanjutnya yang lebih baik
dari sebelumnya.
Muara Uya, Juli 2023
Guru Mata Pelajaran
Wahid Nurmawan,S.Pd
198706012014021004
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Laporan ini disusun untuk memberikan gambaran
tentang kegiatan saya sebagai seorang guru mata pelajaran di SMKN 1 Muara Uya. Sebagai seorang guru, peran saya sangat
penting dalam memberikan pengajaran yang efektif, memfasilitasi pembelajaran
siswa, serta membantu mereka mencapai potensi akademik dan pengembangan pribadi
yang optimal. Laporan ini mencakup rincian kegiatan yang telah dilaksanakan,
strategi pengajaran yang digunakan, tantangan yang dihadapi, serta pencapaian
yang telah dicapai.
Sebagai guru mata pelajaran, saya bertanggung
jawab dalam merencanakan dan menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa,
serta mengevaluasi kemajuan mereka dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan.
Melalui laporan ini, saya akan menjelaskan tentang metode pengajaran yang saya
terapkan, materi pembelajaran yang telah diajarkan, serta penggunaan teknologi
yang mendukung proses pembelajaran.
Laporan ini juga mencakup informasi mengenai
persiapan pelajaran, pelaksanaan kegiatan harian di kelas, serta sistem penilaian
dan evaluasi yang saya terapkan. Selain itu, laporan ini juga mencatat
tantangan yang saya hadapi dalam melaksanakan tugas sebagai guru mata
pelajaran, seperti keterbatasan sumber daya atau perubahan kurikulum.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari disusunnya Laporan Pembelajaran di SMK Negeri 1 Muara Uya tahun pelajaran 2022/2023 ini adalah sebagai berikut :
1. Sebagai sarana untuk merencanakan Perangkat
pembelajaran (RPP)
2. Sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran.
3. Sebagai alat untuk membina dan mendidik Karakter siswa/i
4. Sebagai alat untuk mengevaluasi keadaan siswa/i
5. Sebagai alat untuk Membuat repleksi diri guru dalam
proses Pembelajaran.
6. Sebagai bahan evaluasi tentang tupoksi guru
7. Sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai
keagamaan dan kebangsaan
Tujuan dari laporan ini adalah untuk memberikan
gambaran menyeluruh tentang kegiatan saya sebagai guru mata pelajaran, serta
hasil yang telah dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran yang saya ajarkan.
Melalui evaluasi diri ini, saya berharap dapat meningkatkan efektivitas pengajaran
saya dan memperbaiki area yang perlu ditingkatkan di masa yang akan datang.
BAB II
Deskripsi Kegiatan Guru Mata Pelajaran
A.
Rincian mata pelajaran
Mata Pelajaran yang diampu adalah :
1. Teknologi Dasar Otomotif
2. Pemeliharaan Mesin kendaraan Ringan
3. Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
B.
Kompetensi Tiap Mata Pelajaran
1. Teknologi Dasar Otomotif
Tujuan kurikulum mencakup
empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI
4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. |
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
WAKTU |
UNIT KOMPETENSI |
SKEMA SERTIFIKASI |
3.1 Memahami
prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) |
4.1
Mengidentifikasi potensi dan resiko kecelakaan kerja |
8 |
|
|
3.2 Mengklasifikasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) |
4.2
Menerapkan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) |
8 |
|
|
3.3 Memahami
prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi |
4.3
Menerapkan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi |
8 |
|
|
3.4
Memahami proses mesin konversi energy |
4.4
Mendemontrasikan mesin konversi energi |
8 |
|
|
3.5
Memahami klasifikasi engine |
4.5
Mengidentifikasi model-model
engine |
12 |
|
|
3.6
Memahami cara kerja engine 2 dan 4 langkah |
4.6
Menjelaskan cara kerja engine 2
dan 4 langkah |
12 |
|
|
3.7
Memahami proses dasar pembentukan logam |
4.7
Melaksanakan proses dasar pembentukan logam |
12 |
|
|
3.8
Menerapkan cara penggunaan OMM (operation maintenance
manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya |
4.8
Menggunakan OMM (operation maintenance manual), service
manual dan part book sesuai peruntukannya |
8 |
|
|
3.9
Memahami dasar-dasar system hidraulik |
4.9
Menjelaskan dasar-dasar dan symbol pada system hidraulik |
8 |
|
|
3.10
Memahami dasar-dasar system pneumatic |
4.10
Menjelaskan dasar-dasar dan symbol pada system pneumatic |
8 |
|
|
3.11
Memahami rangkaian kelistrikan sederhana |
4.11
Membuat rangkaian listrik sederhana |
12 |
|
|
3.12
Memahami dasar-dasar elektronika sederhana |
4.12
Membuat rangkaian elektronika sederhana |
12 |
|
|
3.13
Memahami dasar-dasar control |
4.13
Membuat rangkaian kontrol sederhana |
12 |
|
|
3.14
Memahami dasar-dasar sensor |
4.14
Menguji sensor |
8 |
|
|
3.15
Mengevaluasi kerja baterai |
4.15
Merawat baterai |
8 |
|
|
Jumlah Total Jam Pelajaran |
144 |
|
|
2. Pemeliharaan
Mesin kendaraan Ringan
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
5.
Menerapkan, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. |
6. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
WAKTU |
UNIT KOMPETENSI |
SKEMA SERTIFIKASI |
3.1
Menerapkan cara perawatan sistem utama Engine dan mekanisme katup |
4.1 Merawat
berkala sistem utama Engine dan mekanisme katup |
32 |
Memelihara / Servis Engine dan Komponen-Komponennya |
1.
Engine Tune Up
Konvensional 2. Perawatan
berkala kendaraan 10.000 km(Pengajuan) 3.
Perawatan berkala kendaraan 20.000 km (Pengajuan) 4.
Tune up Engine Konvensional Diesel (Pengajuan) 5.
Tune up Engine Diesel EFI (Pengajuan) |
3.2
Menerapkan cara perawatan sistem pelumasan |
4.2 Merawat
berkala sistem pelumasan |
16 |
Memelihara / Servis Engine dan
Komponen-Komponennya |
|
3.3
Menerapkan cara perawatan sistem pendinginan |
3.3 Merawat
berkala sistem pendinginan |
16 |
Memelihara /Servis Sistem Pendingin dan
Komponennya |
|
3.4
Menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar bensin
konvensional/karburator |
4.4 Merawat
berkala sistem bahan bakar bensin konvensional/karburator |
32 |
Memelihara /Servis Sistem Bahan Bakar Bensin |
|
3.5
Menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar bensin injeksi (Electronic Fuel Injection/EFI) |
4.5 Merawat berkala sistem bahan bakar bensin injeksi (Electronic Fuel Injection/EFI) |
32 |
Memelihara /Servis Sistem Bahan Bakar Bensin |
|
3.6
Menerapkan cara Perawatan Engine
Management System (EMS) |
4.6
Merawat berkala Engine Management System (EMS) |
32 |
Memelihara / Servis Engine dan
Komponen-Komponennya |
|
3.7 Menerapkan
cara perawatan sistem bahan bakar diesel pompa
injeksi In-Line |
4.7 Merawat berkala sistem bahan bakar diesel pompa injeksi In-Line |
32 |
Memelihara /Servis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel |
|
3.8
Menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar diesel pompa injeksi Rotary |
4.8 Merawat
berkala sistem bahan bakar diesel pompa injeksi Rotary |
32 |
Memelihara /Servis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel |
|
3.9 Menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar diesel Common Rail |
4.9 Merawat
berkala sistem bahan bakar diesel Common
Rail |
32 |
Memelihara /Servis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel |
|
3.10 Mengevaluasi
hasil perawatan berkala Mesin Kendaraan Ringan |
4.10 Melakukan pemeriksaan hasil perawatan
berkala mesin kendaraan |
16 |
Memelihara /Servis Sistem Bahan Bakar Mesin Bensin |
|
3.11 Mendiagnosis
kerusakan mekanisme kepala
silinder dan kelengkapannya |
4.11
Memperbaiki mekanisme kepala silinder dan kelengkapannya |
36 |
Merperbaiki Engine dan Komponen-komponennya |
|
3.12 Mendiagnosis
kerusakan mekanisme blok
silinder dan kelengkapannya |
4.12
Memperbaiki mekanisme blok silinder dan kelengkapannya |
36 |
Merperbaiki Engine dan Komponen-komponennya |
|
3.13 Mendiagnosis
kerusakan sistem pelumasan |
4.13
Memperbaiki sistem pelumasan |
18 |
Merperbaiki Engine dan Komponen-komponennya |
|
3.14 Mendiagnosis
kerusakan sistem pendinginan |
4.14
Memperbaiki sistem pendinginan |
18 |
Memelihara /Servis Sistem Pendingin dan
Komponennya |
|
3.15 Mendiagnosis kerusakan sistem bahan bakar bensin konvensional/karburator |
4.15
Memperbaiki sistem bahan bakar
bensin konvensional/karburator |
27 |
Memperbaiki Sistem Bahan Bakar Bensin |
|
3.16 Mendiagnosis kerusakan sistem bahan bakar bensin injeksi (Electronic Fuel Injection/EFI) |
4.16 Memperbaiki
sistem bahan bakar bensin injeksi (Electronic
Fuel Injection/EFI) |
27 |
Memelihara /Servis
dan Memperbaiki Engine Management System |
|
3.17 Mendiagnosis kerusakan Engine
Management System (EMS) |
4.17
Memperbaiki Engine
Management System (EMS) |
27 |
Memelihara /Servis
dan Memperbaiki Engine Management System |
|
3.18 Mendiagnosis kerusakan ystem bahan bakar diesel pompa injeksi
In-Line |
4.18
Memperbaiki ystem bahan bakar diesel pompa
injeksi In-Line |
36 |
Memperbaiki
Sistem/Komponen Bahan Bakar Diesel |
|
3.19 Mendiagnosis kerusakan sistem bahan bakar diesel pompa injeksi Rotary |
4.19
Memperbaiki sistem bahan bakar
diesel pompa injeksi Rotary |
36 |
Memperbaiki
Sistem/Komponen Bahan Bakar Diesel |
|
3.20 Mendiagnosis kerusakan sistem bahan bakar diesel Common
Rail |
4.20 Memperbaiki
sistem bahan bakar diesel Common Rail |
36 |
Memperbaiki
Sistem/Komponen Bahan Bakar Diesel EFI |
|
3.21 Mengevaluasi hasil perbaikan mesin kendaraan ringan |
4.21 Melakukan laporan hasil perbaikan mesin kendaraan ringan |
9 |
Memperbaiki Engine dan Komponen-komponennya |
|
Jumlah Jam Pembelajaran |
594 |
|
|
3. Pemeliharaan
Mesin Sepeda Motor
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI
4 (KETERAMPILAN) |
|||||
7.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kerja Teknik dan Bisnis Sepeda
Motor pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional. |
8. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor . Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
|||||
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
WAKTU |
UNIT KOMPETENSI |
SKEMA SERTIFIKASI |
|
|
3.1 Memahami prinsip kerja mekanisme
katup |
4.1
Merawat secara
berkala mekanisme katup |
24 |
OTO.SM02.001.01
Memelihara Engine berikut
Komponen-komponennya |
|
|
|
3.2 Memahami prinsip kerja sistem
pelumasan |
4.2 Merawat secara
berkala pada sistem pelumasan |
24 |
|
|
||
3.3 Memahami prinsip kerja sistem
pendinginan |
4.3 Merawat secara berkala pada sistem pendinginan |
24 |
OTO.SM02.004.01
Memelihara Sistem Pendingin berikut Komponen-komponennya |
|
|
|
3.4 Memahami prinsip kerja sistem pemasukan
dan pembuangan |
4.4 Merawat secara berkala pada sistem
pemasukan dan pembuangan |
20 |
OTO.SM02.002.01
Memelihara dan Memperbaiki Sistem Kontrol Emisi |
|
|
|
3.5 Memahami prinsip kerja sistem bahan
bakar bensin karburator |
4.5 Merawat secara berkala pada sistem bahan bakar bensin karburator |
28 |
OTO.SM02.006.01 Memelihara
Sistem Bahan Bakar Bensin |
|
|
|
3.6 Memahami prinsip kerja sistem
injeksi bensin |
4.6 Merawat secara berkala pada sistem
injeksi bensin |
32 |
|
|
||
3.7 Memahami prinsip kerja sistem transmisi manual |
4.7 Merawat secara berkala pada sistem
transmisi manual |
30 |
OTO.SM02.012.01 Memelihara
Sistem Transmisi Manual |
|
|
|
3.8 Memahami prinsip kerja sistem transmisi otomatis |
4.8 Merawat secara berkala pada sistem transmisi otomatis |
28 |
OTO.SM03.001.01 Memelihara Sistem Transmisi Otomatis |
|
|
|
3.9 Menerapkan cara perawatan sistem kopling manual |
4.9 Merawat berkala sistem kopling
manual |
24 |
OTO.SM02.010.01
Memelihara Unit Kopling Manual dan Otomatis |
|
|
|
3.10 Menerapkan cara perawatan sistem kopling otomatis |
4.10 Merawat berkala sistem kopling
otomatis |
24 |
|
|
|
|
3.11 Menganalisis gangguan pada kepala
silinder dan kelengkapannya |
4.11 Memperbaiki kepala silinder dan
kelengkapannya |
32 |
OTO.SM02.003.01
Melepas Kepala Silinder, Menilai Komponen-kompo-nennya serta Merakit Kepala
Silinder |
|
|
|
3.12 Menganalisis gangguan pada blok silinder dan kelengkapannya |
4.12 Memperbaiki blok silinder dan
kelengkapannya |
32 |
|
|
|
|
3.13 Menganalisis gangguan pada sistem
pelumasan |
4.13 Memperbaiki sistem pelumasan |
24 |
OTO.SM02.001.01
Memelihara Engine berikut
Komponen-komponennya |
|
|
|
3.14 Menganalisis gangguan pada sistem
pendinginan |
4.14 Memperbaiki sistem pendinginan |
24 |
OTO.SM02.005.01
Memperbaiki dan Melakukan Overhaul
Sistem Pendingin berikut Komponen-komponennya |
|
|
|
3.15 Menganalisis gangguan pada sistem
pemasukan dan pembuangan |
4.15 Memperbaiki
sistem pemasukan dan pembuangan |
20 |
OTO.SM02.002.01 Memelihara dan
Memperbaiki Sistem Kontrol Emisi |
|
|
|
3.16 Menganalisis gangguan pada sistem bahan bakar injeksi |
4.16 Memperbaiki sistem bahan bakar injeksi |
28 |
OTO.SM02.007.01
Memperbaiki dan Melakukan Overhaul
Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin |
|
|
|
3.17 Menganalisis gangguan pada sistem
karburator |
4.17 Memperbaiki sistem karburator |
32 |
|
|
||
3.18 Mengevaluasi kerja sistem transmisi manual |
4.18 Memperbaiki
kinerja pada sistem transmisi manual |
40 |
OTO.SM02.013.01
Melakukan Overhaul Sistem Transmisi Manual berikut
Komponen-komponen Sistem Pengoperasiannya |
|
|
|
3.19 Menganalisis gangguan pada sistem transmisi otomatis |
4.19 Memperbaiki sistem transmisi otomatis |
36 |
OTO.SM03.002.01 Melakukan Overhaul Sistem Transmisi Otomatis |
|
|
|
3.20 Mengevaluasi kinerja sistem kopling manual |
4.20 Memperbaiki
kinerja sistem kopling manual |
36 |
OTO.SM02.011.01 Melakukan Overhaul Kopling Manual dan Otomatis berikut Komponen-komponen
Sistem Pengoperasiannya |
|
|
|
3.21 Mengevaluasi kinerja sistem kopling otomatis |
4.21 Memperbaiki
kinerja sistem kopling otomatis |
32 |
|
|
||
Jumlah Total Jam Pelajaran |
594 |
|
|
|
||
C.
Strategi ( Metode) Pengajaran
Metode pembelajaran menggunakan
pembelajaran konstruktivisme yang berpihak pada peserta didik.
D. Penggunaan Teknologi
Pada Pelaksanaan Pembelajaran , Guru
menggunakan Teknologi, seperti: Laptop, Gadget/ Tablet, LCD
(Proyektor),Platform pembelajaran online : Youtube, Classroom, Whatshap,
G-Form, Google)
1.
BAB
III
PELAKSANAAN
KEGIATAN GURU MATA PELAJARAN
A. Persiapan Pelajaran
Pada Persiapan Pengajaran sebelum guru
membuat RPP, guru harus terlebih dahulu mengetahui kalender pendidikan yang
dibuat oleh kurikulum, kemudian menghitung minggu efektif serta membuat program
tahunan, program semester dan silabus. Setelah
semua proses itu Guru membuat rancangan Perangkat pembelajaran (RPP).
B.
Pelaksanaan
Harian
Pada pelaksanaan harian guru menggunakan RRP yang sudah dibuat sebagai
acuan atau dasar mengajar dikelas. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
sebelum menyampaikan materi ajar guru menyapa siswa, kemudian mengabsen dan
memotivasi belajar siswa dan mempersilahkan siswa untuk berdoa terlebih dahulu
sebelum memulai pembelajaran, kemudian baru guru menyampaikan materi, pada
proses belajar mengajar guru menggunakan metode diskusi model discovery
learning yang di dalamnya siswa berpartisipasi
aktif dengan mencari dan memecahkan masalah sendiri sambil dibimbing oleh guru
di dalam kelas. Saat tugas pelaksanaan harian guru membuat jurnal mengajar
mencatat kejadian yang terjadi pada saat proses belajar mengajar dan guru juga
mengambil video pembelajaran untuk evaluasi dan laporan bulanan.
C. Penilaian dan Evaluasi
Penilaian yang dilakukan guru berupa penilaian pengetahuan, keterampilan
dan sikap. Untuk penilaian pengetahuan guru membuat soal/ pertanyaan berbentuk pilihan ganda,
essai, dan lisan. Dan Penilaian keterampilan menggunakan penilaian Praktik atau
Proyek. Sedangkan untuk penilaian sikap
yang dinilai guru adalah religius, kejujuran, kedisiplinan, bekerjasama,
dan tanggung jawab.
D. Tantangan Yang dihadapi
Tantangan yang dihadapi pada
pembelajaran yaitu kesulitan pada
pembinaan sikap karakter siswa, sulit untuk memotivasi minat belajar siswa terhadap
pembelajaran, kesulitan membuat strategi pembelajaran (Metode, Model yang
tepat) supaya menarik dan menyenangkan
bagi siswa dalam pembelajaran.
BAB IV
PENCAPAIAN DAN EVALUASI
A. Pencapaian
Siswa
Berdasarkan hasil pembelajaran yang guru
ajarkan sudah memenuhi kriteria yang di
harapkan (Capai KKM) dan kemampuan
pengetahuan siswa yang beraneka ragam, ada yang mampu menyerap atau memahami dengan cepat dan mudah, ada
juga yang harus berulang-ulang minta dijelaskan kembali tentang materi yang
diajarkan, jadi ada siswa yang menyerap pelajaran dg mudah dan ada yg
kesulitan, tetapi walaupun demikian untuk hasil tes dan tugas siswa yang saya ajarkan sudah mulai bagus dan
mencapai KKM.
B. Efektivitas Pengajaran
Efektivitas Pengajaran berdasarankan
respons siswa dalam proses pembelajaran, siswa ikut berpartisipasi, mengerjakan
tugas-tugas dalam kelas, dan adanya
peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAK dan BP
BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI (TINDAK LANJUT)
A.
Kesimpulan
Berdasarkan pelaksanaan
pembelajaran , diperoleh beberapa
kesimpulan:
1. Pencapaian siswa: Untuk
kompetensi kognitif sesuai dengan KKM minimal akan tetapi untuk kompetensi
afektifnya seperti bertanya dan mengungkapkann pendapat masih banyak kekurangan
dan diperlukan teknik dan metode mengajar yang lebih baik agar kompetensi
afektifnya dapat meningkat.
2. Guru masih kesulitan dalam menyelaraskan
model pembelajaran dengan keberagaman siswa..
B. Rekomendasi ( Tindak Lanjut)
Berdasarkan kesimpulan diatas,
selanjutnya dikemukakan saran-saran
sebagai berikut :
1.
Pembelajaran harus bisa meningkatkan keterampilan siswa.
2. Pembelajaran yang diterapkan
hendaknya mampu memfasilitasi siswa SMKN 1 Muara Uya Untuk menemukan dan
membangun pengetahuannya, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kondusif.
3. Guru hendaknya menggunakan
variasi metode dan model pembelajaran yang tepat (Metode Kreatif) sehingga
dapat menjadikan pembelajaran menjadi pembelajaran yang menyenangkan.
Dengan demikian, laporan
ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengembangan dan
peningkatan kualitas pengajaran mata pelajaran di institusi ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar