Senin, 19 September 2022

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pemeliharaan Mesin kendaraan Ringan

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Oleh : Wahid Nurmawan,S.Pd

 

Satuan Pendidikan      : SMKN 1 Muara Uya

Kelas / Semester         : XI / II

Mata Pelajaran            : Pemeliharaan Mesin kendaraan Ringan

Kompetensi Dasar       : Menerapkan cara perawatan system injeksi bahan bakar bensin                (Electronic Fuel Injection / EFI)

Materi Pokok              : Fungsi dari macam-macam sensor sistem injeksi bahan bakar bensin

Pembelajaran ke          : 4

Alokasi Waktu            : 10 menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Ø  Dengan mengamati gambar, peserta didik mampu menentukan macam-macam sensor pada sistem injeksi bahan bakar bensin dengan benar

Ø  Dengan mengamati posisi dan nama sensor, peserta didik mampu menentukan masing-masing fungsi dari macam-macam sensor pada sistem injeksi bahan bakar bensin dengan benar

Ø  Dengan mengetahui fungsi dari macam-macam sensor pada sistem injeksi bahan bakar bensin , peserta didik mampu menganalisa gejala kerusakan yang diakibatkan dari kerusakan masing-masing sensor pada sistem injeksi bahan bakar bensin dengan benar

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

ü  Membuka pelajaran dengan membuka salam dan doa untuk memulai pembelajaran.

ü  Memeriksa kehadiran peserta didik dengan presensi.

ü  Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.

ü  mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya (apersepsi).

ü  Menyampaikan motivasi tentang manfaat mempelajari Fungsi dari macam-macam sensor sistem injeksi bahan bakar

2 menit

Inti

ü  Peserta didik diberi motovasi dan panduan untuk melihat, mengamati dan menganalisa dari tayangan dan bahan bacaan terkai materi sensor pada sistem injeksi bahan bakar (Literasi)

ü  Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik yang berkaitan dengan materi sensor pada sistem injeksi bahan bakar (berfikir kritis)

ü  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai materi sensor pada sistem injeksi bahan bakar (kolaborasi)

ü  Peserta didik mempresentasikan hasil karya kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain untuk saling berdiskusi (komunikasi)

ü  Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait materi. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (kreativitas)

ü  Guru melaksanakan tes kognitif (tes tertulis)

6 menit

Penutup

ü  Guru dan siswa merangkum materi yang telah dipelajari.

ü  Guru menyampaiakan rencana pembelajaran selanjutnya

ü  Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam.

2 menit

 

C.    MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

Ø  Media gambar ( proyektor)

Ø  Buku referensi pembelajaran

Ø  Website

D.    PENILAIAN PEMBELAJARAN

Ø  Penilaian kognitif ( tes tertulis)

Ø  Penilaian keterampilan ( pengamatan selama proses kegiatan pembelajaran)

 

Mengetahui,                                                                                  Tabalong, 27 Juni 2022

Kepala SMKN 1 Muara Uya                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

Rita Herlina,S.P, M.Pd                                                                 Wahid Nurmawan,S.Pd

NIP. 19681227 200501 2 007                                                       NIP. 19870601 201402 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar