LEMBAR PENGESAHAN
Setelah membaca, dan memperhatikan paparan dalam Buku
Pedoman Guru Tahun Kerja 2022/2023:
Nama :
Wahid Nurmawan,S.Pd
NIP. :
19870601 201402 1 004
Satuan Kerja :
SMKN 1 Muara Uya
Tugas Utama :
Guru Mata Pelajaran Produktif
Tugas Tambahan :
Wakasek Bag. Sarpras
maka saya menyatakan bahwa buku ini memenuhi kelayakan dan dinyatakan
sah untuk diberlakukan sebagai pedoman kegiatan guru di SMKN 1 Muara
Uya selama 1 Tahun kedepan.
Muara Uya, Juli 2022
Kepala SMKN 1 Muara Uya
Rita Herlina,S.P,M.Pd
NIP. 19681227 200501 2 007
KATA PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillaah, Buku Pedoman Guru Tahun Kerja
2022/2023 ini telah
selesai.
Buku Pedoman Guru ini saya tulis untuk memberi
pedoman bagi saya dalam menjalankan tugas selama satu tahun kerja 2022/2023. Apabila
ada situasi dan kondisi yang
tak terelakkan tentu saya akan mengambil sikap yang sesuai dengan peraturan yang ada dan berkoordinasi dengan Kepala
Sekolah serta mitra sejawat.
Untuk itu saya sampaikan rasa hormat
dan terimakasih kepada Kepala Sekolah
dan bapak ibu mitra sejawat atas segala budi baik dan kerjasamanya baik ketika menyusun
buku ini maupaun
dalam melaksanakan tugas selama masa
kerja 2022/2023 ini.
Juga saya sampaikan ribuan terimakasih
kepada siapa pun yang telah berkenan memberi
dukungan dalam penyelesaian buku ini.
Tiada
gading yang tak retak. Saya menyadari bahwa buku ini belum sempurna. Oleh karenanya, saya berharap ada saran dan kritik yang membangun demi perbaikan buku ini.
Terimakasih.
Muara
Uya, 18 Juli 2022 Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.............................................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN KEPALA SEKOLAH...................................................ii
KATA
PENGANTAR..................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 1
C.
Manfaat Pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru . . . . . . 1
D.
Ringkasan Target Kerja Yang Diharapkan...................................... 2
BAB II PEMBAHASAN RENCANA KERJAGURU . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
A.
Rencana Kerja Pengembangan Pembelajaran Bagi Peserta Didik 3
B.
Rencana pengembangan profesi bagi guru.................................... 3
C.
Penjelasan
Ringkasan Target Yang Diharapkan Dalam Satu
Tahun Kerja 4
DAFTAR PUSTAKA
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 16
iv
DAFTAR LAMPIRAN
No. |
Keterangan |
Hal. |
1 |
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 |
7 |
2 |
Format Rincian Pekan Efektif |
8 |
3 |
Format Pemetaan Kompetensi
Dasar |
9 |
4 |
Format Program Tahunan |
9 |
5 |
Format Program Semester |
9 |
6 |
Format Silabus Yang Dikembangkan |
9 |
7 |
Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran |
10 |
8 |
Format Kriteria Ketuntasan Minimal |
11 |
9 |
Format Agenda-Jurnal Mengajar |
11 |
10 |
Format Daftar Hadir Siswa |
11 |
11 |
Format Kisi-Kisi Penulisan Soal Pada Tes Tulis |
11 |
12 |
Format Instrumen Penilaian Tulis |
12 |
13 |
Format Instrumen Nilai
Lisan/Praktik |
12 |
14 |
Format Daftar Nilai Tulis
Dan Lisan |
13 |
15 |
Format Instrumen Penilaian Tugas,
Project, Dan Praktik |
13 |
16 |
Format Rekapitulasi Hasil Penilaian |
13 |
17 |
Format Analisis Hasil Penilaian (Tulis) |
13 |
18 |
Format Matriks Program Wali Kelas |
14 |
19 |
Format Kegiatan Pembinaan Anak Wali
Kelas |
14 |
20 |
Format Buku Kunjungan Ke Rumah
Siswa |
14 |
21 |
Format Laporan Hasil Belajar (PTS) |
15 |
v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Buku Pedoman Guru adalah salah satu jenis Publikasi Ilmiah
(PI) bagi guru yang meiliki angka
kredit 1,5. Ini diatur dalam Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) oleh Dirjen GTK tahun 2019.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah salah satu unsur utama dalam kenaikan
pangkat dan pengembangan karir guru, sesuai
dengan Peraturan Menteri
Negara Pemberdayaan Aparatur
Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009
tentang Jabatan Fungsional Dan Angka Kreditnya.
B.
Tujuan
Tujuan penulisan Buku Pedoman Guru Tahun Kerja 2022/2023
ini adalah untuk menetapkan arah dan
target kinerja guru dalam satu tahun. Ini sangat penting dilakukan karena dalam kerja profesi guru dituntut bisa melaksanakan
dan menyelesaikan tugas sesuai aturan yang berlaku dengan tepat sasaran, dan tepat waktu.
C.
Manfaat Pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru
Ada beberapa manfaat terkait buku ini, baik itu bagi guru,
kepala Sekolah, maupun pengawas.
1. Bagi guru buku ini bermanfaat sebagai:
a.
Pedoman pelaksanaan tugas baik itu
tugas utama, tambahan, maupun produktifitas;
b.
Salah satu karya Publikasi Ilmiah
(PI) untuk diajukan dalam usulan kenaikan pangkat;
2.
Bagi kepala Sekolah buku ini bermanfaat sebagai acuan penilaian kinerja guru maupun pelaksanaan supervisi
perangkat dan supervisi
makademik;
3.
Bagi pengawas buku ini bermanfaat sebagai acuan penilaian
kinerja guru dan kepala Sekolah, maupun pelaksanaan supervisi di Sekolah.
D.
Ringkasan Target Kerja
Yang Diharapkan
Secara global target kerja yang diharapkan bisa terlaksana dalam tahun kerja 2022/2023 ini ada 5 kegiatan sebagaimana dalam kegiatan tugas
pokok jabatan, yaitu:
1. Melaksanakan proses pembelajaran;
2. Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi
Sekolah;
3. Melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB);
4. Melaksanakan kegiatan penunjang tugas guru;
5. Melaksanakan tugas tambahan
dan kreativitas.
BAB II
PEMBAHASAN RENCANA
KERJA GURU
A.
Rencana Kerja Pengembangan
Pembelajaran Bagi Peserta
Didik
Rencana pengembangan pembelajaran ini mencakup
2 unsur, yaitu:
1. Tugas Utama (melaksanakan proses pembelajaran), yaitu:
1.1
Melaksanakan penyusunan program pengajaran, meliputi:
Perangkat pembelajaran, meliputi:
kalender pendidikan, rincian
pekan efektif, pemetaan
kompetensi dasar, program
tahunan, program semester,
silabus yang dikembangkan, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kriteria ketuntasan minimal (kkm),
jurnal mengajar, daftar hadir siswa;
1.2
Melaksanakan penyajian program pengajaran;
1.3
Melaksanakan evaluasi belajar,
menyiapkan perangak penilai baik tes tulis, lisan, penugasan, proyek,
praktik meliputi:
Kisi-kisi penyusunan soal, naskah soal, kunci jawaban,
pedoman penilaian, rekapitulasi hasil penilaian;
1.4
Membuat analisis hasil evaluasi;
meliputi: hasil penilaian; analisis hasil penilaian;
1.5
Menyusun dan melaksanakan program perbaikan
dan perbaikan.
2.
Tugas tambahan (melaksanakan tugas
lain yang relevan dengan fungsi sekolah):
2.1
Wakasek bid. kurikulum; program
Wakasek bid. kurikulum, pembinaan proses KBM, komunikasi dengan Guru, menyusun
pelaporan Wakasek bid. kurikulum;
2.2
Penyusun kurikulum pada satuan pendidikannya: silabus, RPP;
2.3
Melaksanakan tugas kepanitiaan dalam kegiatan di Sekolah, seperti:
PSB, AKM, PTS, dan PAS.
B.
Rencana Pengembangan Profesi Bagi Guru
Rencana pengembagan profesi bagi guru ini
yaitu:
1.
Melaksanakan pengembangan
keprofesian berkelanjutan (PKB) yang mencakup kegiatan:
1.1
Melaksanakan kegiatan pengembangan
diri: MGMP, seminar, workshop,
diklat,;
1.2
Melaksanakan publikasi ilmiah:
penyusunan buku pedoman guru, bahan ajar, modul;
1.3
Melaksanakan karya inovatif; buku
2.
Melaksanakan kegiatan
penunjang tugas guru:
2.1
Menjadi tim penilai kinerja
guru;
2.2
Menjadi tutor.
3. Melaksanakan tugas tambahan dan kreativitas.
C. Penjelasan Ringkasan Target Yang Diharapkan Dalam Satu Tahun Kerja
Penjelasan
tentang nama kegiatan dan target penyelesaian di jabarkan dalam matrik berikut:
No. |
Kegiatan |
Target penyelesaian Juli 2020 sampai Juni 2021 di bulan .. |
Keterangan |
|||||||||||
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|||
A |
Rencana Kerja Pengembangan Pembelajaran Bagi Peserta
Didik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Tugas Utama (melaksanakan proses
pembelajaran), meliputi: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Melaksanakan Penyusunan Program Pengajaran |
ü |
ü |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Melaksanakan Penyajian Program
Pengajaran |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Sesuai jadwal |
|
1.3 Melaksanakan Evaluasi Belajar |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
Sesuai Promes |
|
1.4 Membuat Analisis Hasil Evaluasi |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
Sesuai Promes |
|
1.5 Menyusun dan melaksanakan Program Perbaikan |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
|
ü |
ü |
ü |
|
ü |
Sesuai Promes |
2 |
Tugas tambahan (melaksanakan tugas lain yang relevan dengan
fungsi sekolah): |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Wakasek bid. Sarpras |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Sesuai program |
|
2.2 Penyusun kurikulum pada satuan pendidikannya |
ü |
ü |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Seusi tupoksi
guru |
|
2.3 Melaksanakan tugas kepanitiaan dalam kegiatan di Sekolah, seperti: PSB, AKM, PTS, dan
PAS |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Sesuai surat tugas |
B |
Rencana Pengembangan Profesi
Bagi Guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Melaksanakan Kegiatan Pengembangan Diri |
|
|
|
|
ü |
|
|
|
|
|
|
|
Per kegiatan |
|
1.2 Melaksanakan Publikasi Ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Melaksanakan Karya Inovatif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Melaksanakan Kegiatan Penunjang Tugas Guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Menjadi
Tim Penilai Kinerja
Guru |
|
|
|
ü |
|
|
|
|
|
|
|
|
Sesuai Surat Tugas Dan Jadwal |
3 |
Melaksanakan Tugas Tambahan Dan Kreatifitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Tugas Tambahan |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Insidental |
|
3.2 Kreativitas |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
Insidental |
BAB III PENUTUP
Persiapan itu sangat penting
dalam segala bentuk kegiatan agar bisa berjalan
terarah dan sesuai keinginan. Buku Pedoman ini juga merupakan
persiapan guru dalam melaksanakan tugasnya
selama kurun waktu 1 tahun.
Dengan
mengacu pada buku 4 Pedoman
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya,
diharapkan guru bisa menjalani karirnya secara
terarah.
Semoga manfaat buku ini bukan hanya untuk penulis, tetapi juga untuk khalayak dan siapa pun yang membutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar