Selasa, 07 Februari 2023

RPP TDO kelas X TKRO

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMKN 1 Muara Uya

Kelas/Semester                : X/2

Mata Pelajaran                 : Teknologi Dasar Otomotif

Topik                               : Menjelaskan proses mesin konversi energi

Waktu                              : 12 × 45 menit (4 Kali Pertemuan).

A.    Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkandiri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

  1. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifikdi bawah pengawasan langsung.

B.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki kemampuan menjelaskan proses  konversi energi

2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki kemampuan memahami  proses konversi energi.

3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki kemampuan menjelaskan  

·       Siklus Otto

·       Siklus motor bensin 2 langkah

·       Diagram PV motor bensin 2 langkah

·       Siklus motor bensin 4 langkah

·       Diagram PV motor bensin 4 langkah

·      Siklus motor Diesel 4 Langkah

·      Diagram  PV motor diesel 4 langkah.

4.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan YME dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

5.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap perilaku jujur,  disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab,  menghargai kerjasama,  santun, sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dalam menyelesaikan masalah dan perbedaan konsep berpikir mengenai mesin konversi energi

C.    KOMPETENSI DASAR

1.      Menjelaskan proses konversi energi

2.      Menganalisa kejadian pada mesin konversi energi

D.    MATERI PELAJARAN     

·            Siklus Otto

·            Siklus motor bensin 2 langkah

·            Diagram PV motor bensin 2 langkah

·            Siklus motor bensin 4 langkah

·            Diagram PV motor bensin 4 langkah

·           Siklus motor Diesel 4 Langkah

·           Diagram  PV motor diesel 4 langkah

·           Perhitungan Usaha

·           Perhitungan Daya

·           Perhitungan Momen puntir

·           Efisiensi mekanik; volumetris; Efisiensi Thermis

·           Prinsip kerja Motor listrik

·           Karakteristik Motor listrik

·           Prinsip kerja generator listrik

·           Karakteristik generator listrik

E.     METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Metode                              : Tanya jawab, diskusi kelompok, demonstrasi.

Pendekatan Pembelajaran : Scientific

F.     MEDIA PEMBELAJARAN

1.        Gambar

2.        Lembar penilaian. 

3.        Daftar Hadir.

 

 

G.    SUMBER PEMBELAJARAN

·          Media Internet.

·          Buku Pegangan

H.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Praktek

1.      Menjelaskan pengertian konversi energi

2.      Menjelaskan mengenai motor bakar

3.      Menjelaskan tentang Tentang siklus motor bensin dua langkah

 

·        Tayangan atau penjelasan tentang materi pokok

·         Siswa mengemati gambar yang telah disiapkan

·     Siswa mencari informasi tambahan melalui internet atau bahan bacaan lain untuk mendapat informasi tentang gaya dan arah gaya

·     Siswa mengerjakan tugas rumah

·   Siswa melakukan pengamatan terhadap benda=benda yang mendapat tegangan

 

 

I. ANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pertemuan

Ke 9

Kegiatan Pendahuluan

1.      Siswa merespon salam dari guru, selanjutnya guru mengajak siswa berdo’a sesuai  agama  masing-masing.

2.      Guru  mengabsen  dan menanyakan kondisi siswa secara umum.

3.      Siswa menerima informasi,  tujuan, materi,  dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

 

10  menit

 

Kegiatan

 Inti

 

 

EKPLORASI

4.      Observing (Mengamati)

·         Tayangan gambar atau penjelasan tentang materi pokok

·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan tayangan/penjelasan

·         Menyelesaikan sosl-soal terkait materi

·         Membuat kesimpulan hubungan antara materi pokok dengan kejadian proses kerja mesin

ELABORASI

5.      Experimenting (Mencoba)

·         Mengaitkan pengertian dengan kejadian pada teknik otomotif seperti :

a.       Siklus Otto

b.      Siklus motor bensin 2 langkah

c.       Diagram PV motor bensin 2 langkah

d.      Siklus motor bensin 4 langkah

e.       Diagram PV motor bensin 4 langkah

f.        Siklus motor Diesel 4 Langkah

g.      Diagram  PV motor diesel 4 langkah.

KONFIRMASI

6.      Networking (Membangun Jejaring)

·         Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang materi dan pengelompokkan materi

·         Guru mengumpulkan hasil diskusi tiap kelompok

·         Dengan tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang perubahan dan pengelompokan sifat materi berdasarkan presentasi kelompok

·         Latihan soal tentang pengelompokkan materi untuk merefleksikan pemahaman konsep

 

 

 

 

 

30  menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

40 menit

 

 

 

 

 

 

Kegiatan

Penutup

7.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

8.      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.

9.      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

 

 

 

 

10 menit

 

 

Pertemuan

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pertemuan

Ke 10

Kegiatan Pendahuluan

1.      Siswa merespon salam dari guru, selanjutnya guru mengajak siswa berdo’a sesuai  agama  masing-masing.

2.      Guru  mengabsen  dan menanyakan kondisi siswa secara umum.

3.      Siswa menerima informasi,  tujuan, materi,  dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

 

 

 

10  menit

 

Kegiatan

 Inti

 

 

 

 

EKPLORASI

4.      Mengamati

·         Tayangan atau simulsi terkait materi pokok

5.      Menanya

·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan mesin konversi energi

6.      Mengeksplorasi

·         Menuliskan atau menyebutkan macam-macam mesin konversi energi

·         Menganalisis karakteristik jenis-jenis mesin konversi energi

7.      Mengasosiasi

·         Membuat kesimpulan perbedaan proses antara satu jenis mesin dengan mesin yang lain.

8.      Mengkomunikasikan

·         Menganalisis kejadian pada masing-masing jenis mesin konversi energi seperti :

Prinsip kerja Motor listrik

Karakteristik Motor listrik

Prinsip kerja generator listrik

Karakteristik generator listrik

 

 

 

30  menit

 

 

 

 

 

 

 

40 menit

 

 

 

 

 

10 menit

 

 

 

 

30 menit

 

 

 

 

Kegiatan

Penutup

9.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

10.  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.

11.  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

 

 

10 menit

 

 

Pertemuan

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pertemuan

Ke 11

Kegiatan Pendahuluan

1.      Siswa merespon salam dari guru, selanjutnya guru mengajak siswa berdo’a sesuai  agama  masing-masing.

2.      Guru  mengabsen  dan menanyakan kondisi siswa secara umum.

3.      Siswa menerima informasi,  tujuan, materi,  dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

 

10  menit

 

Kegiatan

 Inti

4.      Mengamati

·         Tayangan atau simulsi terkait materi pokok

5.      Menanya

·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan mesin konversi energi

6.      Mengeksplorasi

·         Menuliskan atau menyebutkan macam-macam mesin konversi energi seperti :

Siklus motor bensin 4 langkah

Diagram PV motor bensin 4 langkah

Siklus motor Diesel 4 Langkah

Diagram  PV motor diesel 4 langkah

·         Menganalisis karakteristik jenis-jenis mesin konversi energi

7.      Mengasosiasi

·         Membuat kesimpulan perbedaan proses antara satu jenis mesin dengan mesin yang lain.

8.      Mengkomunikasikan

·         Menganalisis kejadian pada masing-masing jenis mesin konversi energi

 

30  menit

 

 

20 menit

 

 

 

 

 

 

20 menit

 

 

 

 

 

20 menit

 

 

20 menit

 

Kegiatan

Penutup

9.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

10.  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.

11.  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit

 

 

 

Pertemuan

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pertemuan

Ke 12

Kegiatan Pendahuluan

1.      Siswa merespon salam dari guru, selanjutnya guru mengajak siswa berdo’a sesuai  agama  masing-masing.

2.      Guru  mengabsen  dan menanyakan kondisi siswa secara umum.

3.      Siswa menerima informasi,  tujuan, materi,  dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

 

10  menit

 

Kegiatan

 Inti

EKPLORASI

4.      Observing (Mengamati)

·         Tayangan atau penjelasan tentang materi pokok

·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan tayangan/penjelasan

·         Menyelesaikan sosl-soal terkait materi

·         Membuat kesimpulan hubungan antara materi pokok dengan kejadian proses kerja mesin

ELABORASI

5.      Experimenting (Mencoba)

·         Mengaitkan perhitungan dengan kejadian pada teknik otomotif

KONFIRMASI

6.      Networking(Membangun Jejaring)

·         Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang materi dan pengelompokkan materi

·         Guru mengumpulkan hasil diskusi tiap kelompok

·         Dengan tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang perubahan dan pengelompokan sifat materi berdasarkan presentasi kelompok

·         Latihan soal tentang pengelompokkan materi untuk merefleksikan pemahaman konsep

 

 

 

30  menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

40 menit

 

 

 

 

 

 

40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan

Penutup

7.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

8.      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.

9.      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit

 

J. Penilaian Hasil Belajar

1.                        Teknik Penilaian: Pengamatan, Tes Tertulis, Portofolio

2.                        Prosedur Penilaian:

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

1.

Sikap

a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran teknologin dasar otomotif dengan materi  memahami dasar-dasar mesin

b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

 

PENGAMATAN

 

Selama  Pembelajaran dan saat Diskusi

2.

Pengetahuan

a.    Mengidentifikasi pengertian :

·       Menjelaskan kembali mengenai Siklus Otto

·       Siklus motor bensin 2 langkah

·       Diagram PV motor bensin 2 langkah

·       Siklus motor bensin 4 langkah

b.    Mengidentifikasi :

·       Diagram PV motor bensin 4 langkah

·      Siklus motor Diesel 4 Langkah

·      Diagram  PV motor diesel 4 langkah.

 

 

TES TERTULIS

Pilihan ganda

Uraian

 

PENUGASAN

 

 

Akhir Pembelajaran dengan menyelesaikan soal-soal  yang berhubungan dengan materi

Selama dan setelah Proses Pembelajaran dengan menyelesaian tugas individu dan kelompok

3.

 

Keterampilan

1.        Mempresentasikan secara individu/kelompok hasil diskusi tentang pemahaman dasar- dasar mesin dengan materi :

·         Siklus Otto

·       Siklus motor bensin 2 langkah

·       Diagram PV motor bensin 2 langkah

·       Siklus motor bensin 4 langkah

·       Diagram PV motor bensin 4 langkah

·      Siklus motor Diesel 4 Langkah

·      Diagram  PV motor diesel 4 langkah.

 

PENILAIAN KINERJA

 

Selama  Pembelajaran dan saat Diskusi (baik individu maupun kelompok)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran                        : Teknologi Dasar Otomotif

Kelas/Semester                       : X/2

Tahun Pelajaran                      : 2022/2023

Waktu Pengamatan                 : Selama pembelajaran berlangsung dan saat diskusi

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran

1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran

2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten

3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

K.  Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

L.   Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten. 

M. Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1.    Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2.    Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.

3.    Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Sikap

Aktif

Bekerjasama

Toleran

1

 

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

KB      : Kurang baik                      B : Baik                     SB : Sangat baik

                      


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran                        : Teknologi Dasar Otomotif

Kelas/Semester                       : X/1

Tahun Pelajaran                      : 2022/2023

Waktu Pengamatan                 : Selama pembelajaran dan saat diskusi

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan mesin konversi energi.

1.        Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan mesin konversi energi

2.        Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan mesin konversi energi tetapi belum tepat.

3.        Sangat terampill, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan mesin konversi energi dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Keterampilan

Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah

KT

T

ST

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

11

 

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

 

14

 

 

 

 

15

 

 

 

 

16

 

 

 

 

17

 

 

 

 

18

 

 

 

 

Keterangan:

KT       : Kurang terampil                    T         : Terampil                      ST     : Sangat terampil

LEMBARAN  PENILAIAN MEMPRESENTASIKAN HASIL DISKUSI

Mata Pelajaran                        : TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Kelas/Semester                       : X/1

Tahun Pelajaran                      : 2022/2023

Waktu Pengamatan                 : Selama pembelajaran dan saat diskusi

           LISAN (MEMPRESENTASIKAN HASIL DISKUSI)

No.

Nama Peserta didik

Kemampuan Mempresentasikan

1

2

3

4

5

1.           1

 

 

 

 

 

 

2.           2

 

 

 

 

 

 

3.           3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :          

·      5. Mempresentasikan sangat baik                          = 90 – 98 = A

·      4. Mempresentasikan baik                                      = 80 – 89 = B

·      3. Mempresentasikan kurang baik                          = 70 – 79 = C

·      2. Mempresentasikan tidak lancar                          = 60 – 69 = D

·      1. Tidak dapat mempresentasikan                          = kurang dari 50 = E

 

Mengetahui

        Muara uya, 1 Februari 2023

Kepala SMKN 1 Muara Uya

        Guru Mapel

RITA HERLINA,S.P,MPd

        Wahid Nurmawan,S.Pd

NIP. 196812272005012007

         NIP. 198706012014021004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar