RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Oleh : Wahid Nurmawan,S.Pd
Satuan
Pendidikan : SMKN 1 Muara Uya
Kelas
/ Semester : XI / II
Mata
Pelajaran : Pemeliharaan Mesin
kendaraan Ringan
Kompetensi Dasar
: Menerapkan cara perawatan system injeksi bahan bakar bensin (Electronic Fuel Injection /
EFI)
Materi
Pokok : Fungsi dari macam-macam
sensor sistem injeksi bahan bakar bensin
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi Waktu : 10 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Dengan mengamati
gambar, peserta didik mampu menentukan macam-macam sensor pada sistem injeksi
bahan bakar bensin dengan benar
Ø Dengan mengamati
posisi dan nama sensor, peserta didik mampu menentukan masing-masing fungsi
dari macam-macam sensor pada sistem injeksi bahan bakar bensin dengan benar
Ø Dengan mengetahui
fungsi dari macam-macam sensor pada sistem injeksi bahan bakar bensin , peserta
didik mampu menganalisa gejala kerusakan yang diakibatkan dari kerusakan masing-masing
sensor pada sistem injeksi bahan bakar bensin dengan benar
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
ü Membuka
pelajaran dengan membuka salam dan doa untuk memulai pembelajaran. ü Memeriksa
kehadiran peserta didik dengan presensi. ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran kepada peserta didik. ü mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan
menghubungkan dengan materi selanjutnya (apersepsi). ü Menyampaikan
motivasi tentang manfaat mempelajari Fungsi dari macam-macam sensor sistem
injeksi bahan bakar |
2 menit |
Inti |
ü Peserta didik
diberi motovasi dan panduan untuk melihat, mengamati dan menganalisa dari tayangan
dan bahan bacaan terkai materi sensor pada sistem injeksi bahan bakar
(Literasi) ü Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik
yang berkaitan dengan materi sensor pada sistem injeksi bahan bakar (berfikir
kritis) ü Peserta didik
dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai materi sensor
pada sistem injeksi bahan bakar (kolaborasi) ü Peserta didik mempresentasikan
hasil karya kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain untuk saling
berdiskusi (komunikasi) ü Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait
materi. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang
belum dipahami (kreativitas) ü Guru
melaksanakan tes kognitif (tes tertulis) |
6 menit |
Penutup |
ü Guru dan siswa
merangkum materi yang telah dipelajari. ü Guru
menyampaiakan rencana pembelajaran selanjutnya ü Guru menutup
kegiatan pembelajaran dengan salam. |
2 menit |
C.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Ø Media gambar (
proyektor)
Ø Buku referensi
pembelajaran
Ø Website
D.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Ø Penilaian kognitif
( tes tertulis)
Ø Penilaian keterampilan
( pengamatan selama proses kegiatan pembelajaran)
Mengetahui, Tabalong, 27 Juni 2022
Kepala SMKN 1
Muara Uya Guru Mata Pelajaran
Rita Herlina,S.P,
M.Pd Wahid Nurmawan,S.Pd
NIP. 19681227
200501 2 007 NIP. 19870601 201402 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar