Senin, 03 April 2023

RPP berkarakteer Kelas X TKRO Ta 2022-2023

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah                    :  SMKN 1 MUARA UYA

Kelas/Semester                   : X / II TKRO

Alokasi Waktu                   : 16 X 45 Menit

Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa

Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif

Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan

Standar Kompetensi          : 3.   Menjelaskan Proses-Proses Mesin Konversi Energy

Kompetensi Dasar             :  3.1 Menjelaskan Konsep Motor Bakar.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi  :

§  Cara kerja motor bakar torak dijelaskan dengan baik dan jelas.

§  Siklus motor 2 dan 4 langkah dijelaskan dengan baik sesuai dengan urutan

§  Prinsip dan konstruksi Turbin Uap dijelaskan sesuai buku informasi.

§  Prinsip dan konstruksi Turbin air dijelaskan sesuai buku informasi.

 

I.             Tujuan Pembelajaran

§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan Konsep Motor Bakar.

 

II.          Tujuan Pembelajaran

Kognitif

§  Siswa dapat memahami Cara kerja motor bakar torak dengan baik.

§  Siswa dapat memahami Siklus motor 2 dan 4 langkah dengan baik sesuai dengan urutan

§  Siswa dapat memahami Prinsip dan konstruksi Turbin Uap.

§  Siswa dapat memahami Prinsip dan konstruksi Turbin air.

Afektif

§  Siswa dapat mengenal Cara kerja motor bakar torak dengan baik.

§  Siswa dapat mengenal Siklus motor 2 dan 4 langkah dengan baik sesuai dengan urutan

§  Siswa dapat mengenal Prinsip dan konstruksi Turbin Uap.

§  Siswa dapat mengenal Prinsip dan konstruksi Turbin air.

Psikomotor

§  Siswa dapat menjelaskan Cara kerja motor bakar torak dengan baik.

§  Siswa dapat menjelaskan Prinsip dan konstruksi Turbin Uap.

§  Siswa dapat menjelaskan Prinsip dan konstruksi Turbin air..

§  Siswa dapat menyimpulkan Siklus motor 2 dan 4 langkah dengan baik sesuai dengan urutan.

 

Nilai Karakter Bangsa :

  Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :

  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

  Berorientasi tugas dan hasil (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

  Berani mengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin).

  Berorientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

 

III.       Materi Pokok

§  Mekanisme torak engkol.

§  Langkah-langkah pada motor bakar torak.

§  Fungsi setiap bagiannya

§  Siklus udara ideal motor Otto dan Diesel 2 dan 4 langkah serta perbandingannya dengan siklus sebenarnya.

 

IV.       Metode Pembelajaran

§  Informasi

§  Penugasan

§  Observasi

§  Diskusi

§  Demonstrasi

 

V.          Langkahlangkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Pra KBM

§  Memberikan salam.

§  Memimpin do’a

§  Melakukan apersepsi

§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti

KBM Inti Kognitif

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

§  Mendeskripsikan cara kerja dan konstruksi motor bakar dengan menggali informasi

§  Mendeskripsikan Mekanisme torak engkol dengan menggali informasi

§  Mendeskripsikan perbedaan siklus ideal dengan siklus sesungguhnya pada motor 2 tak dan 4 tak dengan menggali informasi

KBM Inti Psikomotor

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi :

§  Mempraktekkan cara kerja dan konstruksi motor bakar dengan menggali informasi

§  Mendeskripsikan Mekanisme torak engkol dengan menggali informasi

§  Memperbedaan siklus ideal dengan siklus sesungguhnya pada motor 2 tak dan 4 tak dengan menggali informasi.

§  Berdiskusi tentang Konsep Motor Bakar.

§  Mengajak siswa untuk berdiskusi .

§  Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas.

§  Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal

§  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

§  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

 

Kegiatan Akhir KBM

§  Mendiskusikan materi. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

§  Menyampaikan topik materi yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

 

VI.       Alat dan Sumber Belajar

§  Modul

§  Internet

§  Buku Motor Bakar

§  Buku spect produk dari perusahaan

 

VII.    Penilaian

Indikator Pencapaian

Penilaian

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

§  Cara kerja motor bakar torak dijelaskan dengan baik dan jelas.

§  Siklus motor 2 dan 4 langkah dijelaskan dengan baik sesuai dengan urutan

§  Prinsip dan konstruksi Turbin Uap dijelaskan sesuai buku informasi.

§  Prinsip dan konstruksi Turbin air dijelaskan sesuai buku informasi.

Tes Tertulis

observasi

§  Jelaskan Cara kerja motor bakar torak.

§  Jelaskan Siklus motor 2 dan 4 langkah dengan baik sesuai dengan urutan

§  Jelaskan Prinsip dan konstruksi Turbin Uap.

§  Jelaskan Prinsip dan konstruksi Turbin air.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 1 Muara Uya

 

 

 

Rita herlina,S.P,M.Pd

NIP. 196812272005012007

 

Muara Uya,    Januari 2023

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Wahid Nurmawan,s.Pd

NIP. 198706012014021004

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar